Archive for Februari, 2011

Suzuki Thunder 125 dan Bajaj XCD 125

Posted on Februari 23, 2011. Filed under: Motor |


mungkin udah banyak artikel di dunia mayat yg mengulas hal ini.. makanya owe bikin nih artikel tujuannya cuma mau curhat isi hati owe mengenai ini produk.. sebenernya masih ada 2 motor lagi yaitu onta Honda City Sport 1 & Aprillia RS 125(2 stroke). cuma owe ga jadiin pembanding karena terlalu jauhhhh diatasnya 😳

juga ada motor2 sport 125 cc yg ga masuk ke indon sini misalnya TVS Flame, Yamaha YZR 125 😯 , dll

Pertama x keluar Si Petir ini yg owe tau sekitar Tahun 2005 harga masih 14 jt an. waktu itu masih belon pake kick-stater. tapi gak lama kemudian muncul lah yg pake full stater :mrgreen: trus gak lama sekitaran thn. 2008 baru muncul si Exceed alias XCD punya Bajaj dengan harga tetap Rp 13.5jt. sekarang Harga Thunder 125 Rp. 15,5 jt. berarti lumayan laku juga sehingga harganya naik..

klo menurut oe sih berhubung adik punya xcd 125. dan pernah coba riding Thunder 125 punya temen dulu, masing2 ada perbedaan & kekurangan & kelebihannya..

kalo mau nge-Rasain sensasi riding full sport ya naek Thunder.  tapi resikonya sepatu kulit gampang rusak karena dicongkel keatas karena posisi operan gigi pure motor sport laki2. Posisi Riding juga lebih nunduk beda ama XCD yg lebih tegak.

soal Irit & tarikan bawah menang XCD krn. teknologinya lebih canggih (pake DTS-SI, ExhausTec) n harganya pun lebih murah.. punya duit 15 jt klo beli XCD, sisanya bisa modif sana-sini misal : pasang cakram belakang, ganti ban lebar, pasang RPM-Meter :mrgreen:

kalo thunder kelebihannya top speednya lebih menang karena gigi persenelengnya udah 5, lebih bergaya pure sport meski klo diadu ama megapro mungkin masih kalah 😳
kekurangannya : harganya lebih mahal dari XCD (pasti lah :p ), lebih berat bobotnya. bensin pun lebih boros.. teknologi masih kuno (speedo & tachometer analog, masih 1 busi, dll)

tapi terkadang teknologi canggih klo tiba2 ngadat kitanya yg kedodoran juga misal : injeksi kudu ke bengkel resmi, water cooled klo airnya habis trus ga nyadar bisa jebol mesinnya krn. overheat 😆

teknologi bajaj khususnya XCD memang dibuat untuk Efisiensi BBM/bahan bakar mahal eh murah 😆
sementara Thunder lebih ke arah Sport Riding Experience with Old Classic Japanese Motorbike alias Naik Motor sport jepang klasik bertenaga namun tetap iri dibanding motor2 sport pada umumnya yg ber-CC >125.. :mrgreen:

kesimpulan :
klo mau beli motor super irit BBM se-Indonesia , teknologi terkini, Rendah Emisi / Polusi udara = beli bajaj XCD 125 ( masuk MURI / museum record indonesia) http://www.bintanglimagroup.com/news/detail/?id=2&nm=bajaj_xcd_125_pecahkan_rekor_muri
tapi klo mau mau beli motor sport laki-laki tulen klasik murah meriah tapi ‘tetap irit’, awet & bertenaga & dana ga lebih2 dari 15 jt = beli Thunder EN 125

XCD 125

Mesin & Transmisi Tipe 4-Tak, DTS-Si, Pendingin udara
Volume Silinder 124,58 cc
Tenaga Max. 9.53 PS (7,01kW) @ 7.000 rpm
Torsi Max. 10,85 Nm @ 5.000 rpm
Transmisi 4-Kecepatan (N-1-2-3-4)
Suspensi Depan Teleskopik (jarak langkah 125 mm)
Belakang Tipe SNS (Dual Spring) dengan 5 posisi penyetelan
Rem Depan Tipe tromol, diameter 130 mm
Belakang Tipe tromol, diameter 110 mm
Velg Tipe Velg Racing Warna Hitam
Ban Depan 2,75-17 41 P
Belakang 3,00-17 50 P
Kapasitas Tangki Full 8 liter (Cadangan 1,8 L)
Kelistrikan Sistem 12V (DC)
Lampu Depan 12 Volt 35/35 W, HIS Halogen
Dimensi Jarak sumbu roda 1.275 mm
Tinggi tempat duduk 800 mm
Berat Berat Kosong Kendaraan 112 kg

THUNDER EN 125

MESIN
Jenis : 4 Langkah, Pendingin Udara SOHC
Jumlah : 1 (satu)
Diameter Silinder : 57 mm
Langkah Piston : 48,8 mm
Kapasitas Silinder : 125 CC
Perbandingan Kompresi : 9,2 : 1
Daya Maksimum : 11,5 ps / 9.500 rpm
Karburator : Mikuni BS26SS, Tunggal
Saringan Udara : Elemen Busa Polyurethane
Sistem Starter : Listrik dan Engkol
Sistem Pelumasan : Perendam Oli
DIMENSI & BERAT
Panjang Keseluruhan : 1.945 mm
Lebar Keseluruhan : 735 mm
Tinggi Keseluruhan : 1.070 mm
Jarak antar as roda : 1.265 mm
Jarak mesin ke tanah : 160 mm
Tinggi tempat duduk : 750 mm
Berat Kosong : 127 kg
RANGKA
Suspensi Depan : Teleskopik, Pegas Spiral, Bantalan Oli
Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Bantalan Oli, 5 tingkat pengaturan pegas.
Sudut Kemudi : 42° (kiri dan kanan)
Radius Putar : 2,1 m
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Tromol
Ukuran Roda Depan : 80/90 – 18 4PR
Ukuran Roda Belakang : 90/90 – 18 4PR
KELISTRIKAN
Sistem Pengapian : CDI
Busi : NGK CR8E, ND U24ESR-N
Accu : 12 (8Ah) 10 HR
KAPASITAS
Tangki Bahan Bakar + Cadangan : 14 Liter
Tangki Cadangan : 2 Liter
Oli Mesin : 1.00 ml
TRANSMISI
Kopling : Manual, Constant Mesh
Transmisi : 5 Percepatan
Arah Perpindahan Gigi : 1 ke bawah, 4 ke atas
Rantai Penggerak : rantai

gimana seandainya klo kedua produk tsb diatas dimodif jadi begini yah :mrgreen:

n buat bonusnya biar makin pengen bli motor (tapi jgn yg terlalu poelgar yah 😳 )

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 13 so far )

AWAS! 12 MODUS MALING MOTOR

Posted on Februari 19, 2011. Filed under: Motor, Security |

Sebulan 789 unit digasak                                                                      28 Jul 2010 Headline Harian Poskota,  No.15659

JAKARTA (Pos Kota) – Pencurian kendaraan bermotor menggila. Dalam sehari, di wilayah hukum Polda Metro Jaya, 27 motor hilang diga-sak kawanan alap-alap. Ada 12 modus kejahatan yang dilakukan kawanan maling motor tersebut, mulai menggunakan ilmu sirep hingga menteror calon korbannya.

Duabelas modus operandi yang dicatat pihak kepolisian, berlagak bertamu, main tabrak, teror di jalan, merampas,usap balsem, dibius, hipnotis, diangkut mobil boks, ilmu sirep, gunting gembok, ganti plat nomor palsu, dan parkir dekat motor korban.

Sedangkan alat untuk menghidupkan motor, pelaku menggunakan kunci leter T dan menyambung kabel di mesin kontak.
Data yang dihimpun Polda Metro Jaya, jumlah curanmor selama bulan Mei terjadi 765 kasus. Jumlah ini meningkat menjadi 789 unit sepeda motor yang hilang pada Juni 2010. Angka ini bisa lebih tinggi karena tak sedikit korban yang enggan melapor. Tentu saja hal ini membuat warga khawatir, karena bisa saja kejadian serupa menimpa mereka.

Dalam aksinya, para pelaku berkelompok antara dua sampai empat orang. Mereka menggunakan sepeda motor, bahkan juga mobil. Jika sasaran sudah ditemukan, berbagai jurus dipersiapkan, termasuk aksi kekerasan dengan cara merampas di jalan setelah korban diancam akan dilukai bahkan dibunuh.

Lokasi yang mereka incar antara lain tempat parkir, di depan warnet, minimarket, ruko, halaman mal dengan cara mengganti plat palsu, dan mengangkat motor di pinggir jalan lalu dimasukkan ke dalam mobil boks.
Di kawasan permukiman, bandit juga beraksi. Aksi pencurian biasanya dilakukan dengan cara menggunakan kunci leterT. Dalam hitungan detik, maling profesional berhasil membawa kabur barang curiannya.

SIREP  DAN  BALSEM
Kawanan bandit juga melengkapi diri dengan ilmu sirep. Pemilik rumah yang menjadi sasaran bisa tidur lelap dan takmendengar suara apa-apa ketika maling beraksi menggunting gembok pagar dan masuk rumah. Ilmu sirep itu salah satunya dengan menaburkan garam di depan rumah korbannya. Setelah garam ditaburkan, pemilik rumah pun tertidur hingga dengan mudah pelaku menggasak motor yang disimpan dalam rumah.
Peristiwa ini menimpa Al-win, 20, warga Perumahan Ciledug Indah II, Kota Tangerang.

Ia kehilangan motor Yamaha Vixion yang disimpan di dalam rumah. “Betul-betul seperti disirep, kami semua tidur lelap nggak dengan suara apa-apa,” kata Alwin. Hingga berita ini diturunkan, petugas Polsek Ciledug yang menangani kasus ini belum berhasil meringkus pelakunya, bahkan pencurian motor makin marak di perumahan tersebut.

Kawanan maling betul-betul professional dan bisa beraksi dalam waktu singkat. Ini dialami Buchori, warga Tomang, Jakbar. Motor Honda Supra X 125 hilang saat diparkir di halaman rumah pada Sabtu (11/7) Pk; 0500. “Baru ditinggal sebentar masuk rumah, motor sudah lenyap,” katanya. Menurut Buchori, di daerahnya sangat rawan pencurian. “Pelaku biasanya -beraksi waktu magrib dan subuh. Belum ada pelaku yang ketangkep.”
Korban lain, Fahmi, 28, mahasiswa PTS di Depok juga kehilangan Yamaha Vega yang baru dua bulan dibelinya saat mengunjungi kekasihnya di kawasan Jelambar Baru. “Padahal saya baru masuk ke rumah pacar satu menit, egi-tu nengok, motor sudah tidak ada lagi,” katanya.

Kawanan bandit penggasak sepeda motor mengincar semua wilayah di Jakarta. Wilayah Condet, Jaktim, misalnya, dalam seminggu bisa dua sampai tiga motor digasak penjahat yang dalam beraksi bisa dua hingga empat orang. Bahkan mereka juga menggunakan senjata api.
“Saat ini yang sering menjadi sasaran para pelajar yang naik motor sendirian. Pelaku langsung memepet korban dan merampas motor disertai ancaman senjata api. Kami sangat resah,” kata Caca, warga Condet.

Di jalanan bandit perampas motor alias begal tak adatakutnya. Mereka main tabrak dan teror di jalan. Selain bersenjata api, ada juga bandit yang menggunakan balsem untuk memperdaya korbannya. Mata korban dibalsem, kendaraan dirampas.

TIGA SINDIKAT
Dari sejumlah pelaku yang ditengkap, polisi mengidentifikasi kelompok pelaku ber-dasrkan asal daerah mereka. Ada tiga kelompok penjahat yang paling sering bermain motor di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Mereka merupakan kelompok Lampung, Malimping (Banten), dan Indramayu selain juga kelompok lainnya.

Kelompok Lampung biasanya bermain kasar dengan cara membegal di tengah jalan, menusuk atau menembak pakai senjata api rakitan. Sepak terjang mereka dikenal sadis, namun kelompok ini juga mengincar kendaraan bermotor di parkiran.
Sedang kelompok Malimping beraksi lebih halus yakni selalu menggunakan kunci leter T, ilmu sirep maupun mengangkut motor yang ada di dalam rumah. Ditengarai ilmu sirep ini dipelajari mereka di wilayah Pandeglang dan sekitarnya.
Tidak jauh berbeda dengan kelompok Malimping, kelom-pok Indramayu juga kerap memakai kunci leter T untuk menggasak motor Kelompok ini pula yang sering beraksi dengan menuduh korban u-lah memukul atau menabrak anggota keluarganya, setelah itu merampas motor.

JAM OPERASI SASARAN
Jam operasi yang biasa dilakukan para pelaku sekira Pk.00.00 – 05.00, Pk.12.00 -18.00 dan 21.00 – 00.00. Namun secara umum, penjahat beraksi tak kenal waktu alias 24 jam mengincar sasaran.
Bandit tak memilih-milih sasaran, karena begitu a)a kesempatan mereka beraksi. Korban yang sering diincar anak sekolah yang gampang ditakut-takuti. Sasaran lainnya, tukang ojek. Tak terhitung sudah berapa pengojek kehilangan motor, sebagian di antaranya bahkan kehilangan nyawa karena kebrutalan pelaku. Dalam catatan Pos KoTa, wilayah rawan pencurian motor antara lain Jakarta Selatan; di Cilandak, Pamulang, Ciputat. Jakarta Barat;Tanjung Duren, Tambora. Jakarta Utara Penjaringan, Koja,Tanjung Priok. Jakarta Pusat Kemayoran, Johar Baru yang banyak terdapat warnet,Tanah Abang, dan kawasan Sawah Besar.

JANGAN PARKIR SEMBARANGAN
Menanggapi maraknya kasus curanmor di Jakarta dan sekitarnya. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Drs Timur Pra-dopo meminta kepada masyarakat, khususnya pemilik raptor agar selalu waspada.
Kapolda meminta agar masyarakat tidak memarkir disembarang tempat tanpa ada yang menjaganya. Selain itu, kapolda juga meminta kepada masayakat 3gar mengunci dulu motornya sebelum meninggalkan.
Untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat, kapolda sudah memerintahkan kepada seluruh kapolres dan kapolsek meningkatkan patroli di wilayahnya masing-masing. “Saya ajak kepada kapolres, mari kita berikan kenyamanan kepada masyarakat dengan meningkatkan patroli di wilayahnya masing-masing,” kataTimur Pradopo.

PERMINTAAN TINGGI
Tingginya kasus pencurian sepeda motor bisa terjadi karena meningkatnya permintaan (demand) oleh peminat motor curian. Apalagi sepeda motor merupakan kendaraan yang terbilang cukup mudah dicuri.
Faktor besar mengapa sepeda motor mudah dicuri ada pada pengguna motor itu sendiri. Kekurang hati-hatian dalam memproteksi ken-daraanya menjadi sasaran empuk pelaku kejahatan. Selain terbilang mudah dicuri, motor hasil kejahatan gampang dijual,” tutur Kriminolog Iqrak Sulhin.
Hal itu berimbas dengan meningkatnya angka permintaan motor curian, terutama di daerah-daerah di luar Jakarta. Motor curian juga bisa dijual dengan cara dipreteli, (tiyo/edi/yahya/ird)


AWAS !! 12 (Duabelas) MODUS MALING MOTOR (CURANMOR)
1. Berlagak bertamu,
2. Main tabrak,
3  Teror di jalan,
4. Merampas,
5. Usap balsem,
6. Dibius,
7. Hipnotis,
8. Diangkut mobil boks,
9. Ilmu sirep,
10.Gunting gembok,
11. Ganti plat nomor palsu, dan
12. Parkir dekat motor korban.

Kalau ada ronda, kami mundur

28 Jul 2010

JATINEGARA (Pos Kota) -Tidak puas dengan penghasilan sebagai sopir, tiga pria asal Indramayu, jawa Barat, menjadi pencuri kenda-raan bermotor. Belasan kali menggasak motor maupun mobil, mereka akhirnya dibekuk aparat Polres Metro Jaktim.
Dalam aksinya, kawanan ini bermodalkan kunci T dan obeng. Sedikit saja pemilik kendaraan lengah, dalam tempo tak sampai dua menit, kendaraan itu raib.Tak mengherankan aksi Juarno, 40, Ahmadi, 41, dan Hartono, 35, membuat geram korbannya.

“Kami memang seringberaksi bertiga. Hasilnya selalu dibagi rata. Uangnya dipakai untuk menghidupi anak dan istri. Sisanya buat foya-foya,” kata Juarno,kapten komplotan yang ditemui di Polres Metro Jaktim, Selasa (27/7) malam.
Juarno mengaku sebelum beraksi mereka berkeliling lingkungan mencari kendaraan incaran, baik sepeda motor maupun mobil. Mereka beriringan naik motor di kawasan yang dinilai lengah dari pengamanan warga atau satpam.

“Jika dirasa aman, baru kami beraksi. Kalau sampai banyak warga yang ronda, kami pasti mundur. Kalau nekat ya bisa babak belur atau kami terpaksa melukai orang,” ungkap sikapten.
Cukup dengan kunci T, motor yang diincar dengan mudah bisa digasak. Sedang untuk mobil, selain pakai kunci T juga digunakan obeng atau gunting untuk merusak kabel. “Yang repot untuk ken-daraan yang dikunci ganda atau pakai alarm,” katanya.

Namun sepak terjang kawanan ini berhasil diendus petugas Polres Jaktim. Setelah diintai cukup lama, petugas dipimpin Kasat Reskrim Kompol Nicolas A.Lilipaly mencokok ketiganya di kawasan Cakung, Jaktim. Polisi menyita kunci leter T, obeng, guh-ting, tas dan lainnya.

“Mereka residivis dan pemain lama yang sering beraksi di wilayah Jakarta Timur maupun pinggiran Jakarta. Sudah banyak laporan yang kami terima terkait aksi curanmor kawanan ini,” kata Nicolas, seraya berharap agar korban yang kehilangan motor atau mobil segera lapor ke Polres Jaktim. (anis/cw4/yp/ird)
http://bataviase.co.id/node/315973

LOKASI TEMPAT YANG DIINCAR

1 Tempat parkir,
2.Di depan warnet,
3.Di depan Minimarket,
4.Ruko,
5.Halaman mal dengan cara mengganti plat palsu,
6.Dan mengangkat motor di pinggir jalan lalu dimasukkan ke dalam mobil boks.
7.Diperumahan
8. Di gang-gang
9 Didalam rumah
10. Dijalanan
12. dan sebagainya


Pengelola Wajib Ganti Kendaraan Hilang saat Parkir,

28 Jul 2010

JAKARTA (Suara Karya) Pengelola areal parkir wajib mengganti kendaraan yang hilang saat diparkir di wilayahnya. Putusan terebut ditetapkan Mahkamah Agung (MA) yang didukung sepenuhnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan merevisi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 48 Tahun 2004 tentang Tarif Parkir.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, di Jakarta, Selasa (27/7), menyatakan sangat menyetujui putusan itu. Pengelola parkir, kata dia, memang seharusnya bertanggung jawab terhadap tiap kendaraan yang parkir di areal miliknya.
Di sisi lain, Fauzi juga menyetujui adanya revisi Pergub Perparkiran. “Tidak hanya isinya saja, tapi juga termasuk tarifnya. Selama ini, orang menganggap sepi Pergub itu, sehingga penerapannya tidak efektif,” ujarnya.

Terkait dengan putusan itu, Kasubag Humas dan Profesi MA Andri Tristianto Sutrisna, di Jakarta, Selasa, (27/7), menyebutkan, putusan MA itu menjadi rujukan bagi seluruh pengelola parkir, baik swasta maupun pemerintah. Pemerintah juga diminta untuk segera mengubah perda yang mengatur perparkiran.
“Karena putusannya sudah final, yaitu peninjauan kembali (PK), maka harus ditaati, baik oleh pengelola swasta maupun pemerintah,” tuturnya.
Sementara khusus untuk parkir yang dikelola pemda harus direvisi terlebih dahulu perda yang menaunginya.

Seperti diketahui, putusan MA itu bermula dari putusan PN Jakarta Pusat (Jakpus). Saat itu, majelis hakim berpendapat bahwa klausul-klausul baku dalam karcis parkir adalah perjanjian yang berat sebelah alias sepihak. Perjanjian seperti itu adalah batal demi hukum.
Majelis, yang saat itu diketuai Andi Samsan Nganro, berpendapat, klausul baku seperti dalam karcis parkir sangat merugikan kepentingan konsumen. “PK mengamini pertimbangan hukum PN tersebut,” ucap Andri.

Putusan yang baru keluar baru-baru ini berdasarkan permohonan PK perkara 124 PK/PDT/2007 yang diajukan oleh PT Securindo Packatama Indonesia (SPI), sebuah perusahaan layanan parkir. PT SPI meminta PK atas putusan kasasi yang memenangkan konsumennya, Anny R Gultom. Putusan kasasi menetapkan, PT SPI membayar ganti rugi kendaraan yang hilang. MA menguatkan putusan kasasi dan menolak PK PT SPI.

Putusan itu juga disambut positif Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi menilai keputusan itu sangat tepat. Keputusan itu menguatkan UU Perlindungan Konsumen. Dikatakannya, pengelola parkir menggunakan klausul baku yang diputuskan secara sepihak, yaitu “segala kehilangan bukan tanggung jawab pengelola parkir”. Klausul inilah yang selama mi dianggap merugikan konsumen.
“Klausul seperti itu terlarang di UU Perlindungan Konsumen. Pasal 18 disebutkan, setiap pelaku usaha apa pun dilarang mencantumkan klausul baku, baik di kontrak maupun di struk parkir misalnya,” tutur Tulus.
Dengan adanya putusan itu, semua pelaku usaha parkir harus me-reiriew kontrak perjanjian dan menghilangkan klausul-klausul sepihak yang selama ini mereka buat. “Jadi, klausul-klausul yang selama ini mereka buat gugur dengan sendirinya,” katanya. (Budi Seno)

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 3 so far )

mesin tersendat-sendat

Posted on Februari 19, 2011. Filed under: Motor | Tag: |

mesin supra x 125 tersendat-sendat. bingung padahal baru servis karbu sendiri.. ternyata businya yg masalah. gejala : pas digas pelan motor seperti mau mati tapi klo di gas kenceng ga masalah. stater pertama kali pun susah idup. akhirnya pas busi diganti baru ( ND U20 FS ) problem tersebut sembuh heheh 😳

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 2 so far )

Review Bajaj XCD 125

Posted on Februari 17, 2011. Filed under: Motor |



Produk Motor yg 1 ini  mungkin bagi beberapa orang belum banyak yg tahu. ya maklum lah penjualannya tidak selaris motor-motor yg udah pasaran pada umumnya seperti pabrikan onta eh Honda ataupun YangMahal eh Yamaha 😳

XCD adalah produk Motor Bajaj sport pemula. mengapa disebut pemula ? karena sebagian masih mirip bebek diantaranya :
1.  pola pengoperasian gigi perseneling sama seperti motor bebek, naik ke bawah , turun ke atas. sedang motor sport/laki umumnya pakai sistem congkel yaitu pas gigi 1 ke bawah, naik ke atas.. sebenernya ada keuntungannya yaitu ga ngerusak sepatu 🙂

2. tidak memiliki tachometer/ RPM.  padahal semua motor tipe sport umumnya memilik RPM meter.

3. gigi perseneling cuma 4. lagi-lagi versneleng 😳
4.harga nya mirip bebek, rata2 sekarang motor sport laki minimal harganya sekitar 15 jt an 😀
karena dengan harga yg hingga saat ini termasuk termurah (kecuali MoChin/Motor China)
5.suara mesin cenderung lebih kasar/berisik daripada motor2 bebek, mungkin krn. memang disain mesinnya darisananya udah begitu..
6.banyak yg bilang kalau mesin ini panas (cepat overheat) ya solusinya adalah menggunakan oli/pelumas yg lebih kental / sesuai buku panduan yaitu SAE 20W-50 . atau kalau mau extreme, di modif dengan pasang oil-cooler.

tapi meski terkesan motor ga jelas, sebenarnya XCD ini memiliki kelebihan-kelebihan lain yg bisa dipertimbangkan.
kelebihan itu diantaranya adalah :
1. konsumsi BBM / bahan bakar murah eh mahal :mrgreen: yg SUPER SANGAT IRIT . bahkan sudah kebuktian masuk rekor MURI . apalagi jika nanti subsidi BBM di-STOP 😯
juga posisi Riding/berkendara yg Ergonomis alias Nyaman..dengan posisi yg tidak terlalu nunduk/rebah maka lebih nyaman(ga bikin pegel pinggang) jika dikendarai lama misal Touring.

mengapa bisa sangat irit ? tidak lain karena Teknologi yg dimilikinya yaitu :

Digital Twin Spark – Swirl induction (DTS-Si system)

Pengapian – Busi Ganda Digital atau DTS- i adalah teknologi induk untuk teknologi terbaru Induksi Pusaran – Busi Ganda Digital atau teknologi DTS-Si.

Terima kasih kepada DTS-i, pembakaran yang cepat sehingga menghasilkan peningkatan tekanan yang cepat dimanfaatkan, dengan secara optimal memposisikan tekanan ini, untuk memberikan kerja maksimum yang mungkin sehingga mendapatkan torsi lebih besar, efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan emisi yang lebih rendah.

Saat membakar campuran Udara-Bahan Bakar yang lemah, kedua busi memberikan pembakaran yang cepat, tetapi pada beban yang rendah, sehingga tercipta kesempatan untuk meningkatkan pembakaran lebih lanjut.

Efisiensi pembakaran pada kondisi campuran Udara-Bahan Bakar yang lemah lebih jauh dapat ditingkatkan dengan membangkitkan turbulensi yang kuat dalam ruang pembakaran.

Ruang pengapian dengan turbulensi rendah akan meningkatkan propagasi dari jilatan api, yang sama dengan balon yang membesar secara perlahan. Hal ini menyebabkan tingkat pembakaran yang lebih lambat dan akibatnya peningkatan tekanan yang lambat. Hasil akhirnya adalah efisiensi yang lebih rendah.

Saat dibangkitkan turbulensi yang kuat dan terjadi pembakaran, permukaan dari jilatan api yang membesar terbagi-bagi dengan sendirinya, dengan proyeksi seperti jari-jari, yang meningkatkan luas permukaannya, sehinga lebih meningkatkan pembakaran.

Saluran lurus yang digunakan pada mesin-mesin konvensional memiliki batasan dalam membangkitkan nilai-nilai pusaran yang tinggi oleh karena geometri mereka. Salah satu cara membangkitkan lebih banyak pusaran adalah memiliki konfigurasi saluran yang mempromosikan fenomena ini. Suatu konfigurasi saluran imbangan telah tiba dan dioptimasi untuk membangkitkan jumlah pusaran yang dibutuhkan.

Digabung dalam mesin yang baru, hal ini menghasilkan gerakan pusaran dari muatan yang datang, yang meluruhkan diri menjadi turbulensi saat piston bergerak dalam hentakan Induksi dan Kompresi. Hal ini menghasilkan campuran Udara-Bahan Bakar menjadi lebih tercampur dan tersebar ke seluruh ruang pembakaran. Api yang tercipta oleh busi ganda menyalakan pusaran campuran Udara-Bahan Bakar yang sangat tinggi dan terkompresi, sehingga mnghasilkan jilatan api dengan luas permukaan yang lebih luas, akibatnya tekanan meningkat cepat akibat cepatnya pembakaran. Nilai-nilai turbulensi yang dicapai kini, secara substansial lebih tinggi dari nilai turbulensi pada kepala silinder saluran lurus, seperti pada Pulsar. Suatu kombinasi DTS-i dan induksi pusaran kini menghasilkan pembakaran yang sangat cepat, dan menghasilkan efisiensi tinggi.

Saat ini sistem pembakaran dengan dua busi ini sedang dipatenkan oleh Bajaj Auto Ltd (Digital Twin Spark Ignition).


Keuntungan Teknologi DTS-i

Waktu pengapian diatur secara digital menghasilkan waktu pengapian yang tepat dan akurat, proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara secara cepat dan sempurna sehingga menghasilkan:

ExhausTEC

ExhausTEC adalah inovasi lain pada sepeda motor buatan India dari Bajaj Auto. Sebagaimana namanya, artinya adalah sesuatu yang berkaitan dengan “saluran pembuangan” dari sepeda motor. “TEC” adalah kependekan dari “Torque Expansion Chamber”.

Pipa knalpot pada motor-motor ini memiliki “Torque Expansion Chamber” yang terpasang padanya yang terletak di bagian bawah mesin (seperti diperlihatkan pada foto di bawah).

Apa yang dilakukan Torque Expansion Chamber ini? Pertama kita harus memahami apa itu “Torsi” dan apa gunanya pada sepeda motor. Torsi adalah “gaya puntir” yang memutar roda-roda dari sepeda motor.

Adalah torsi yang bertanggug jawab untuk menggerakkan/memacu pada kecepatan rendah. Lebih banyak torsi pada kecepatan rendah berarti akselerasi atau pick up pada kecepatan rendah akan bagus.

Torque Expansion Chamber (TEC) meningkatkan proses keluaran dari gas buang dan juga dirancang untuk menciptakan perbedaan tekanan didalam pipa knalpot. Perbedaan tekanan dalam pipa knalpot ini menciptakan ruang hampa yang membantu menarik tambahan capuran udara-bahan baker pada kecepatan mesin rendah dan akibatnya meningkatkan torsi mesin pada putaran rendah tanpa mengkompromikan putaran mesin menengah atau tinggi.

Keuntungan dari fitur ini adalah bahwa pick up yang bagus tersedia mulai dari kecepatan mesin rendah sehingga terdapat sedikit kebutuhan untuk berpindah gigi pada kondisi alu-lintas berhenti-jalan.

SNS (Spring In Spring Suspension)

SNS Atau “Spring In Spring Suspension” merupakan teknologi yang telah dipatentkan oleh Bajaj Auto Limited India, hasil dari riset R & D demi memberikan sebuah kepuasan dalam berkendara dan nilai lebih sebuah kendaraan. SNS merupakan teknologi yang diterapkan untuk memberikan kenyamanan ekstra pada suspensi belakang. Teknologi ini memungkinkan adanya dua pegas dalam satu batang suspensi yang mana masing-masing pegas mempunyai ketegangan yang berbeda. Tegangan pegas tersebut dapat disetel dengan bantuan kem stelan 5 tingkat disesuaikan dengan kondisi beban dan jalan menurut keperluan individu.

Keunggulan Suspensi SNS :

• 1. Dua pegas co-axial beroperasi secara bersamaan, memberikan keunggulan pegas tingkat tiga. (Tingkat tiga disini adalah tiga tingkatan pegas, pegas rapat, renggang dan sangat renggang).
• 2. Suspensi lebih nyaman dibanding suspensi pegas tunggal biasa.
• 3. Menahan beban lebih efektif bahkan pada kondisi jalan kasar.
• 4. Masa pakai lebih lama.
• 5. Biaya perawatan lebih hemat

dan yg lebih istimewanya lagi adalah ATPM ( BAI/ bajaj auto indonesia) kadang-kadang suka memberi discount atau bonus berupa cashBack , Helm/Jacket, dll. Saat ini harga pasaran On The Road Rp. 13,5 jt

sebenernya ada versi yg lebih mantap atau keren dari XCD ini di india sana. namanya XCD Sprint cuma sayang gak masuk ke indo sini.. 😥

Namun diantara kelebihan-kelebihan yg ditawarkan ada juga beberapa kekurangan XCD yg owe alami berdasarkan pengalaman yaitu :
1. Mesin berisik / suaranya kasar ga sehalus motor2 sejenis misal thunder 125.
hal ini mungkin disebabkan lebih karena teknologi produksi di India masih belum secanggih/presisi motor2 jepang 😥
mesin berisik penyebab :

a.cetakan komponen kurang presisi/renggang sehingga banyak terjadi gesekan antar parts.
b.kualitas material/bahan kurang bagus (harusnya menggunakan alumunium sebagai penghantar panas terbaik tapi di XCD separuh blok mesinnya bagian bawah terbuat dari besi -> test menggunakan magnet klo nempel ya berarti besi gampang khan ? anak SD aja tau 😆 )
c. pendinginan kurang akibatnya komponen jadi memuai sehingga ukurannya membesar tidak karuan.
pendinginan kurang penyebabnya antara lain :

  • oli mesin jelek kualitasnya, terlalu encer, kurang banyak
  • panas mesin tidak terbuang dengan sempurna
  • sirip2 pendingin mesin / HEATSINK berukuran kecil -> panas mesin kurang cepat terbuang.
  • BBM jelek misal bensin oplosan / pinggir jalan, kotor, kecampur air, banyak pasir, dll.

d. komponen mesin sudah banyak yg aus (motor2 lama) otomatis ukuran komponen tidak presisi.

mesin kasar/berisik akibatnya -> panas -> oli cepet nguap abis, knocking/ngelitik, bikin malu 😳 , getaran kencang -> boros BBM, oli, jeroan mesin lebih cepat jebol/aus -> pemborosan kantong/dompet 😯

2. motor sport tanggung -> pola pengoperasian perseneleng masih = bebek 😦 gigi cuma 4 gear. ga ada RPM meter.

3. CDI standard di-limit -> Top Speed hanya sekitar 85-90 KMH

SOLUSI =>

  1. menggunakan oli mesin yg berkualitas bagus (min. SAE 20w50. API Service setinggi mungkin. volume jangan sampe kurang)
  2. pake kipas tambahan untuk membantu pendinginan mesin. misal kipas CPU.
  3. modif lebih extreme yaitu pasang oil-cooler akan sangat membantu pendinginan mesin..
  4. settingan AFR jangan terlalu kering tapi jangan juga terlalu basah. harus ideal yaitu warna busi merah bata/coklat.
  5. pake BBM yg berkualitas(oktan tinggi, bersih, gak bau) misal SHELL / Petronas / Total 😯 sehingga mesin lebih bersih & mengurangi knocking.

 

 

 

 

The Bajaj XCD sprint will follow the line of bold and stylish 125 cc bikes. It will be powered by a 4 valve, DTSi engine developing 12.5PS of peak power and 10.3Nm of peak torque at 6500rpm. 5 speed tranmission transmits power to the rear wheel. Nitrox Gas charged suspension is used at the rear, LED tail lamps and LCD console are other distinct features of the Bajaj XCD sprint. The Bajaj XCD sprint is expected to be priced around Rs50,000 and will compete with TVS Flame and Honda CBF stunner.

hmm mirip banget sama Pulsar 135 LS kan.. 😆  bagaimana pendapat anda.. manteph khan produk yg 1 ini :mrgreen:

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 8 so far )

bingung..

Posted on Februari 15, 2011. Filed under: Teknologi Informasi |

Kenapa saya menulis dengan judul diatas ? ya krn jawabannya simpel yaitu krn sy memang sedang bingung heheh 😳

saat ini sayalagi bingung mau memilih jadwal training komputer Cisco lebih tepatnya CCNA (Cisco Certified Networking Associate) yg berlokasi di UI Depok. tujuan sy mengapa mengambil ini adalah krn faktor saingan kerja yg semakin sulit sementara umur sudah hampir mencapai 30.
dan lagi saat ini sy sedang jadi pengacara alias pengangguran banyak ga ada acara 😥

terakhir sy masih bekerja di suatu perusahaan asing dimana tiap hari sabtunya libur sehingga sy memberanikan diri utk ambil training ini di hari sabtu krn pasti bisa ditempuh.. namun yg namanya kerja ama orang / karyawan maka resikonya adalah sy harus siap andai harus dipensiun dini alias dipecat.. akhirnya jadilah sy seperti dulu lagi menjadi seorang yg luntang lantung ga jelas masa depannya 😥

ya tiap haripun sy selalu apply lowongan kerja di internet, tiap kali ada yg cocok dengan persyaratan saya maka sy apply.
lalu mengenai training CCNA tsb. ada banyak jadwal yg bisa dipilih

1. CCNA Exploration 1-4 (5 bulan)
a. Kelas Khusus, setiap hari senin s/d jum’at (kecuali rabu) jam 13.00 s/d 16.30 WIB
b. Kelas Reguler, setiap hari senin s/d jum’at (kecuali rabu) jam 17.00 s/d 21.00 WIB

2. CCNA Exploration 1-4 (10 bulan)
Kelas Sabtu, jam 09.00 s/d 17.00 WIB

saat ini sy sudah Deal yg hari sabtu karena (PLUSnya):
1. asumsi klo dulu nganggur 1 bulan dapat kerja saat ini nganggur 5 bulan masa ga dapet kerja ?
2. klo jalan sabtu biasanya ga terlalu macet dibanding hari biasa.
3.  ga terlalu capek karena seminggu sekali tiap sabtu.

Minus
1.lebih lama durasinya sekitar 10 bulan
2.harga lebih mahal 500 rb
3.tiap pertemuan selama 5 jam
4.kelas FULL 20 orang

sy pun udah itung2 klo sabtu memang lebih mahal biayanya dan juga durasi trainingnya lebih singkat total sekitar 200 jam
a. Kelas Khusus, setiap hari senin s/d jum’at (kecuali rabu) jam 13.00 s/d 16.30 WIB
MINUS
1.ga bisa kerja selama sekitar 5-6 bulan otomatis ga ada penghasilan masuk sementara saya harus biayain rumah tangga dari tabungan
2.mulainya jam 1siang, pergi kesananya panas, pulangnya jam 16.30 sore kemungkinan besar macet
3.lebih capek karena seminggu 4x tiap senin, selasa, kamis, jumat

PLUS
1.lebih murah 500 rb
2.lebih cepat selesainya 5 bulan
3.bisa lebih santai karena ga kerja
4.durasi training pun lebih banyak total sekitar 280 jam

sekarang yg jadi masalah adaah kenapa saya jadi bimbang ? padahal udah deal yg hari sabtu ?

sy bimbang (sudah ambil kelas sabtu jadi pengen pindah ke kelas khusus)  krn :
1. belum tentu dalam 5-6 bulan ke depan saya akan bisa diterima bekerja di perusahaan yg baru. sementara hingga saat ini sy baru dipanggil interview kerja 1 kali padahal sudah hampir 1 bulan sy menganggur.

2. apakah andai sudah bekerja di perusahaan yg baru, tiap sabtu bisa libur? apalagi nanti sy pasti termasuk karyawan baru..memang utk hal ini adalah tergantung perusahaannya sendiri apakah tiap sabtu masuk/libur.  Kalau harus masuk pas hari sabtu apa saya bisa nolak? sementara sy cuma karyawan & masih baru bekerja ? 😦
munkin menurut sy inilah yg bisa dinamakan faktor hoki2an dalam bekerja..

bagaimana menurut teman2 sekalian ? mohon masukannya ya.. dan terima kasih banyak sudah membaca artikel saya 😉

lebih lama durasinya sekitar 10 bulan
harga lebih mahal 500 rb
tiap pertemuan selama 5 jam
kelas FULL 20 orang
Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 1 so far )

Tekanan Menghasilkan Kemuliaan

Posted on Februari 12, 2011. Filed under: Rohani | Tag: |

sumber : http://www.jawaban.com/index.php/spiritual/main_daily_update/date/2011-02-12.html

Kemuliaan muncul di bawah tekanan, dan kemuliaan menghasilkan yang paling baik dari yang terbaik.

Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita. ~ Roma 8:18

2 Korintus 4:17

Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 42; Kisah Para Rasul 14; Keluaran 33-34

Salah satu cara tradisional untuk memeras buah anggur untuk dijadikan minuman adalah dengan menaruhnya dalam sebuah baskom raksasa dan menginjak-injaknya sampai sari anggur itu keluar. Kadang-kadang Tuhan juga “memeras” kita dengan mengijinkan pencobaan, kesukaran, dan rintangan untuk menekan kita, bukan hanya untuk menguji, memurnikan, dan menguatkan iman kita, tetapi juga untuk menyatakan kemuliaan Tuhan sehingga orang lain dapat melihat Dia dalam hidup kita.

Kita perlu belajar melihat masalah dari cara pandang Tuhan, sebagai orang percaya kita adalah bejana tanah liat untuk menyatakan kemuliaan Tuhan. Jika hari ini Tuhan menempatkan Anda dalam sebuah tekanan, jangan putusasa ataupun kecewa, itu adalah tempat terbaik dimana Tuhan dapat mengeluarkan yang terbaik dari hidup Anda. Ijinkanlah tekanan mengeluarkan kemuliaan Tuhan itu dari hidup And, sehingga sekitar Anda bisa mencicipi manisnya kasih Tuhan.

Kita perlu siap dan bersedia “diperas” demi kemuliaan Tuhan. Memang menyakitkan, tetapi hasil yang didapatkan sebanding dengan harga yang harus dibayar. Jika Anda ingin melihat teladan bagaimana menjalani proses “diperas” ini dengan baik, belajarlah dari Yesus. Dia adalah pribadi yang menyediakan diri untuk “diperas” sehingga keselamatan bisa sampai dalam hidup kita.

Ijinkanlah tekanan kehidupan memeras kemuliaan Allah keluar dari hidup Anda sehingga manisnya kasih Tuhan bisa dirasakan sekeliling Anda.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 2 so far )

Hari Ini..

Posted on Februari 11, 2011. Filed under: Lain-Lain |

ternyata ATM BCA ga bisa transfer ke BNI46.. dan juga untuk pemegang kartu silver maks penarikan tunai hanya sampai Rp. 5 jt / hari.
sekali tarik pun maks Rp. 1.250.000

lumayan jalan raya bogor ga terlalu macet,  mungkin krn berangkatnya pagi2 ke UI Depok.

pas pulang cuci motor dulu ah  😳

motor juga pengen dimandiin ternyata heheh

 

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 1 so far )

Perpuluhan Atas Segala Sesuatu

Posted on Februari 10, 2011. Filed under: Rohani | Tag: |

Dalam Alkitab Anda Baca Dengan Keras: Kejadian 14:17-20

Hafalkan Ayat Berikut: 2 Tawarikh 31:5 ‘Mereka membawa banyak, suatu perpuluhan atas segala sesuatu’

Kemudian Diskusikan Tentang Ini: Apa saja yang dapat kita berikan perpuluhan?

Sesuatu Untuk Dikerjakan Sebelum Pertemuan Berikut: Daftarkan semua sumber penghasilan anda dan hitunglah perpuluhan anda.

Tugas Tertulis Diploma: Tuliskan satu halaman segala sesuatu dalam Alkitab bahwa orang memberikan perpuluhan atasnya.

Renungkan Kata Demi Kata Ayat Berikut: Kejadian 28:22


Karena Allah meminta kepada kita memberikan perpuluhan dari penghasilan kita kepadaNya, maka muncul pertanyaan: apa yang seharusnya kita berikan perpuluhan dan secara praktis bagaimana ini bias dikerjakan dalam hidup kita. Satu peraturan yang sangat baik untuk diterapkan sehubungan dengan perpuluhan adalah bahwa perpuluhan adalah yang pertama dan yang terbaik – begitu kita dewasa dalam kepengurusan keuangan kita akan mencari alasan-alasan dan sesuatu untuk memberi perpuluhan atasnya sebagai lawan dari mencari apa yang dapat kita peroleh dengannya dalam hidup kita.

Abraham adalah referensi pertama yang kita miliki dalam Alkitab sehubungan dengan perpuluhan dan Kejadian 14:20 menunjukkan bahwa dia memberikan perpuluhan atas segala sesuatu ‘Kemudian Abram memberikan kepadanya sepuluh persen dari segala sesuatu’. Lebih lanjut, Kejadian 28:22 menunjukkan bahwa Yakub menjanjikan melakukan hal yang sama dan memberikan sepuluh persen dari segala apapun yang dia terima dari Allah, ‘Dam semua dari yang engkau berikan kepadaku akan kuberikan sepersepuluh kepadaMu’.

Pengajaran tentang perpuluhan atas segala sesuatu dapat dilihat dalam 3 nats berikut dan daftar berikut adalah beberapa hal yang dicatat dalam Alkitab yang orang berikan perpuluhan dan lihatlah betapa luas macam segala sesuatu yang diberikan perpuluhan atasnya.

Imamat 27:30 :- Segala sesuatu dari tanah; biji-bijian dari tanah; buah dari pohon-pohonan.

2 Tawarikh 31:5 :- jagung; anggur baru; minyak; madu; semua yang dihasilkan oleh ladang.

Nehemia 13:12 :- jagung, anggur baru dan minyak.

Sumber utama dari perpuluhan adalah penghasilan dari pekerjaan kita – satu dari pertanyaan yang paling umum adalah apakah kita mmemberi perpuluhan dari penghasilan kotor atau penghasilan bersih. Sebagaimana kita menerapkan peraturan bahwa perpuluhan adalah yang pertama dan yang terbaik maka dapat dikatakan bahwa perpuluhan kita harus dibayarkan berdasarkan jumlah penghasilan kotor – ada banyak alasan untuk itu. Yang pertama adalah bahwa jika kita memberikan perpuluhan atas penghasilan kotor kita akan menerima berkat kotor tetapi jika kita hanya memberikan perpuluhan atas penghasilan bersih maka kita akan menerima berkat atas penghasilan bersih.

Alasan kedua adalah apa yang dimaksud dengan penghasilan bersih – apakah penghasilan setelah pajak, atau bagaimana dengan asuransi kesehatan, keanggotaan serikat dagang dan pensiun? Dimana anda menarik garis itu?

Mari kita katakana sekali lagi – perpuluhan harus yang pertama dan yang terbaik dan dengan memberikan perpuluhan atas penghasilan kotor kita maka kita benar-benar menghormati Allah dan memberikan kembali kepada Doa dari yang pertama dan yang terbaik.

Sudah pasti, sebagaimana anda mengerti dinamika perpuluhan anda tidak perlu memotong sudut dan memperpendek dan mengubah Allah dengan pemberian anda tetapi berusaha mencari hormat bagi Allah dengan pemberian dan semua penghasilan anda. Sayangnya, banyak orang memberi perpuluhan atas penghasilan kotor dan berhenti disana karena berpikir mereka telah melaksanakan semua panggilan atas diri mereka – bagaimanapun, itu bukanlah kasus bahwa kita harus memberikan perpuluhan atas semua penghasilan kita dan bukan hanya uang dari pekerjaan kita?

Berikut adalah bagian potensial untuk perpuluhan dari mana kita menggambarkan sumber penghasilan dalam hidup kita barangkali anda perlu mempertimbangkan memberikan perpuluhan atasnya.

Bonus
Uang Lembur
Warisan
Tunjangan Hari Natal
Tunjangan dan hadiah Ulang Tahun
Keuntungan dari penjualan property
Keuntungan dari penjualan saham
Tunjangan Pemerintah
Uang Pensiun
Dividends
Hadiah dan penghargaan berupa uang

Butir lebih lanjut tentang perpuluhan adalah bahwa Allah adalah dengan tegas dan pasti di dalam jumlah yang Dia minta kembalikan kepadaNya – Dia tidak menghendaki 8% atau 9% tetapi Dia meminta 10%.

Konsekuensinya, kita harus sangat hati-hati bahwa kita mengembalikan kepada Allah 10% dari semua penghasilan kita dan tidak ada satu rupaihpun yang ketinggalan – karena Allah secara khusus dalam masalah ini maka kita juga harus memperhatikannya sungguh-sungguh.

Apakah anda dengan rajin meyakinkan diri anda bahwa anda telah memberikan kepada Allah 10% dari semua penghasilan anda atau anda telah memberi “sekitar” 10%, tetapi tidak mengetahui secara pasti bahwa anda telah memenuhi permintaan minimal yang diharapkan oleh Allah?. Ketika menulis kepada orang Korintus tentang persembahan kepada orang kudus yang miskin dan  kelaparan di Yerusalem, Paulus berkata dalam 1 Korintus 16:2

‘Masing-masing dari kamu, harus menyisihkan sejumlah uang yang diambil dari penghasilannya, menyimpannya secara terpisah, bebankan kepada orang secara akurat dan dengan rajin bekerja untuk memberi.

Sebagai contoh, andaikan seseorang memulai memberi dan dalam realisme rohani ada sejumlah besar keuangan untuk dipanen yang menanti dan malaikat Allah menunggu melepaskannya kepada mereka dan begitu anda memberi 10% dari penghasilan. Bagaimanapun, berdasarkan fakta bahwa mereka tidak pernah akurat untuk pekerjaan perpuluhan mereka, mereka dapat membelanjakan dalam tiga tahun dalam hidup mereka memberikan 8 atau 9% dari penghasilan kotor anda dan kehilangan kesempatan untuk waktu panen ini.

Sayangnya, mereka membayar kurang dari 10% dengan hanya beberapa rupiah tetapi ini cukup untuk menunda panen yang telah siap bagi mereka dan ini benar-benar menyedihkan. Oleh karena itu, untuk menggoncangkan dan menerima lebih banyak berkat dari Allah, bekerjalah dengan akurat atas penghasilan anda dan yakinkan bahwa anda memberikan perpuluhan anda kembali kepada Allah supaya jangan ada penghalang hanya karena kekurangan beberapa rupiah.

(Adalah gagasan yang baik memberikan perpuluhan anda mendekati rupiah dan kemudian membulatkannya kepada rupiah yang terdekat, misalnya ribuan atau puluhan ribu atau juta, untuk meyakinkan secara nyata bahwa anda memberikan keseluruhan perpuluhan yang menjadi hak Allah).

Dalam Maleakhi 3:10 Tuhan berbicara suatu firman tentang peringatan kepada orang Israel ketia Dia berkata, ‘Bawa semua perpuluhan ke dalam rumah perbendaharaan’ Allah tidak tertarik hanya sebagian dan paruh waktu pemberi. Telah dengan benar dikatakan bahwa jika kita menabur serampangan maka kita akan menuai serampangan dank arena itu perpuluhan kita haruslah konstan dan konsisten. Sebagai contoh jika kita memberi perpuluhan setiap minggu tetapi lupa memberikannya ketika kita pergi pada hari liburan atau hari Natal, kita tidak membawa keseluruhan perpuluhan itu kembali kepada Allah.

Sekali lagi, jika kita memberi perpuluhan selama waktu baik dan tidak memberi perpuluhan di waktu jelek kita juga tidak membawa keseluruhan perpuluhan itu kembali kepada Allah. Maka menjadi penting bahwa kita dengan sangat rajin meyakinkan bahwa perpuluhan kita adalah akurat dan atas semua penghasilan atau kita akan berakhir tidak menghormati Allah dengan uang kita.


Perpuluhan di Gereja

Perpuluhan merupakan kata yang umum di telinga umat Kristiani. Tapi sudah benarkah maknanya di dalam hidup kita. Jika tidak kita bisa kena KUTUK!… ya benar kena kutuk kenapa? karena kita korupsi uangnya Tuhan!!

Dahulu, saya mengira perpuluhan adalah persembahan biasa. Tapi setelah saya mengetahuinya dengan pasti dan saya lakukan dengan sungguh-sungguh ternyata Tuhan bukakan banyak pintu berkat dalam keluarga kami.

Arti 10%

Perpuluhan berasal dari kata sepuluh, kata-kata ini kita temukan mula-mula pada Alkitab ketika Abraham selesai mengalahkan dan melepaskan Lot dari musuh yang menawannya.

Kejadian 14:20
dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu.” Lalu Abram memberikan kepadanya sepersepuluh dari semuanya.

kemudian kita lihat juga Yakub di Betel melakukan hal yang sama.

Kejadian 28:22
Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini akan menjadi rumah Allah. Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu.

dan apabila kita cari terus kata-kata ‘sepersepuluh’ maka kita bisa menemui hampir disemua persembahan yang dilakukan oleh bangsa israel adalah 10 persen dari segala sesuatu yang baik.

Loh kok kayak harga mati.? harus 10%??

Saya tidak mau berdebat soal angka, alkitab menyatakan itu. Sebagian orang berkata itu angka di perjanjian lama.. Sekali lagi saya tidak mau memperdebatkan angkanya. Tapi yang saya mau sharingkan adalah maknanya.

1. Bila kita mengakui semua harta kita dari Tuhan, maka kita tidak akan merasa dirugikan jika kita mengembalikan yang 10 persen itu bukan? Kenapa manusia menjadi serakah dan menilai 10 persen itu kebesaran untuk Tuhan?. Tanyakan diri kita sendiri. Apa menurut anda Tuhan tidak layak dikasih segitu?

2. Seorang siswa sekolah mempunyai standard nilai minimum untuk dinyatakan lulus dalam pelajaran. Yaitu minimal nilainya harus 6. Jika perpuluhan ‘boleh’ kita sebut standard kesetiaan manusia kepada Tuhannya bukankah itu pantas juga. Yang menjadi renungan lagi kenapa kita sering mengurangi angkanya itu ya? Bolehkah juga saya berkata jika kita sembarangan kasih sesuatu kepada orang, maka kita juga kurang menghargai orang tersebut??.
Sedangkan kita jika pergi kondangan atau memberikan kado kpd orang juga terkadang ada ‘ukuran’ standard minimal harga ‘hadiah’ tersebut???
Bukan berarti Tuhan akan kurang mengasihi kita jika kita tidak memberikan 10 persen itu!! Bukankah matahari juga terbit untuk orang berdosa? Tapi anda bukan orang golongan itu khan, anda orang yang mengasihi Tuhan bukan? Nah… tidakkah anda ingin memenuhi ‘standard’ tersebut..?

3. Bolehkah kita memberi lebih dari 10 persen?? PUJI TUHAN jika kita bisa dan hati kita siap!! Boleh saja silahkan….
Tapi ingatlah ini: Tuhan itu tidak butuh uang kita, Dia maha kaya dan yang empunya segala sesuatu. Kenapa angkanya 10!? adalah karena Dia meminta anda mengelola yang 90 untuk dunia ini!! YA benar. Coba anda memberikan 10% untuk gereja, 5% untuk membantu orang2 tua dan janda miskin, anak2 yatim piatu. Saya yakin NILAI PEMBERIAN ANDA LEBIH BERHARGA! dan Tuhan senang anda lakukan itu. Karena anda menjadi saluran berkatNya di dunia.
Kalau kita berkata AH, …Saya gak mau pusing..biarin aja gereja yang bagikan lebihnya dari 10% yg kita kasih. Misalnya kita memberi 30% begitu. HATI-HATI. Jangan-jangan kasih anda sudah menjadi dingin. Firman Tuhan berkata: Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu… dilanjutkan: kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri…

Menghitung Perpuluhan
1. Jika penghasilan kita fix setiap bulan (karyawan)
– Sisihkan 10 persen saat terima gaji.
2. Jika kita anak kuliah yang terima uang dari orang tua
– Sisihkan 10 persen saat terima kiriman uang
3. Jika penghasilan kita harian atau mingguan.
– Sisihkan 10 persen tiap hari atau tiap minggu ketika kita terima gaji, dan satukan di awal bulan berikutnya untuk di setor ke gereja.
4. Ibu rumah tangga
– Tidak perlu, jika tidak memiliki penghasilan sendiri
5. Ibu RT yang berkarier
– Sisihkan juga 10 persen selain 10 persen penghasilan suami.

Kemana menyetor perpuluhan ?
setorlah ke gereja lokal dimana anda berbakti ( terdaftar sebagai jemaat). Bukan di sembarang gereja yang mungkin kebetulan kita kunjungi.

Kalau anda setia dgn hati yang tulus mengasihi Tuhan. Saya jamin anda tidak akan kekurangan dengan memberi 10 persen! Bahkan Tuhan akan bukakan pintu berkatNya. Seperti yang saya alami sendiri!

Maleakhi
3:10 Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

3:11 Aku akan menghardik bagimu belalang pelahap, supaya jangan dihabisinya hasil tanahmu dan supaya jangan pohon anggur di padang tidak berbuah bagimu, firman TUHAN semesta alam.

God Bless!


Coin Jar Perpuluhan pada dasarnya adalah perintah Tuhan yang harus dilaksanakan. Tuhan memberi perintah agar umat-NYA membayar perpuluhan dan batasannya hanya sampai disitu, yaitu: membayar perpuluhan! Mengenai bagaimana gereja harus menggunakan uang perpuluhan itu adalah hal lain!
Batasan untuk umat Tuhan hanyalah sampai dengan membayar perpuluhan. Mengenai uang perpuluhan yang (mungkin ada/sering) disalahgunakan oleh gereja/hamba Tuhan/anak pendeta/dll, maka saya percaya Tuhan akan meminta pertanggungjawaban secara pribadi kepada orang itu.

Bagi gereja sebenarnya Tuhan sudah memberi gambaran untuk apakah uang perpuluhan itu digunakan:

“Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku..”
Maleakhi 3:10a

Tulisan “supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku” memiliki arti sebagai berikut:
1. uang itu harus digunakan untuk membiayai setiap usaha pemberitaan Firman Tuhan (Matius 4:4),
2. uang itu harus digunakan untuk membiayai setiap usaha penyebarluasan Injil yang adalah khabar baik (Yohanes 4:34-38),
3. untuk membiayai misi,
4. digunakan untuk membiayai hidup hamba Tuhan yang menyerahkan diri sepenuhnya dalam pekerjaan Tuhan,
5. digunakan untuk janda-janda, yatim-piatu dan fakir miskin (Kisah 6:1-4).
Jadi uang perpuluhan hanya boleh digunakan untuk hal-hal di atas. Untuk beli peralatan gereja, bangun gedung, beli HP pendeta, biaya perjamuan kasih dan lain-lain seharusnya diambil dari uang kolekte atau persembahan khusus untuk pembangunan (atau dari donasi).

Sementara itu, bagi umat Tuhan tanggungjawabnya hanya sebatas membayar perpuluhan.
Lalu apa keuntungan dari membayar perpuluhan?

“..firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan. Aku akan menghardik bagimu belalang pelahap, supaya jangan dihabisinya hasil tanahmu dan supaya jangan pohon anggur di padang tidak berbuah bagimu, firman TUHAN semesta alam.”
Maleakhi 3:10b-11

Bila umat Tuhan membayar perpuluhan maka:
1. Allah sendiri berjanji memberi berkat:
“..membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.”
2. Allah sendiri berjanji memberi perlindungan:
“..menghardik bagimu belalang pelahap, supaya jangan dihabisinya hasil tanahmu..”
3. Allah sendiri berjanji untuk memberi keberhasilan/rezeki pada umat-NYA:
“..dan supaya jangan pohon anggur di padang tidak berbuah bagimu..”
(coba perhatikan tulisan “padang”, sangat unik bukan?
Pohonnya ada di padang tapi hasilnya untuk umat Tuhan! Luarbiasa bukan?)

Mengenai perpuluhan yang tertulis di Ulangan 14:22-29 akan terlihat kontradiksi bila kita lupa bahwa waktu itu tempat beribadah hanya satu yaitu Mezbah Tuhan di Kemah Pertemuan. Tapi saat ini kita dapat dengan mudah menemukan gereja disekitar kita. Tapi dari Ulangan 14:22-29 ini kita juga mendapat pengertian bahwa ada waktu-waktu tertentu kita harus membayar perpuluhan kepada hamba Tuhan dan kepada anak yatim/janda orang/asing.

Jadi perpuluhan ada tiga jenis:
1. Perpuluhan yang wajib
(10% dari keseluruhan pendapatan/profit),
2. Perpuluhan untuk hamba Tuhan
(10% dari sisa 90% keseluruhan pendapatan/profit): dibayarkan sewaktu-waktu.
3. Perpuluhan untuk anak yatim/janda orang/asing
(10% dari sisa 90% keseluruhan pendapatan/profit): dibayarkan sewaktu-waktu.

Semoga dengan membaca tulisan ini wawasan kita semakin bertambah mengenai PERPULUHAN.

Tuhan Yesus memberkati.


10  10. Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan..

Maleakhi 3:10

10. Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

 

COba beranikah diri membuat pandangan PERPULUHAN ala SANDMAN si manusia pasir.

Entah darimana tiba-tiba ada keinginan membuat BLOG tentang PERPULUHAN ini, tapi satu yang pasti IDE ini terinspirasi chat di box IJO dengan JOLI.

“Emang Tuhan memberikan berkat itung-itungan pake sempoa?”, Ujar Joli.

Kalau dipikir-pikir apa yang telah diberikan TUHAN kepada kita tidak akan pernah SEBANDING dengan apa yang kita berikan kepada-NYA. Sedikit merenungkan apa sih gunanya PERPULUHAN ini? apa TUHAN butuh sesuatu?

saya coba renungkan ayat maleakhi diatas

1. supaya ada makanan dirumah-KU

Makanan apa? rohani atau jasmani? jika jasmani sudah pasti itu adalah makanan yang mengenyangkan PERUT, bagaimana dengan makanan ROHANI?  FIRMAN TUHAN kah?  yang manapun itu ternyata membutuhkan biaya.

2. ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

Nah loh, Tuhan mencurahkan berkat kepada kita, seberapa besar? tidak dipastikan yang jelas disitu ditulis berkelimpahan, pertanyaannya kok saya sudah kasih PERPULUHAN kok hidup saya begini2 aja? DONT ASK ME why, tanya aja sama TUHAN kalau perlu diayat itu bilang UJILAH AKU, tapi masalahnya sebelum jadi PENGUJI kita sudah teruji belum?

Cuma segitu saja?  semudah itu? bagaimana dengan kabar-kabar kurang sedap yang mengatakan yang PERPULUHAN itu digunakan untuk kepentingan PRIBADI Gembala Jemaat ataupun Bendahara Gereja? JIka kita ada keberanian untuk MENEGUR yah TEGURLAH.  Jika kita baca tentang Nubuatan tentang Iman Eli dan keluarganya di 1 samuel 2:27:36, Tuhan tidak akan tinggal diam cepat atau lambat tentang pasti akan menghukum

Udah panas nich kepala mikirin PERPULUHAN tapi tanggung, MERENUNG lagi aja, gimana menghitung perpuluhan? apa yang harus dihitung? gimana sih kasih PERPULUHAN yang benar? 10% dari  seluruh pendapatan kita setelah atau sebelum di potong pajak?

matius 22:21

Jawab mereka: “Gambar dan tulisan Kaisar.” Lalu kata Yesus kepada mereka: Berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.”

bandingkan dengan hukum kasih,

1.Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.

2.Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini.”

Apa hubungannya sih sand? kok ada pake ngebandingin segala? Ada, lihat hukum kasih yang PERTAMA hubungkan dengan PERPULUHAN, so what gitu loh? artinya itu adalah KEWAJIBAN kita harus mau gak mau, susah ataupun senang.

kalau perpuluhan itu KEWAJIBAN yang artinya HARUS, berarti PAJAK bukan Sebuah KEWAJIBAN? Sebentar, jangan PIKIR kemana-mana dulu.

Hukum Kasih kedua, kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri. Bicara pajak untuk apa sih?  Pajak digunakan untuk membiayai pembangunan negeri ini, selain digunakan untuk itu ada salah satu pasal yang harus kita cermati,

UUD 1945 pasal 34 ayat 1, ” Fakir miskin dan anak-anak Terlantar di pelihara oleh negara.”

Kalau dilihat hukum kasih kedua,  bagaimana jika kita tidak bisa memenuhi kebutuhan kita sendiri haruskah kita membayar pajak? Jika anda membuat NPWP maka ketika anda mengisi SPT anda akan tahu apa yang disebut PAJAK NIHIL, negara sudah mengatur dengan baik BESARAN pendapatan yang kena PAJAK.

Hebat yah alkitab kita, semua sudah Tuhan atur sedemikian rupa, lihat uud 45 pasal 34 ayat 1 aja kita jadi ingat apa yang Tuhan katakan, jika kita memberi kepada mereka itu sama aja memberi kepada Tuhan sendiri, so kesimpulannya dari PAJAK  yang kita setorkan ada alokasi dana juga untuk Tuhan.

Setelah melalui perenungan diatas, teryata PERPULUHAN itu harus, itu sebuah kewajiban, dan PAJAK juga sebuah kewajiban yang harus di bayarkan  disesuaikan dengan undang-undang yang berlaku.

Jadi, masihkah anda mau memikirkan PERPULUHAN itu INJILI atau TIDAK?

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 5 so far )

hidrogen generator generik

Posted on Februari 10, 2011. Filed under: Motor | Tag:, |

tampak akhir (10 Feb 2011) dari alat HHO Kit a.k.a hydrogen generator hand-made 😳


salah 1 kelebihan motor bebex adalah adanya bagasi bawaan yg bisa di-akalin :mrgreen:


Terima kasih buat anda  para pembaca yg budiman yg sudi sekadar meluangkan waktunya utk. melihat artikel ga berguna ini 😳
segala caci maki dan hujatan ga akan owe terima dengan besar hati :mrgreen:


12 Feb 2011, setelah seharian mikirin gimana supaya tabung reaktor ga panas & bahaya kalo disimpen di bagasi bawah jok, akhirnya ow memanfaatkan pelat brake hose holder ex.motor lama. dan di las dikit + bracket tempat air minum sepeda.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 8 so far )

Relay

Posted on Februari 10, 2011. Filed under: Motor | Tag: |

Benda satu ini paling banyak di pake dimobil2 sekarang..
Kegunaan utamanya adalah meningkat kan efisiensi elektris pada sebuah rangkaian kabel. Bingung ? he..he…
Contoh : Device yang mau di hidupkan : electric Fan..anda ingin dia hidup jika ac hidup…nah..cara paling gampangnya nyuntik dari kabel kompresor ac kan..tetapi kabel dari kompresor ac itu sudah terbebani oleh daya yang digunakan oleh kompresor itu sendiri….apa bila dibebani lagi oleh electric fan..ditakutkan akan overload….maka dapat digunakan relay..sehingga load yang di ambil dari kabel kompresor sangat kecil karena hanya digunakan untuk menyalakan relay. (0,5 ampere) …nah sedangkan beban untuk menghidupkan electric fan ditanggung oleh Relay tersebut…

Cara kerja relay sangat sederhana sehingga sangat sulit untuk di deskripsikan secara kata kata wkwkw….
Disini kita akan bahas relay pada umumnya…
Relay Segi (contoh : Hella, Bosch dll)
relay terdiri dari 2 terminal trigger, 1 terminal input dan 1 terminal output.

Terminal trigger : yaitu terminal yang akan mengaktifkan relay..seperti alat electronic lainya relay akan aktif apabila di aliri arus + dan arus -. Nah pada contoh relaya yang kita gunakan terminal trigger ini adalah 85 dan 86.
Terminal input : yaitu terminal tempat kita memberikan masukan..pada contoh adalah terminal 30
Terminal output : yaitu tempat keluarnya output….pada contoh adalah terminal 87

Penjelasan Gambar :

Terminal trigger pertama2 dihubungkan dengan arus plus (85) ..kemudian melalui saklar terminal 86 di berikan arus -, seketika setelah saklar di aktifkan ..maka relay akan aktif..kok bisa ?????
Sebenarnya terminal 85 dan 86 (terminal trigger) itu adalah ujung dari kumparan yang melilit pada sebuah inti besi..sesuai dengan hukum fisika apa gitu gue lupa…jika sebuah inti besi dililitkan kumparan dan pada kumparan tersebut dialiri arus listrik maka inti besi tersebut akan menghasilkan medan magnet…..
nah demikian juga yang terjadi disini..inti besi menghasilkan medan magnet (ditandai dengan warna ungu ) …seketika setelah kumparan dialiri arus …kemudian medan magnet yang terjadi di inti besi menarik bridge (warna hijau) yang terbuat dari logam.(biasanya besi)….

Nah ketika bridge ini tertarik maka terminal 30 dan 87 akan tersambung….sesuai dengan namanya bridge itu menghubungkan jurang antara 30 dan 87.
Saat ini lah dikatakan RELAY AKTIF

Saat relay aktif tinggal kita yang menggunakan jalan yang sudah tidak terpisah oleh jurang tadi untuk menghantarkan sesuatu…dari terminal input (30) ke terminal output (87)…..jika sudah aktif begini apapun bisa di hantarkan dari 30 ke 87…contoh jika kita kasih arus + di 30 maka di 87 akan keluar arus + atau sebaliknya ….
sebagai contoh extreme jika kita kasih terminal 30 air maka di 87 akan keluar air…..he..he..contoh saja ..tapi kan gak mungkin air mengalir dalam logam padat….

Nah demikian penjelasan singkat…
mudah2an dapat dimengerti…..

Contoh aplikasi Relay : Relay Klakson

pada kendaraan dengan kabel klakson hanya satu..diman ground langsung di ambil dari body kendaraan…

jika tombol klakson di pencet maka dari kabel original mobil akan menghasilkan arus +, arus – sudah stand by maka seketika itu juga arus + dari 30 akan di teruskan ke klakson melalui terminal 87….

Dan masih banyak lagi contoh kegunaan relay…sangat sangat bermanfaat jika kita mengetahui dasar dari cara kerja relay..sehingga kita dapat dengan mudah mengaplikasikannya pada kebutuhan kita…

Contoh aplikasi : Interlaced Relay

Ini salah satu contoh aplikasi Relay yang lumayan ribet..he.he……
Fungsi : Digunakan sebagai teknik mengamankan mobil…jadi mobil kita gak akan bisa di start kalau kita belum menyalakan lampu dim sekali….atau menginjak rem sekali…….(pilih salah satu mekanismenya bisa dim atau rem)

Ini menggunakan 3buah Relay…
Relay pertama digunakan untuk menerima trigger dari lampu dim/ rem..dan mempertahankan signal sekali tersebut sebagai trigger bagi relay yang lain..

Relay kedua digunakan untuk starter.hanya akan aktif jika dan hanya jika relay pertama dan relay ke tiga aktif. (syarat relay pertama aktif dilakukan sekali dim atau sekali injak rem yang dilakukan setelah kunci kontak ada pada posisi ON/IG)

Relay ketiga digunakan untuk membalikan polarity dari output Kunci kontak starter dari + menjadi -. Kemudian mengirimkannya ke relay kedua.

Ada pertanyaan ? bingung ? posting disini…
Ada yang salah tolong dikoreksi ya….
Ada yang lebih sederhana tolong dikasihtau ya……

Relay kaki 5

Dari gambar diatas terlihat bahwa relay ini pada dasarnya sama dengan relay kaki 4 hanya saja memiliki kelebihan..pada terminal ke lima (yang di tengah dengan nama 87a) Relay ini disebut juga sebagai relay pemutus…
contoh :

Pada relay ini lampu yang terletak pada terminal 87a akan nyala ketika relay pada posisi off…sebaliknya lampu akan mati ketika relay on (terminal 87a normally closed).

kalau relay kaki 5 dengan terminal ditengahnya tidak ada huruf “a”nya (87) berarti ini sama saja dengan Relay kaki 4 biasa hanya saja outputnya sudah di cabangkan duluan…jadi bisa menyalakan dua aksesoris sekaligus. Thanks 🙂

Solid-state relay

Solid state relay, which has no moving parts


25 A or 40 A solid state contactors

A solid state relay (SSR) is a solid state electronic component that provides a similar function to an electromechanical relay but does not have any moving components, increasing long-term reliability. With early SSR’s, the tradeoff came from the fact that every transistor has a small voltage drop across it. This voltage drop limited the amount of current a given SSR could handle. As transistors improved, higher current SSR’s, able to handle 100 to 1,200 Amperes, have become commercially available. Compared to electromagnetic relays, they may be falsely triggered by transients.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 2 so far )

Hidrogen generator

Posted on Februari 9, 2011. Filed under: Motor | Tag:, |

Hidrogen Generator adalah suatu alat untuk memisahkan atom hidrogen yang ada dalam air. Sebagaimana kita tahu, air mempunyai rumus kimia H2O yang terdiri dari 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen. Hidrogen dalam air dapat dipisah menggunakan proses elektrolisis maupun dengan frekwensi modulasi pulsa elektronik pada frekwensi tertentu (pulse width modulator). Hidrogen yang telah terpisah dalam air ini sangat mudah terbakar. Hidrogen ini disebut juga dengan hidroksida, hydroxide, HHO gas, dsb.

Membuat Hidrogen Generator Dengan Mudah Di Rumah

Hidrogen generator dapat dibuat sendiri di rumah. Bahan2nya sangat mudah didapat:

  • Sendok minimum 2 biji
  • Tempat air, bisa gelas atau apapun yang lebih aman terbuat dari plastik
  • Baterai, atau adaptor
  • Katalis, yang terbaik dan termudah didapat adalah soda kue

Cara membuatnya:

  1. Masukkan katalis(soda kue) dengan ukuran 1/2 sendok teh per 1 liternya
  2. Masukkan sendok, jangan sampai bersentuhan
  3. Kaitkan sendok dengan baterai/adaptor
  4. Gelembung gas hidrogen akan tercipta

Hidrogen yang tercipta tergantung dari besarnya arus listrik baterai Anda dan banyaknya plat elektroda yang tersambung pada air.

sumber : wikipedia, google 😳

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 3 so far )

Ramalan tahun baru 2011

Posted on Februari 1, 2011. Filed under: Life |

Ramalan Tahun Kelinci
Beberapa hari lagi kita kan mengakhiri penghujung tahun 2010 kembali menyambut tahun baru 2011 , masih ingatkan dengan mama lauren seorang peramal terkemuka indonesia. maksud saya bukan membahas mama lauren akan tetapi menyinggung sedikit tentang ramalan kedepan pada 2011.

Kini beberapa paranormal  mengangkat perbincangan mengenai ramalan tahun 2011 , salah satunya ki kusmoro beliau menyebutkan tahun 2011 merupakan tahun kelinci kayu, yang mana disana akan terdapat banyak keberuntungan. Kita tidak tahu beliau melihat dari segi apa dalam ramalan 2011.

Shio Kelinci

Kelinci menyukai: Kesenian, kenyamanan, rahasia, teka-teki, dan intrik.
Kelinci tidak menyukai: Keputusan, kekerasan, kritik, ketidak-rapian dan kekotoran.

Keberuntungan di Tahun 2011 :

Gambaran Umum
Semangat anda akan mendorong keberuntungan anda, tapi tidak bisa tenang tanpa kekhawatiran karena inisiatif subyektif anda akan memainkan bagian yang genting dalam keberuntungan anda. Ada beberapa ketersendatan di bawah pengaruh bintang kegelapan, tapi anda dapat mengatasinya pada saat yang kritis. Ingatlah bahwa jaringan sosial anda akan banyak mempengaruhi anda dalam karir dan kehidupan. Harmoni akan menghasilkan kelimpahan hasil.Karir
Anda akan berada pada musim panen dalam karir. Kelinci pengusaha akan berada pada situasi beruntung. Ambil saja kesempatan itu, dan anda akan mendapat laba yang lebih dari operasi. Akan ada sejumlah masalah, tapi anda akan mendapatkan pemecahannya dengan ketekunan. Kerja keras anda dan sikap yang baik akan dihadiahi promosi dalam tingkat dan penghasilan. Selesaikan perdebatan dengan lembut untuk menghindari pertengkaran. Orang muda harus memperluas cakrawala pemikiran anda, dengan demikian anda akan memiliki masa depan yang lebih cerah. 

Cinta
Cinta anda agak kelam karena anda terlalu sibuk sehingga tidak sempat untuk menyemarakkan kehidupan cinta anda. Ketika ada ketidak-sepahaman, pasangan atau kekasih tidak ingin memberikan alasan. Terlebih lagi, pecinta muda akan menemui perpisahan.

Tetap tenang adalah cara terbaik. Keberuntungan anda secara umum akan terhalangi oleh kekhawatiran dari kehidupan percintaan dan jaringan sosial, jadi melangkalah dengan hati-hati untuk menghindari usaha sia-sia.Kekayaan
Keberuntungan dalam kekayaan datang dengan keberuntungan dalam karir, tapi tidak persis sama. Keberuntungan anda dalam hal kekayaan begitu tidak stabil sehingga dapat dengan mudah terpengaruhi oleh banyak hal. Hati-hati untuk menghindarkan kehilangan cepat. Jika anda dapat menangani kecelakaan dan konflik secara benar, kerugian anda akan berkurang. Nikmati keberuntungan anda dalam berinvestasi, dan anda akan menemukan dompet keberuntungan ketika anda ramah dalam mengatur dan bekerja-sama. 

Catatan:
* Semua informasi ini adalah gambaran umum tentang orang yang memiliki shio ini dan bukanlah suatu harga mati yang menentukan karakteristik seseorang.
* Pribadi dan perilaku seorang individu dipengaruhi oleh banyak faktor; Shio hanya merupakan salah satu faktor di antara sekian banyak faktor lainnya.
* Harap gunakan informasi tentang shio ini dengan bijaksana dan ingatlah bahwa pada akhirnya Tuhan pula yang menentukan setelah kita selaku manusia telah melakukan usaha secara maksimal.


Ramalan Shio Kelinci tahun 2011Ramalan Tahun 2011 – tahun 2011 ini adalah masuk dalam kategori shio kelinci sebuah binatang yang sangat gesit sekali, sulit untuk di tangkap, tapi ingat sebuah ramalan adalah sebuah prediksi jangan sampai anda terlalu percaya kepada sebuah ramalan ya, ini hanya sebuah pesan dari seseorang yang berpikir logika tentang hidup.

Ramalan shio merupakan sebuah ramalan dengan lambang binatang, seperti shio kelinci tahun 2011 yang berarti lambangnya kelinci juga, di bawah ini adalah ramalan shio kelinci tahun 2011 :

Kepribadian Shio Kelinci
Cinta damai, sikap yang bersih dalam mengejar kehidupan yang baik, pandai dalam bisnis dengan pemikiran kreatif tapi kadang murung dan masa bodoh. Seseorang yang dilahirkan pada tahun Kelinci merupakan satu dari yang paling beruntung di antara kedua-belas simbol binatang. Kelinci, seperti yang digambarkan dalam mitologi China, adalah lambang umur panjang dan dikatakan mendapatkan intisarinya dari bulan.

Kelinci melambangkan keramah-tamahan, kesopanan, nasehat yang baik, baik hati dan sensitif terhadap keindahan. Bicaranya yang lembut dan ketangkasannya yang luwes mencakup semua ciri-ciri yang diperlukan untuk menjadi diplomat yang sukses atau politisi kawakan.

Begitu juga, seseorang yang lahir pada lambang ini akan menuju kehidupan yang tenang, menikmati kedamaian, tenang dan lingkungan yang serasi. Dia tenang dan artistik dan memiliki pertimbangan yang baik. Kecermatannya juga akan membuatnya menjadi pelajar yang baik. Dia akan bersinar dalam bidang hukum, politik dan pemerintahan.

Kelinci menyukai: Kesenian, kenyamanan, rahasia, teka-teki, dan intrik.
Kelinci tidak menyukai: Keputusan, kekerasan, kritik, ketidak-rapian dan kekotoran.

Keberuntungan di Tahun 2011
Gambaran Umum
Semangat anda akan mendorong keberuntungan anda, tapi tidak bisa tenang tanpa kekhawatiran karena inisiatif subyektif anda akan memainkan bagian yang genting dalam keberuntungan anda. Ada beberapa ketersendatan di bawah pengaruh bintang kegelapan, tapi anda dapat mengatasinya pada saat yang kritis. Ingatlah bahwa jaringan sosial anda akan banyak mempengaruhi anda dalam karir dan kehidupan. Harmoni akan menghasilkan kelimpahan hasil.

Karir
Anda akan berada pada musim panen dalam karir. Kelinci pengusaha akan berada pada situasi beruntung. Ambil saja kesempatan itu, dan anda akan mendapat laba yang lebih dari operasi. Akan ada sejumlah masalah, tapi anda akan mendapatkan pemecahannya dengan ketekunan. Kerja keras anda dan sikap yang baik akan dihadiahi promosi dalam tingkat dan penghasilan. Selesaikan perdebatan dengan lembut untuk menghindari pertengkaran. Orang muda harus memperluas cakrawala pemikiran anda, dengan demikian anda akan memiliki masa depan yang lebih cerah.

Cinta
Cinta anda agak kelam karena anda terlalu sibuk sehingga tidak sempat untuk menyemarakkan kehidupan cinta anda. Ketika ada ketidak-sepahaman, pasangan atau kekasih tidak ingin memberikan alasan. Terlebih lagi, pecinta muda akan menemui perpisahan.
Tetap tenang adalah cara terbaik. Keberuntungan anda secara umum akan terhalangi oleh kekhawatiran dari kehidupan percintaan dan jaringan sosial, jadi melangkalah dengan hati-hati untuk menghindari usaha sia-sia.

Kekayaan
Keberuntungan dalam kekayaan datang dengan keberuntungan dalam karir, tapi tidak persis sama. Keberuntungan anda dalam hal kekayaan begitu tidak stabil sehingga dapat dengan mudah terpengaruhi oleh banyak hal. Hati-hati untuk menghindarkan kehilangan cepat. Jika anda dapat menangani kecelakaan dan konflik secara benar, kerugian anda akan berkurang. Nikmati keberuntungan anda dalam berinvestasi, dan anda akan menemukan dompet keberuntungan ketika anda ramah dalam mengatur dan bekerja-sama.

Ramalan ada banyak ternyata, ramalan bintang hari ini juga selalu di buru updatenya, memang semua suka sekali membaca sebuah ramalan, entah percaya atau tidak, tetapi ramalan memang seseuatu yang sangat di cari, termasuk dengan ramalan zodiak, di bawah ini adalah ramalan tahun 2011 yang kami dapatkan dari beberapa situs dari intertnet :

– akan banyak perceraian yang terjadi untuk gosip artis
– semoga bencana alam tidak terjadi
– perekonomian yang meningkat
– teknologi maju pesat

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( None so far )

Linux for Beginners (Yet Another Linux FAQ)

Posted on Februari 1, 2011. Filed under: Teknologi Informasi | Tag: |

  1. Q: Apa itu Linux? Apa bedanya dengan Windows?
    A: Linux adalah sistem operasi, sama seperti Windows. Linux bisa menggantikan Windows, atau diinstalasi bersama-sama Windows dalam satu komputer/hard disk.
  2. Q: Apakah Linux lebih bagus dibandingkan Windows?
    A: Relatif, dilihat dari sudut pandang yang mana. Secara umum Linux unggul dari segi harga (gratis atau sangat murah dibandingkan Windows), kemudahan (proses instalasi sekaligus dengan driver dan aplikasi), keamanan (virus Linux sangat jarang, virus Windows tidak bekerja di Linux), dan fleksibilitas (banyak pilihan distro, tampilan, konfigurasi). Windows unggul di sisi ketersediaan aplikasi, dukungan driver hardware, dan mindset lingkungan yang sudah terbiasa menggunakan Windows dan aplikasinya.
  3. Q: Apakah komputer saya bisa dipasangi Linux?
    A: Bisa. Linux (atau tepatnya distro Linux) tersedia untuk lebih dari 11 platform komputer (Intel x86 32bit [Pentium], AMD 64bit, Itanium [intel 64bit], PowerPC, SPARC, MIPS, Alpha, AS/400]. Linux juga tersedia untuk platform PDA, Sony Playstation, Microsoft XBox, dan Handphone (Motorola ROKR, seri A).
  4. Q: Apakah Linux bisa dipasang di komputer dengan Windows?
    A: Bisa. Ada tiga cara memasang Linux di komputer yang sudah terinstalasi Windows: 1. Partisi ulang hard disk. Linux membutuhkan minimum dua partisi: root (untuk OS dan data) dan swap (virtual memory, sebesar 2 kali RAM). Gunakan program seperti PartitionMagic (komersial) atau Gparted (free) untuk memartisi tanpa format ulang; 2. Instalasikan program virtual machine seperti VMware Server (gratis) lalu buat virtual machine baru untuk menginstal linux di dalamnya; 3. Menggunakan program CoLinux, Linux bisa dipasang bersama-sama Windows dalam satu partisi/hard disk.
  5. Q: Apakah Linux punya tampilan seperti Windows atau hanya tampilan CLI/ala DOS saja? Semudah apakah menjalankan Linux?
    A: Destop Linux sudah lama mempunyai tampilan grafis/GUI. Konsep Linux yang memisahkan antara core (kernel) dan tampilan memberikan alternatif tampilan desktop yang beragam. Dua desktop yang populer adalah Gnome dan KDE. Desktop lainnya antara lain: Xfce, BlackBox, Enlightenment, WindowMaker, AfterStep, dan IceWM. Beberapa desktop dirancang menyerupai Windows dalam pengoperasiannya, beberapa yang lain mempunyai look-and-feel yang lain sama sekali. Namun secara umum, Linux cukup mudah digunakan.
  6. Q: Saya dengar Linux banyak digunakan di server. Apakah Linux cocok digunakan untuk desktop?
    A: Memang, Linux sangat populer di server (terutama web server) karena faktor kinerja dan harga yang bersaing dan juga fleksibilitasnya (dapat dijalankan di hardware manapun). Fleksibilitas ini berarti juga Linux mampu mendukung kebutuhan pengguna desktop pada umumnya. Anda hanya perlu memilih distro yang tepat.
  7. Q: Saya pernah dengar Linux, RedHat, Ubuntu, Fedora, SUSE, Mandrake. Apakah perbedaannya?
    A: Linux adalah istilah generik yang mengacu pada sistem operasi yang menggunakan kernel (inti) Linux, yang pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds. Secara teknis, Linux hanyalah sebuah kernel, yang belum siap pakai sebagai sistem operasi. Agar dapat digunakan, pengembang lain menambahkan tools dan aplikasi sampai siap untuk digunakan yang dinamankan distribusi Linux (distro Linux). Karena sifatnya yang terbuka, ada banyak distro Linux yang dikembangkan oleh komunitas di seluruh dunia. Jadi, menginstal Linux adalah menginstal distro Linux. Nama-nama seperti RedHat, SUSE, Ubuntu mengacu pada distro Linux, yang dikembangkan oleh pihak-pihak yang berbeda. Perbedaan mereka terletak pada komposisi aplikasi dan tools yang dipaket bersama kernel Linux. Secara kasat mata, perbedaan terlihat pada tampilan desktop, cara instalasi, konfigurasi, dan cara menggunakannya.
  8. Q: Distro Linux apa yang sebaiknya saya gunakan (sebagai pemula)?
    A: Lagi-lagi jawabannya sangat relatif. Secara umum, pilihlah distro Linux yang mudah digunakan. Mudah di sini relatif, namun disarankan dua syarat: distro yang mudah digunakan secara teknis, seperti Ubuntu, PCLinuxOS, SUSE, Fedora, atau Mandriva, juga mudah untuk mencari bantuan, dalam hal ini distro yang banyak digunakan di lingkungan Anda. Carilah teman terdekat Anda yang sudah rutin menggunakan Linux dan mintalah referensi untuk distro Linux yang digunakan. Jika Anda menggunakan internet, gunakan DistroWatch untuk memilih distro Linux populer di dunia. Untuk distro Linux Indonesia, cobalah ad-12 Labs.
  9. Q: Di sekitar saya tidak ada yang menggunakan Linux, ke mana saya harus meminta tolong/bantuan jika mengalami kesulitan?
    A: Sumber daya Linux sekarang ini sudah banyak mengalami kemajuan dibandingkan 10 tahun yang lalu. Internet adalah sumber daya terbaik untuk mencari bantuan mengenai Linux. Jika Anda seorang mahasiswa, carilah di klub komputer di kampus Anda, biasanya ada klub pengguna Linux yang bisa membantu. Anda juga bisa menghubungi klub pengguna linux Indonesia (KPLI) di kota Anda atau kota terdekat. Majalah InfoLinux, yang beredar tiap bulan adalah sumber daya tertulis terbaik untuk memperoleh informasi mengenai Linux, dengan binus DVD berisi distro Linux yang bisa langsung dicoba.
  10. Q: Katanya Linux itu gratis, bagaimana cara mendapatkannya? Lalu mengapa ada distro Linux yang dijual, dan ada yang harganya mahal?
    A: Ya, memang Linux dirilis secara terbuka (open source), dalam pengertian kode (source code) yang boleh digunakan secara bebas, asal tidak mengubah lisensi (membatasi kebebasannya). Bebas di sini termasuk bebas dijual dengan harga berapapun. Namun, biasanya yang dijual (bandrol) mahal itu adalah support servicenya, yang ditujukan bagi pengguna korporat yang mengutamakan jaminan operasional. Hampir semua distro Linux tersedia gratis, bahkan yang komersial pun biasanya tersedia versi gratisnya. Anda bisa mendownloadnya tanpa biaya dari internet. Namun, sebagai pemula, Anda disarankan untuk mendapatkan Linux dalam bentuk siap pakai (CD/DVD). Anda bisa membeli di toko yang menjual program komputer (tidak disarankan, karena versi yang tersedia biasanya outdated), membeli di toko yang khusus menjual distro Linux (agak susah dicari secara fisik, biasanya online), mencari di klub komputer/pengguna linux terdekat (Anda biasanya bisa mendapatkan/mengopi secara cuma-cuma), atau membeli majalah/buku komputer yang menyisipkan bonus CD/DVD berisi distro Linux (majalah InfoLinux adalahyang rutin menyediakannya).
  11. Q: Susahkan menginstal Linux bagi seorang pemula? Bagaimana dibandingkan dengan Windows?
    A: Cara instalasi distro Linux sudah sangat maju dibandingkan sepuluh tahun lalu, semuanya berbasis grafis, dan percaya atau tidak, lebih mudah dibandingkan Windows. Kemudahan instalasi Linux karena dalam satu prosedur sekaligus menginstal driver dan aplikasi (Office, Internet, Grafis), dan hanya dibutuhkan sekali restart (Windows membutuhkan minimal dua kali restart). DIstro Linux modern menggabungkan liveCD/DVD yang akan menjalankan sistem Linux langsung dari CD/DVD saat dijalankan (boot dari CD/DVD), bisa langsung dicoba/digunakan, dan bisa langsung diinstalasi dari tampilan desktopnya.
  12. Q: Bagaimana dengan program aplikasi di Linux, apakah seperti yang biasa saya gunakan di Windows?
    A: Oke, memang sebagian besar aplikasi Windows tidak tersedia di Linux. Namun harus diingat bahwa sebagian besar aplikasi populer di Windows bersifat komersial dan berharga relatif mahal bila dibandingkan harga hardware komputer kita. Di Linux, sebagian besar aplikasi bersifat terbuka (open source) dan gratis. Beberapa aplikasi bisa menggantikan aplikasi yang sama di Windows (misalnya OpenOffice untuk menggantikan MS Office, Mozilla Firefox untuk menggantikan Internet Explorer, gimp untuk menggantikan Adobe Photoshop), namun tentu saja tidak sepenuhnya. Bisa dikatakan, fungsi-fungsi aplikasi di Windows (office, grafis, internet, multimedia) juga tersedia di Linux, dan sebagian besar fungsi yang diperlukan bisa dilakukan.
  13. Q: Oke, saya sudah mendapat gambaran mengenai Linux. Bagaimana saya harus memulai?
    A: Yang paling penting, carilah bantuan! (lihat poin 9 di atas). Mintalah saran untuk memilih distro Linux yang tepat. Kemudian dapatkan distro Linux itu dalam bentuk CD/DVD dan cobalah melakukan instalasi sendiri (dengan bimbingan teman Anda). Setelah berhasil, cobalah menggunakan Linux untuk menjalankan aktivitas sehari-hari (mengetik, main game, internet, mendengarkan musik, menyetel film, menggambar, mengedit foto). Kumpulkan masalah yang timbul dan diskusikan kembali dengan teman Anda (atau klub pengguna linux terdekat, atau carilah bantuan di internet). Mungkin dalam jangka waktu tertentu Anda akan bisa melupakan Windows, atau sebaliknya Anda kapok menggunakan Linux dan kembali ke Windows. Hei, ini negara bebas!
  14. Q: Oke, saya sudah cukup menggunakan dual-sistem, bagaimana cara menghapus (unistal) Windows/Linux dari dual-sistem saya?
    A: Untuk menghapus (partisi) Windows, identifikasi nama partisi Windows di linux (biasanya /dev/hda1 atau /dev/sda1) lalu gunakan program fdisk untuk menghapus partisi itu dan membuat partisi baru bersistem LInux (ext3 atau reiserFS). Lalu gunakan program mke2fs atau mkreiserfs untuk memformatnya. Terakhir, mount partisi baru ke file system dan konfigurasi ulang boot manager dengan mengedit file /boot/grub/menu/lst. Untuk menghapus partisi Linux dari Windows, gunakan applet Computer Management dari Control Panel, Administrative tool. Masuk ke disk management, carilah partisi Linux (biasanya berlabel unknown partition), klik kanan pada partisi, pilih delete partition, lalu klik kanan lagi dan pilih create partition, selanjutnya format. Anda juga harus menghapus boot manager (GRUB/Lilo) menggunakan perintah baris FDISK /MBR.
  15. Q: Wah, jawaban Anda terlalu rumit, bisa diperjelas lagi nggak?
    A: Sekali lagi, tidak mungkin untuk membahas semua hal di sini, Anda juga akan jenuh membacanya. Silakan menanyakan hal-hal yang lebih teknis kepada pihak terdekat yang Anda percayai, atau cari bantuan di internet. Penulis dengan senang hati akan melayani pertanyaan Anda via comment atau e-mail (imamindrap at yahoo dot com). Sebutkan nama, pekerjaan, spek komputer (hardware dan software) dan distro Linux yang sedang/akan digunakan. FAQ ini akan terus dikembangkan dan diperbaiki jika diperlukan. Selamat Mencoba!sumber : http://prayudi.blog.friendster.com/2008/03/03/linux-for-beginners-yet-another-linux-faq/
Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 2 so far )

Distro Linux paling populer

Posted on Februari 1, 2011. Filed under: Teknologi Informasi |

LinuxDistribusi (distro) Linux mana yang paling populer saat ini?

Meskipun jelas bahwa Ubuntu merupakan salah satu distro Linux paling populer saat ini, tapi bagaimana dengan distro-distro lainnya? Kita bisa mengetahui sepuluh distro Linux paling populer saat ini, salah satu situs yang sering menjadi acuan adalah distrowatch.org.

Berikut ini kesepuluh distro Linux yang paling populer:

10. Puppy Linux

Puppy Linux tidak hanya populer tapi juga merupakan yang terkecil yang dapat dijalankan dari drive USB atau CD. Besar file intinya cuma 50MB dan sudah termasuk desktop.

9. Arch Linux

Walaupun namanya jarang kita dengar, namun Arch Linux ternyata cukup populer di pengguna yang sudah berpengalaman. Arch menggunakan sistem manajemen paket tersendiri, yang disebut Pacman, yang tujuannya agar mudah untuk digunakan serta kuat.

8. Sabayon

Awalnya ada Gentoo, sebuah versi Linux yang memungkinkan para pengguanya membangun tiap dan semua paket dari source code, idenya bahwa aplikasi-aplikasi yang dibangun untuk hardware tertentu memiliki kinerja lebih baik dibanding dengan yang dibangun generik. Sabayon dibangun berdasarkan ide yang serupa.

7. Mandriva

Ideal untuk mereka yang baru menggunakan Linux, Mandriva dirancang biar penggunaannya menjadi semudah mungkin. Namun karena permasalahan keuangan yang mendera, perkembangan Mandriva seolah menjadi ikut terhambat.

6. Debian

Debian merupakan salah satu distro tertua dan paling penting, dan masih merupakan bagian inti dari komunitas Linux. Menurunkan begitu banyak distro turunan, seperti Knoppix dan Ubuntu.

5. PCLinuxOS

PCLinuxOS merupakan distro turunan dari Mandrake, yang akhirnya kemudian dibeli oleh Connectiva pada tahun 2005 dan berubah menjadi Mandriva. Salah satu kekuatan PCLinuxOS adalah komunitas yang sangat aktif yang secara terus menerus mengembangkan distro tersebut.

4. OpenSUSE

Salah satu rilis Linux yang cukup lama, OpenSUSE merupakan edisi komunitas sistem operasi Linux Suse yang dimiliki oleh Novell. OpenSUSE sangat mudah digunakan dan salah satu yang menjadi kekuatannya adalah YaST (Yet another Setup Tool), sebuah tool konfigurasi grafis yang menjadikannya mudah digunakan.

3. Linux Mint

Linux Mint berbasis Linux Ubuntu namun bertujuan untuk menjadi lebih ramah digunakan dibanding Ubuntu. Salah satu yang membedakan Linux Mint dari Ubuntu adalah penyertaan dukungan multimedia secara penuh dan juga memiliki sebuah tool konfigurasi spesifik Mint agar mudah digunakan.

2. Fedora

Linux Fedora merupakan edisi komunitas dari Linux Red Hat dan cenderung lebih ke arah percobaan. Banyak fitur-fitur yang awalnya dites di Fedora kemudian juga disertakan dalam rilis komersial Red Hat.

1. Ubuntu

Ubuntu yang dikembangkan oleh Mark Shuttleworth sudah jelas merupakan distribusi Linux paling populer sekarang. Berbasiskan Debian, Ubuntu dirancang agar ‘dapat berjalan begitu saja’ dan populer di kalangan pengguna awal maupun mereka yang sudah lama menggunakan Linux. Dan sebab lainnya adalah pengembangan konstan dengan merilis distro versi baru setiap enam bulan sekali.


KUMPULAN MIRROR ISO/REPO DISTRO LINUX POPULER

Post: #1
5 Mar 2010 18:09

[Image: centos.png]

[Image: debian.png]

[Image: gentoo.png]

[Image: mandriva.png]

[Image: fedora.png]

[Image: slackware.png]

[Image: suse.png]

[Image: ubuntu.png]

[Image: zenwalk.png]

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( None so far )

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: