Honda Supra X 125 1st Model (2005~2006)

Posted on Desember 27, 2010. Filed under: Motor |

Honda Supra X 125 yg dijual AHM (AH onta Mahal Astra Honda Motor) indon sini nama aslinya sebenernya adalah Honda Wave 125 i (injection) yg dijual di malay, thai, philipine, europe sana :lol:

Indonesia Honda Supra X 125

bedanya di luar sana lebih bersih & elegan karena dikasih penutup rantai sementara disini malah dibuang (entah karena efisiensi / pengiritan oleh AHM :cry: )

PLUS : secara keseluruhan motor ini cukup nyaman untuk dikendarai, minim getaran, irit BBM (bahan bakar mahal), ga rakus spare-parts, jok empuk & lebar, ga pusing kudu cek air aki karena udah pake Aki MF, ga pake radiator jadi ga perlu pusing cek air. Tipe PGM-FI (Programmed Fuel Injection) bisa lebih irit & powerfull dibanding tipe biasa.

MINUS : belum adanya Radiator(Water Cooler) sehingga klo macet2 an terasa panas mesinnya akibatnya tenaga ngempos/berkurang & oli cepat menguap/menghitam, Akselerasi & Power sangat kurang dibanding musuh bebuyutan (Jupiter MX 135) :oops: , harganya cukup mahal utk. ukuran bebek premium (relatip sih) :oops:

Berikut adalah Fitur-fitur utama yg menjadi kelebihan Supra x 125 :

1. CECS (Crankcase Emission Control System)

  1. Menekan emisi gas buang dari udara pernapasan mesin dengan menyalurkannya kembali ke saringan udara sehingga menjadi udara yang hangat dan kembali masuk ke dalam ruang pembakaran melalui karburator sehingga pembakaran menjadi lebih mudah dan ramah lingkungan. Semua tipe Motor Honda menggunakannya
  2. ADS (Auto Decompression System)
    1. Kemudahan menstater motor dengan menggunakan kick stater (selahan kaki) dikarenakan pada saat mesin dimatikan, secara otomatis kompresi di dalam ruang cylinder di perkecil, sehingga pada saat mesin dihidupkan dengan di selah, akan terasa ringan
    2. Dipakai pada semua tipe Bebek.
  3. SASS (Secondary Air Suplay System)

    1. Tekhnologi yang mengatur penyemprotan udara bersih (O2) kedalam saluran buang “exhaust port” agar bereaksi dengan gas sisa pembakaran ( CO & HC ) menjadi gas CO2 dan H2O yang tidak berbahaya dan memenuhi standar emisi yang ditetapkan oleh pemerintah, sehingga motor Honda sangat ramah lingkungan
    2. Tekhnologi ini menempatkan Honda Supra X 125, sebagai pelopor sepeda motor ramah lingkungan di dunia, yang cukup menggunakan bensin premium yang tersedia di SPBU di manapun juga
    3. Di pakai pada tipe motor ; Supra X 125, New Mega Pro, New Tiger, Vario
  4. TSS (Throtle switch system)

    1. Switch yang dipasang pada karburator, yang berhubungan dengan CDI Unit, yang fungsinya memberikan sinyal ke CDI dengan tujuan menyempurnakan proses pembakaran pada putaran mesin menengah dan tinggi, hal ini menyebabkan penghematan bahan bakar.
    2. Dipakai pada tipe ; Karisma, Supra X 125
  5. EPBS (External Primary Brake System)

    1. Di pasang pada Kopling Ganda dengan tujuan untuk memperhalus perpindahan gigi pada saat start.
  6. Molybdenum Piston

    1. Piston yang di lapisi bahan molybdenum, membuat pergerakan piston lebih lancar dan suara mesin yang halus, serta piston lebih awet
    2. Tipe motor Karisma, Supra X 125, Vario
  7. Roller rocker arm

    1. Sepeda Motor pertama di Indonesia yang menggunakan tekhnologi ini ada lah Honda
    2. Rocker Arm dimana bagian yang bergesekan langsung dengan noken as berupa Roller/bearing, sehingga pergerakan rocker arm lebih ringan, suara mesin lebih halus dan menghindari terjadinya keausan, serta dapat menghemat bahan bakar.
    3. Tipe motor Karisma, Supra X 125, Vario
  8. Crank case offset

    1. Crank shaft di desain untuk menguragi kerugian gesekan (friction loss) antara piston denan dinding silinder sehingga tenaga lebih optimal
  9. Secure Key Shutter

    1. Sistem penguncian dilengkapi dengan cover bermagnet sebagai pelindung lubang kunci kontak (ignition key).
    2. Kunci pengaman ganda lebih melindungi kendaraan dari pencurian
    3. Tipe Motor ; Supra X 125, Revo, Vario, New Mega Pro, New Tiger

10. Pengapian DC

menggunakan CDI DC High Limiter(Limit lebih tinggi daripada Karisma), Magnet yg lebih ringan.

11. Knalpot Anti Karat
leher knalpot dilapis Krom yg tebal sehingga meski terkena panas & banjir tidak pernah keropos.

12. Indikator Semi Digital & Lampu LED

tidak menggunakan Kabel Speedometer sehingga tidak akan pernah putus, Meteran bensin & Odometer lebih akurat, Lampu lebih awet.

13. Jok Empuk & Lebar menggunakan kulit sintetis yg kuat tahan panas.

Kekurangannya :

1. Bodi sulit dibuka, harus membuka per urutan dahulu.
2. Bodi lebih ramping dibanding Karisma sehingga melepas busi agak susah.
3. Gir standar bawaan relatif kecil / sedikit matanya menyebabkan tarikan berat dan juga lebih kecil ukurannya sehingga cepat abis/aus.
4. Bobot kendaraan relatif lebih berat karena bahan metal mesin yg digunakan lebih tebal.
5. kelistrikan standar masih bertipe AC (Alternating Current/arus bolak balik) jadi lampu nyalanya kurang stabil :oops:  -> dapat diakalin/dimodif jadi FULL Wave / Full DC tanpa masalah :mrgreen:

Tentunya masih banyak lagi tekhnologi yang di pakai oleh Honda yang belum saya sebutkan, harapan saya masyarakat pemakai Honda memahami betul dan tahu bagaimana memanfaatkan tekhnologi yang ada.

berikut adalah Performance Parts yg bisa dipesan langsung dari Negeri Jiran :shock:

gimana klo udah di modip kyk gini yah ? keren ga ? :lol:

About these ads

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

27 Tanggapan to “Honda Supra X 125 1st Model (2005~2006)”

RSS Feed for Willy Kk Blog – My Heart Voices Comments RSS Feed

mantep infonya

thanks kk :oops:

nice article bro… :) keep it up!

thank’s broth :oops:

tambah satu,
body cpt kendor, glodag-glodag….

masa siy ? :shock:

gan
motor ane hsx baru bulan 9 tahun 2010.
kok setiap mesin idle bunyi tek tek tek ya.
temen saya bilang klo itu klepnya,nah langsung saya bawa ke ahass untuk di service.Tp kata orang ahass itu bunyi dari kopling gandanya (emang semua hsx gtu katanya)tp temen ane punya hasx yang sama kok suaranya halus banget,ga ada bunyi aneh2 gtu.
mohon infonya gan kenapa ya dengan motor saya.
soalnya saya udah ke semua bengkel ahass dan jawabannya gtu semua.
mmasa iya semua hsx bgtu bawaannya,oh iya gan ane pake oli federal yang 20w50,km dah 8800.
thx sebelumnnya gan

ane kurang yakin juga sih bro.. tapi dulu ane pernah punya supra fit bekas.. parah banget mesinnya udah turun mesin tapi masih problem.. ternyata kopling ganda/sentrifungal nya, lonceng rumah kopling dll kudu diganti.. jiah mana mahal banget yg ori.. :shock:

akhirnya ane modip ane pasangin kopling manual tangan beli bak kopling aspal.. ternyata lebih tipis dari pada yg ori nya..
pas udah dipake bunyinya nging2 gitu kyk nangis :cry:

emang kadang suka nyentak sih klo mainin koplingnya ga pas tapi klo soal tarikan malah tambah lemot, kampas kopling jadi cepet abis juga.. :lol:

supra x 125 ane skrg juga agak bunyi ngiing2 dikit tapi ga parah2 banget.. mungkin kampas koplingnya udah tipis kali maklum dah 41rb km :oops:

klo bunyi tek tek ane blon pernah ngalamin sih..

Cylinder set berpa harga tuh??…. bukan yg standar kaya’nya yah??

kaliin aje brot.. 1 RM = kira2 3000 an perak :lol:

kalau ada penutup rantainya namanya Kharisma ama Kirana
rasanya lebih modern ga ada penutup rantainya deh

yoi brot.. tapi rante pasti lebih cepet kotor kena debu.. apalagi di jkt .. :lol:

coba pake busi TDR Ballistic, tambah jossss… :)

sproket ganti punya Supra Fit aja yg ukurannya 36 mata…

hmmm, baru tau kalo udah pake roller rocker arm…

sedikit tambahan untuk kekurangannya :
batok lampu agak getar… ckck :roll:

ane uda pake gear revo yg ukuran 36 + rante 428. emang lebih lebih berat krn rante nya lebih gede & tebel tapi klo soal tarikan ga ada bedanya.. soalnya ane pake velg racing, ban tubeless 90/90 emang velgnya kokoh banget jadi berat :lol:

TDR balistic tipe apa brot ? platinum or iridium or biasa (copper) ? n harga brp an.. :lol:

batok lampu geter ? pasti dalemnya udah pada patah.. ane akalin pake lem ajh

keren gan artikel nya, ane punya supra x 125 tahun 2005 bener bener ane sayang banget

thank’s broth.. klo sayang jgn dijual heheh :lol:

kalo beli batok lampu wave-i 125 dimana ya??ada yang bisa bantu??thnx…

BAGAIMANA CARA MENGRISET ODOMETER SUPRA X 125

Yamaha juga canggih mas

Honda mau di modif kya ap mdelx ttap ktrok…
Hidup Yamaha jupiter mx… apalagi yg new jupi.. waw kren bgt…

walah… jupe mx tambah parah komstir oblag, air kecampur oli pd radiator… olala…harga jual kembali rendah.

Mx ente pasti ditelantarin.. :lol:

oooooooo gitu toh lebihan nya supra baru ini ok lah sbb motor aq juga supra masalah nya neh,oya aq mau tanya kalu pake rantai sprocket 38 apa gak berat ya dan apa tanda nya klau kopleng ganda nya dah abis

gir depan pake astrea grand uk 14, gir belakang pake gl 100 uk 38, rantai suprafit uk 428, tarikan jadi yahud, tanjakan ok, tp top speed rada berkurang.

Suara berisik

Rada susah karena udah digital, kudu di flash ROM nya


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: