tips memformat nokia 6600

Posted on Januari 8, 2011. Filed under: Handphone |


clip_image001walaupun judulnya tentang memformat hape nokia 6600, namun tips dan trik ini masih dimungkinkan untuk hape nokia lainnya. karena perlu diingat, nokia 6600 merupakan handphone keluaran dari perusahaan nokia yang mengusung sistem operasi symbian S60 v.2 . jadi hape yang mengusung symbian versi yang sama, masih mungkin melakukan trik ini.

jika kamu menghadapi permasalahan nokia 6600, seperti gallery tidak dapat dibuka, kamera tidak berfungsi, dan blutut devicenya error gtu, bahkan hape kamu terinfeksi virus commwarrior , ataupun hapemu menjadi sangat lambat kinerjanya, kamu pantas untuk melakukan formatting ini, alias ngereset semuanya.

Ada beberapa step buat ngeformat, tinggal pilih.

1st step : SOFT RESETTING NOKIA 6600

Soft-reset adalah proses mengembalikan seluruh pengaturan menjadi pengaturan awal pabrik. No applications are deleted. ngga ada data yg ke apus kok. tapi back up dulu data2 di phonebook, calender ama notes serta wallet .
kalo udah, stand by di tampilan luar, masukan kode ini.

*#7780#
dia bakal bilang “Restore all phone settings-phone’ll restart….”
terus hape lo bakal minta security code, standarnya sih 12345 trus dia bakal ngereset abis restart. hape kamu bakal kembali watunya seperti saat kamu beli tu hape. aplikasi standar pabrik ga ke apus kok.

2nd step : HARD RESETTING BY CODE

Hard-reset itu kayak ngereset memory. step ini akan menghilangkan isi phone memory. semua yang uda diinstal bakal hilang kembali ke saat beli hape dulu, kea baru.

codenya
*#7370#
seperti biasa dia bakal nanya security code.

NOTE:
batrenya mesti full, atau kabel charger nyolok, kalau ngga takut batre habis saat ngereset, trus drop. itu bakal membuat hape ga bisa dipake lagi.
back up MMC tuh jgn lupa .

3rd step :’FLASHING 6600′ : cara lain utk HARD FULL FORMATTING

jika cara2 diatas gagal, maka coba trik ini. jika masalahnya adalah blank screen dan gabisa diboot. serta gabisa ngedelete beberapa file dalam drive C.

berikut ini langkahnya .

1. pastikan batrenya full. (minimal 3/4 sisa)

2. Backup contacts list dan personal files to MMC memory card.

3. matiin tuh hape.

4. pencet dan tahan 3 tombol bersamaan. hayoo bisa ga ?

-tombol ijo yg buat nelpon, -tombol bintang (*) -tombol angka 3 (3)

kemudian jangan lepas dulu, sambil ditahan, nyalain hapenya.

jangan dilepas tombol yg ditahan td sampai keliatan boot dan reseting screen.

5. beberapa menit kemudian format selesai. nokia 6600 kamu bakal seperti pas beli deh.

Atau

Metode Format HP

Bisa dilakukan dengan 2 cara untuk melakukan hard reset atau format HP symbian ini, hal ini tidak hanya dilakukan untuk menghilangkan virus di HP tapi juga bisa dilakukan bila dirasa hp sudah terasa sangat lemot sekali kinerjanya. Metode ini sudah saya praktekan di type hp Nokia 7650, 3650, 3660, 3230, 3250, 6600, 7610, n70, n80, n73 dan n95 tapi saya kira di hp series 60 yang lain yang tidak saya sebutkan pun berlaku metode ini. Untuk Hp nokia 9300 dan 9500 ada sendiri metodenya.

Sebaiknya sebelum melakukan hard reset atau formating ini ada baiknya phone book dan semua data yang dirasa penting di hp di back up terlebih dahulu karena nantinya semua data yang ada di hp akan hilang semuanya, kalau yang sudah terbiasa menggunakan file manager file phone book ini bernama “contact.cdb” bisa dicari menggunakan aplikasi file manager misal Seleq atau FileMan dengan cara find.

Nah kalau sudah diback up selanjutnya mari kita lakukan hard reset atau format hp ini, harap diperhatikan kondisi baterai harus dalam keadaan full minimal masih ada 2 bar, karena untuk mengindari HP error total, saya pernah mengalaminya sendiri dalam keadaan batre hampir drop saya lakukan formating nah berhenti tuh ditengah jalan, akhirnya matot deh alias mati total, dan saya fix pake FLASH Software dari komputer baru bisa jalan lagi (itu pun saya flashnya ke service center). Seperti yang saya sebutkan diatas bisa dilakukan dengan 2 cara :

  1. Dalam keadaan HP hidup atau kondisi menyala, langsung saja tekan *#7370# dan ada konfirmasi pertanyaan untuk melakukan HARD RESET, lalu kita tekan yes, ada permintaan masukan password kalau defaultnya sih 12345 tapi kalau ternyata sudah diganti dan anda tidak mengetahuinya, maka idak bisa melakukan metode ini. Dan harus menggunakan metode yang ke 2, yaitu;
  2. Dalam keadaan HP mati, kalau HP masih hidup sebaiknya dimatikan terlebih dahulu. Untuk memformatnya tekan tombol Hijau (call), tombol angka 3 dan tombol bintang (*) secara bersamaan. Masih dalam kondisi ditekan secara bersamaan trus dilanjutkan tekan dan tahan tombol Power sampai dilayar muncul formatting, untuk type n70, n80, n95 dan n73 tidak muncul tampilan formatting ini tapi HP dalam keadaan blank yang cukup lama, tidak apa ini normal. kemudian biarkan dan tunggu sampai hp booting kembali, kalau hp sudah booting berarti proses formatting ini sudah selesai. Sekarang rasakan beda kecepatan dan aksesnya sama sebelum melakukan hard reset maupun formatting ini.

Untuk Nokia 9300/9500

Cara diatas berlaku untuk type Symbian S60, nah kalau untuk Nokia 9300 dan 9500 bagimana, ni saya bahas di bawah ini langkah- langkahnya OK.

  1. Matikan HP terlebih dahulu dengan cara melepas baterenya karena pada tipe HP ini tidak ada tombol on / off nya.
  2. Nyalakan kembali HP tersebut dengan cara memasangkan kembali batrenya, sambil perhatikan dilayar, setelah muncul logo nokianya langsung tekan tombol Ctrl + Chr + Shift + F secara bersamaan sampai dilayar muncul konfirmasi kemudian pilih opsi FORMAT.
  3. Tunggu sampai proses formatting selesai dan HP booting ulang, maka selesai deh.

Ada yang kelupaan untuk melakukan proses ini diusahakan memory external dilepas saja untuk menghindari memory corrupt nantinya.

Sudah tahu triknya sekarang tinggal mempraktekannya, silahkan.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

2 Tanggapan to “tips memformat nokia 6600”

RSS Feed for Willy Kk Blog – My Heart Voices Comments RSS Feed

Trims buat tipsnya. Tapi kalau buat flashing sendiri, ada tipsnya ga?

makasih tips nya


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: