Review Bajaj XCD 125

Posted on Februari 17, 2011. Filed under: Motor |



Produk Motor yg 1 ini  mungkin bagi beberapa orang belum banyak yg tahu. ya maklum lah penjualannya tidak selaris motor-motor yg udah pasaran pada umumnya seperti pabrikan onta eh Honda ataupun YangMahal eh Yamaha😳

XCD adalah produk Motor Bajaj sport pemula. mengapa disebut pemula ? karena sebagian masih mirip bebek diantaranya :
1.  pola pengoperasian gigi perseneling sama seperti motor bebek, naik ke bawah , turun ke atas. sedang motor sport/laki umumnya pakai sistem congkel yaitu pas gigi 1 ke bawah, naik ke atas.. sebenernya ada keuntungannya yaitu ga ngerusak sepatu🙂

2. tidak memiliki tachometer/ RPM.  padahal semua motor tipe sport umumnya memilik RPM meter.

3. gigi perseneling cuma 4. lagi-lagi versneleng😳
4.harga nya mirip bebek, rata2 sekarang motor sport laki minimal harganya sekitar 15 jt an😀
karena dengan harga yg hingga saat ini termasuk termurah (kecuali MoChin/Motor China)
5.suara mesin cenderung lebih kasar/berisik daripada motor2 bebek, mungkin krn. memang disain mesinnya darisananya udah begitu..
6.banyak yg bilang kalau mesin ini panas (cepat overheat) ya solusinya adalah menggunakan oli/pelumas yg lebih kental / sesuai buku panduan yaitu SAE 20W-50 . atau kalau mau extreme, di modif dengan pasang oil-cooler.

tapi meski terkesan motor ga jelas, sebenarnya XCD ini memiliki kelebihan-kelebihan lain yg bisa dipertimbangkan.
kelebihan itu diantaranya adalah :
1. konsumsi BBM / bahan bakar murah eh mahal:mrgreen: yg SUPER SANGAT IRIT . bahkan sudah kebuktian masuk rekor MURI . apalagi jika nanti subsidi BBM di-STOP😯
juga posisi Riding/berkendara yg Ergonomis alias Nyaman..dengan posisi yg tidak terlalu nunduk/rebah maka lebih nyaman(ga bikin pegel pinggang) jika dikendarai lama misal Touring.

mengapa bisa sangat irit ? tidak lain karena Teknologi yg dimilikinya yaitu :

Digital Twin Spark – Swirl induction (DTS-Si system)

Pengapian – Busi Ganda Digital atau DTS- i adalah teknologi induk untuk teknologi terbaru Induksi Pusaran – Busi Ganda Digital atau teknologi DTS-Si.

Terima kasih kepada DTS-i, pembakaran yang cepat sehingga menghasilkan peningkatan tekanan yang cepat dimanfaatkan, dengan secara optimal memposisikan tekanan ini, untuk memberikan kerja maksimum yang mungkin sehingga mendapatkan torsi lebih besar, efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan emisi yang lebih rendah.

Saat membakar campuran Udara-Bahan Bakar yang lemah, kedua busi memberikan pembakaran yang cepat, tetapi pada beban yang rendah, sehingga tercipta kesempatan untuk meningkatkan pembakaran lebih lanjut.

Efisiensi pembakaran pada kondisi campuran Udara-Bahan Bakar yang lemah lebih jauh dapat ditingkatkan dengan membangkitkan turbulensi yang kuat dalam ruang pembakaran.

Ruang pengapian dengan turbulensi rendah akan meningkatkan propagasi dari jilatan api, yang sama dengan balon yang membesar secara perlahan. Hal ini menyebabkan tingkat pembakaran yang lebih lambat dan akibatnya peningkatan tekanan yang lambat. Hasil akhirnya adalah efisiensi yang lebih rendah.

Saat dibangkitkan turbulensi yang kuat dan terjadi pembakaran, permukaan dari jilatan api yang membesar terbagi-bagi dengan sendirinya, dengan proyeksi seperti jari-jari, yang meningkatkan luas permukaannya, sehinga lebih meningkatkan pembakaran.

Saluran lurus yang digunakan pada mesin-mesin konvensional memiliki batasan dalam membangkitkan nilai-nilai pusaran yang tinggi oleh karena geometri mereka. Salah satu cara membangkitkan lebih banyak pusaran adalah memiliki konfigurasi saluran yang mempromosikan fenomena ini. Suatu konfigurasi saluran imbangan telah tiba dan dioptimasi untuk membangkitkan jumlah pusaran yang dibutuhkan.

Digabung dalam mesin yang baru, hal ini menghasilkan gerakan pusaran dari muatan yang datang, yang meluruhkan diri menjadi turbulensi saat piston bergerak dalam hentakan Induksi dan Kompresi. Hal ini menghasilkan campuran Udara-Bahan Bakar menjadi lebih tercampur dan tersebar ke seluruh ruang pembakaran. Api yang tercipta oleh busi ganda menyalakan pusaran campuran Udara-Bahan Bakar yang sangat tinggi dan terkompresi, sehingga mnghasilkan jilatan api dengan luas permukaan yang lebih luas, akibatnya tekanan meningkat cepat akibat cepatnya pembakaran. Nilai-nilai turbulensi yang dicapai kini, secara substansial lebih tinggi dari nilai turbulensi pada kepala silinder saluran lurus, seperti pada Pulsar. Suatu kombinasi DTS-i dan induksi pusaran kini menghasilkan pembakaran yang sangat cepat, dan menghasilkan efisiensi tinggi.

Saat ini sistem pembakaran dengan dua busi ini sedang dipatenkan oleh Bajaj Auto Ltd (Digital Twin Spark Ignition).


Keuntungan Teknologi DTS-i

Waktu pengapian diatur secara digital menghasilkan waktu pengapian yang tepat dan akurat, proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara secara cepat dan sempurna sehingga menghasilkan:

ExhausTEC

ExhausTEC adalah inovasi lain pada sepeda motor buatan India dari Bajaj Auto. Sebagaimana namanya, artinya adalah sesuatu yang berkaitan dengan “saluran pembuangan” dari sepeda motor. “TEC” adalah kependekan dari “Torque Expansion Chamber”.

Pipa knalpot pada motor-motor ini memiliki “Torque Expansion Chamber” yang terpasang padanya yang terletak di bagian bawah mesin (seperti diperlihatkan pada foto di bawah).

Apa yang dilakukan Torque Expansion Chamber ini? Pertama kita harus memahami apa itu “Torsi” dan apa gunanya pada sepeda motor. Torsi adalah “gaya puntir” yang memutar roda-roda dari sepeda motor.

Adalah torsi yang bertanggug jawab untuk menggerakkan/memacu pada kecepatan rendah. Lebih banyak torsi pada kecepatan rendah berarti akselerasi atau pick up pada kecepatan rendah akan bagus.

Torque Expansion Chamber (TEC) meningkatkan proses keluaran dari gas buang dan juga dirancang untuk menciptakan perbedaan tekanan didalam pipa knalpot. Perbedaan tekanan dalam pipa knalpot ini menciptakan ruang hampa yang membantu menarik tambahan capuran udara-bahan baker pada kecepatan mesin rendah dan akibatnya meningkatkan torsi mesin pada putaran rendah tanpa mengkompromikan putaran mesin menengah atau tinggi.

Keuntungan dari fitur ini adalah bahwa pick up yang bagus tersedia mulai dari kecepatan mesin rendah sehingga terdapat sedikit kebutuhan untuk berpindah gigi pada kondisi alu-lintas berhenti-jalan.

SNS (Spring In Spring Suspension)

SNS Atau “Spring In Spring Suspension” merupakan teknologi yang telah dipatentkan oleh Bajaj Auto Limited India, hasil dari riset R & D demi memberikan sebuah kepuasan dalam berkendara dan nilai lebih sebuah kendaraan. SNS merupakan teknologi yang diterapkan untuk memberikan kenyamanan ekstra pada suspensi belakang. Teknologi ini memungkinkan adanya dua pegas dalam satu batang suspensi yang mana masing-masing pegas mempunyai ketegangan yang berbeda. Tegangan pegas tersebut dapat disetel dengan bantuan kem stelan 5 tingkat disesuaikan dengan kondisi beban dan jalan menurut keperluan individu.

Keunggulan Suspensi SNS :

• 1. Dua pegas co-axial beroperasi secara bersamaan, memberikan keunggulan pegas tingkat tiga. (Tingkat tiga disini adalah tiga tingkatan pegas, pegas rapat, renggang dan sangat renggang).
• 2. Suspensi lebih nyaman dibanding suspensi pegas tunggal biasa.
• 3. Menahan beban lebih efektif bahkan pada kondisi jalan kasar.
• 4. Masa pakai lebih lama.
• 5. Biaya perawatan lebih hemat

dan yg lebih istimewanya lagi adalah ATPM ( BAI/ bajaj auto indonesia) kadang-kadang suka memberi discount atau bonus berupa cashBack , Helm/Jacket, dll. Saat ini harga pasaran On The Road Rp. 13,5 jt

sebenernya ada versi yg lebih mantap atau keren dari XCD ini di india sana. namanya XCD Sprint cuma sayang gak masuk ke indo sini..😥

Namun diantara kelebihan-kelebihan yg ditawarkan ada juga beberapa kekurangan XCD yg owe alami berdasarkan pengalaman yaitu :
1. Mesin berisik / suaranya kasar ga sehalus motor2 sejenis misal thunder 125.
hal ini mungkin disebabkan lebih karena teknologi produksi di India masih belum secanggih/presisi motor2 jepang😥
mesin berisik penyebab :

a.cetakan komponen kurang presisi/renggang sehingga banyak terjadi gesekan antar parts.
b.kualitas material/bahan kurang bagus (harusnya menggunakan alumunium sebagai penghantar panas terbaik tapi di XCD separuh blok mesinnya bagian bawah terbuat dari besi -> test menggunakan magnet klo nempel ya berarti besi gampang khan ? anak SD aja tau😆 )
c. pendinginan kurang akibatnya komponen jadi memuai sehingga ukurannya membesar tidak karuan.
pendinginan kurang penyebabnya antara lain :

  • oli mesin jelek kualitasnya, terlalu encer, kurang banyak
  • panas mesin tidak terbuang dengan sempurna
  • sirip2 pendingin mesin / HEATSINK berukuran kecil -> panas mesin kurang cepat terbuang.
  • BBM jelek misal bensin oplosan / pinggir jalan, kotor, kecampur air, banyak pasir, dll.

d. komponen mesin sudah banyak yg aus (motor2 lama) otomatis ukuran komponen tidak presisi.

mesin kasar/berisik akibatnya -> panas -> oli cepet nguap abis, knocking/ngelitik, bikin malu😳 , getaran kencang -> boros BBM, oli, jeroan mesin lebih cepat jebol/aus -> pemborosan kantong/dompet😯

2. motor sport tanggung -> pola pengoperasian perseneleng masih = bebek😦 gigi cuma 4 gear. ga ada RPM meter.

3. CDI standard di-limit -> Top Speed hanya sekitar 85-90 KMH

SOLUSI =>

  1. menggunakan oli mesin yg berkualitas bagus (min. SAE 20w50. API Service setinggi mungkin. volume jangan sampe kurang)
  2. pake kipas tambahan untuk membantu pendinginan mesin. misal kipas CPU.
  3. modif lebih extreme yaitu pasang oil-cooler akan sangat membantu pendinginan mesin..
  4. settingan AFR jangan terlalu kering tapi jangan juga terlalu basah. harus ideal yaitu warna busi merah bata/coklat.
  5. pake BBM yg berkualitas(oktan tinggi, bersih, gak bau) misal SHELL / Petronas / Total😯 sehingga mesin lebih bersih & mengurangi knocking.

 

 

 

 

The Bajaj XCD sprint will follow the line of bold and stylish 125 cc bikes. It will be powered by a 4 valve, DTSi engine developing 12.5PS of peak power and 10.3Nm of peak torque at 6500rpm. 5 speed tranmission transmits power to the rear wheel. Nitrox Gas charged suspension is used at the rear, LED tail lamps and LCD console are other distinct features of the Bajaj XCD sprint. The Bajaj XCD sprint is expected to be priced around Rs50,000 and will compete with TVS Flame and Honda CBF stunner.

hmm mirip banget sama Pulsar 135 LS kan.. :lol:  bagaimana pendapat anda.. manteph khan produk yg 1 ini:mrgreen:

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

8 Tanggapan to “Review Bajaj XCD 125”

RSS Feed for Willy Kk Blog – My Heart Voices Comments RSS Feed

ada yg mau ganti motor nih:mrgreen:

http://extraordinaryperson.wordpress.com/

ga kk, cuma iseng2 bikin review krn. ade ku udah punya jadi tau😳

Wah….kalau 13.5jt di jamin laku dah :mrgreen:

Mantabs bro, kapan test ridenya nih?

xcd sprint adl pulsar 135 dg beberapa perubhn. Akhrnya ad yg bhas xcd, ane numpak xcd.

bukannya udah ngga diproduksi di indianyasaya juga pake keluaran taun 2009.seminggu dari tanggal pembelian baru ada berita xcd discontinued.

di indramayu ada yg punya xcd juga tuh ga banyak sih yg pasti punya gue dong


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: