Sejarah Daihatsu Charmant

Posted on Desember 28, 2010. Filed under: Car |

daihatsu-charmant-1983

Daihatsu Charmant adalah salah satu mobil retro yang banyak dilirik oleh para penggemar balap retro.

Walaupun diproduksi oleh pabrikan Daihatsu, mobil ini memiliki banyak kesamaan dengan Toyota.

Oleh sebab itu Daihatsu Charmant memiliki pilihan mesin yang tergolong banyak apabila menginginkan “Engine Swap” dan tanpa memerlukan ubahan yang berarti untuk memasangnya

Salah satunya adalah mesin Toyota seri 4A-G yang melegenda karena daya kuda yang mampu disemburkannya. Demikian juga untuk komponen suspensi, banyak kesamaan dengan produk Toyota, membuat mobil ini masih layak dipakai untuk “daily Use”.

Hal ini tidaklah mengherankan mengingat Toyota memang bekerja sama dengan pabrikan Daihatsu, dengan berkolaborasi membuat Daihatsu Charmant ini .

Kerjasama ini dimulai pada tahun 1975, saat Toyota membuat generasi ketiga Corolla yaitu KE30. Mesin yang dipakai pada Daihatsu Charmant generasi awal ini pun menggunakan seri 3K berkapasitas 1.200 cc .

Proyek kolaborasi ini kemudian dilanjutkan dengan menggunakan platform Corolla generasi ke empat yang dikenal dengan Corolla DX.

Daihatsu Charmant pada awalnya memang “spin-off” dari Toyota Corolla tahun 1970-an, modelnya berubah pararel sesuai dengan model-model Corolla. Daihatsu Charmant dibuat dengan beberapa type yaitu : LC, LE dan LGX.

Daihatsu Charmant dengan Kode Bodi A35, dilengkapi dengan mesin 4 silinder kapasitas 1290 cc dengan 8 katup, transmisi manual 5 kecepatan. Mesin ini sama dengan mesin seri 4K pada Toyota. Selain itu Daihatsu Charmant juga tersedia dengan kapasitas mesin 4 silinder (OHC), 1588 cc, 8 valve, dengan transmisi semi otomatis 3 kecepatan.

Dengan Jarak Roda : 2400 mm (94 in), dan dimensi bodi dg Panjang : 165,5 in (4204 mm), Lebar : 1625 mm (64 in), Ketinggian : 1380 mm (54 in) mobil ini cukup nyaman dikendarai dan relatip stabil untuk melibas track-track yang cukup ekstrim di arena balap dan rally.

Oleh sebab itu, Daihatsu Charmant mudah ditemui di ajang kejuaraan otomotif di Indonesia dan di Negara lainnya.

Gw bantuin tongolin engine baynya AE86 SR5

AE86 yang pake mesin 4A-C, namanya AE86 SR5.. nah itu baru bener2 mirip charmant tuh..

Sumber :

  • SerayaMotor .com
  • Otomotifnet.com
  • Japannostalgiccar
  • Driftwork.com
  • carhirekenya.com
  • wikipedia.org

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Satu Tanggapan to “Sejarah Daihatsu Charmant”

RSS Feed for Willy Kk Blog – My Heart Voices Comments RSS Feed

Charmant!😀

Using same engine as KE70 but had more rigidity in body, dope!


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: