Suzuki Thunder 125 dan Bajaj XCD 125

Posted on Februari 23, 2011. Filed under: Motor |


mungkin udah banyak artikel di dunia mayat yg mengulas hal ini.. makanya owe bikin nih artikel tujuannya cuma mau curhat isi hati owe mengenai ini produk.. sebenernya masih ada 2 motor lagi yaitu onta Honda City Sport 1 & Aprillia RS 125(2 stroke). cuma owe ga jadiin pembanding karena terlalu jauhhhh diatasnya :oops:

juga ada motor2 sport 125 cc yg ga masuk ke indon sini misalnya TVS Flame, Yamaha YZR 125 :shock: , dll

Pertama x keluar Si Petir ini yg owe tau sekitar Tahun 2005 harga masih 14 jt an. waktu itu masih belon pake kick-stater. tapi gak lama kemudian muncul lah yg pake full stater :mrgreen: trus gak lama sekitaran thn. 2008 baru muncul si Exceed alias XCD punya Bajaj dengan harga tetap Rp 13.5jt. sekarang Harga Thunder 125 Rp. 15,5 jt. berarti lumayan laku juga sehingga harganya naik..

klo menurut oe sih berhubung adik punya xcd 125. dan pernah coba riding Thunder 125 punya temen dulu, masing2 ada perbedaan & kekurangan & kelebihannya..

kalo mau nge-Rasain sensasi riding full sport ya naek Thunder.  tapi resikonya sepatu kulit gampang rusak karena dicongkel keatas karena posisi operan gigi pure motor sport laki2. Posisi Riding juga lebih nunduk beda ama XCD yg lebih tegak.

soal Irit & tarikan bawah menang XCD krn. teknologinya lebih canggih (pake DTS-SI, ExhausTec) n harganya pun lebih murah.. punya duit 15 jt klo beli XCD, sisanya bisa modif sana-sini misal : pasang cakram belakang, ganti ban lebar, pasang RPM-Meter :mrgreen:

kalo thunder kelebihannya top speednya lebih menang karena gigi persenelengnya udah 5, lebih bergaya pure sport meski klo diadu ama megapro mungkin masih kalah :oops:
kekurangannya : harganya lebih mahal dari XCD (pasti lah :p ), lebih berat bobotnya. bensin pun lebih boros.. teknologi masih kuno (speedo & tachometer analog, masih 1 busi, dll)

tapi terkadang teknologi canggih klo tiba2 ngadat kitanya yg kedodoran juga misal : injeksi kudu ke bengkel resmi, water cooled klo airnya habis trus ga nyadar bisa jebol mesinnya krn. overheat :lol:

teknologi bajaj khususnya XCD memang dibuat untuk Efisiensi BBM/bahan bakar mahal eh murah :lol:
sementara Thunder lebih ke arah Sport Riding Experience with Old Classic Japanese Motorbike alias Naik Motor sport jepang klasik bertenaga namun tetap iri dibanding motor2 sport pada umumnya yg ber-CC >125.. :mrgreen:

kesimpulan :
klo mau beli motor super irit BBM se-Indonesia , teknologi terkini, Rendah Emisi / Polusi udara = beli bajaj XCD 125 ( masuk MURI / museum record indonesia) http://www.bintanglimagroup.com/news/detail/?id=2&nm=bajaj_xcd_125_pecahkan_rekor_muri
tapi klo mau mau beli motor sport laki-laki tulen klasik murah meriah tapi ‘tetap irit’, awet & bertenaga & dana ga lebih2 dari 15 jt = beli Thunder EN 125

XCD 125

Mesin & Transmisi Tipe 4-Tak, DTS-Si, Pendingin udara
Volume Silinder 124,58 cc
Tenaga Max. 9.53 PS (7,01kW) @ 7.000 rpm
Torsi Max. 10,85 Nm @ 5.000 rpm
Transmisi 4-Kecepatan (N-1-2-3-4)
Suspensi Depan Teleskopik (jarak langkah 125 mm)
Belakang Tipe SNS (Dual Spring) dengan 5 posisi penyetelan
Rem Depan Tipe tromol, diameter 130 mm
Belakang Tipe tromol, diameter 110 mm
Velg Tipe Velg Racing Warna Hitam
Ban Depan 2,75-17 41 P
Belakang 3,00-17 50 P
Kapasitas Tangki Full 8 liter (Cadangan 1,8 L)
Kelistrikan Sistem 12V (DC)
Lampu Depan 12 Volt 35/35 W, HIS Halogen
Dimensi Jarak sumbu roda 1.275 mm
Tinggi tempat duduk 800 mm
Berat Berat Kosong Kendaraan 112 kg

THUNDER EN 125

MESIN
Jenis : 4 Langkah, Pendingin Udara SOHC
Jumlah : 1 (satu)
Diameter Silinder : 57 mm
Langkah Piston : 48,8 mm
Kapasitas Silinder : 125 CC
Perbandingan Kompresi : 9,2 : 1
Daya Maksimum : 11,5 ps / 9.500 rpm
Karburator : Mikuni BS26SS, Tunggal
Saringan Udara : Elemen Busa Polyurethane
Sistem Starter : Listrik dan Engkol
Sistem Pelumasan : Perendam Oli
DIMENSI & BERAT
Panjang Keseluruhan : 1.945 mm
Lebar Keseluruhan : 735 mm
Tinggi Keseluruhan : 1.070 mm
Jarak antar as roda : 1.265 mm
Jarak mesin ke tanah : 160 mm
Tinggi tempat duduk : 750 mm
Berat Kosong : 127 kg
RANGKA
Suspensi Depan : Teleskopik, Pegas Spiral, Bantalan Oli
Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Bantalan Oli, 5 tingkat pengaturan pegas.
Sudut Kemudi : 42° (kiri dan kanan)
Radius Putar : 2,1 m
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Tromol
Ukuran Roda Depan : 80/90 – 18 4PR
Ukuran Roda Belakang : 90/90 – 18 4PR
KELISTRIKAN
Sistem Pengapian : CDI
Busi : NGK CR8E, ND U24ESR-N
Accu : 12 (8Ah) 10 HR
KAPASITAS
Tangki Bahan Bakar + Cadangan : 14 Liter
Tangki Cadangan : 2 Liter
Oli Mesin : 1.00 ml
TRANSMISI
Kopling : Manual, Constant Mesh
Transmisi : 5 Percepatan
Arah Perpindahan Gigi : 1 ke bawah, 4 ke atas
Rantai Penggerak : rantai

gimana seandainya klo kedua produk tsb diatas dimodif jadi begini yah :mrgreen:

n buat bonusnya biar makin pengen bli motor (tapi jgn yg terlalu poelgar yah :oops: )

About these ads

Make a Comment

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

12 Tanggapan to “Suzuki Thunder 125 dan Bajaj XCD 125”

RSS Feed for Willy Kk Blog – My Heart Voices Comments RSS Feed

gwe pilih xcd, gan :P

ane skrg numpak xcd, n mnerima dg sgala kekurngn n klbhannya.

bentoel emank pilihan jang betoel mazzBrow
inga2 nti bensin mo dibatesin lhow :lol: :oops:

Wah onta cs1 :mrgreen:

sebenarnya produk bajaj bagus sich, udah pernah test ride yang 135, suaranya lembut sekali, tapi kalau melihat detail finishing touch dibagian mesin koq jadi ilfil soale agak kasar, apa mungkin karena beda material negara asal atau gimana ya…

tapi lumayan murmer sih.. ;)

xcd warna biru putih tu si pocari milik anggota club xcd, skrg modifna lbh gila lagi, blok silinder pake punya P135, shock dpan limbh moge, n tampilnnya skrg bda bgt

kok bonusnya Yamaha?? :mrgreen:

bonusnya mak cleguxxx …

dua2nya keren..


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: