Efek Samping Susu Kedelai

Posted on Januari 3, 2012. Filed under: Health |

Efek Samping Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan alternatif yang lezat untuk susu sapi. Hal ini populer di kalangan vegan, vegetarian atau mereka yang hanya ingin mengurangi atau mengganti produk susu dalam diet mereka. Susu kedelai tersedia dalam berbagai rasa, termasuk kopi, teh hijau, vanili dan coklat. Tapi apa pun rasanya, anda harus menyadari bahwa terlalu banyak susu kedelai dapat menyebabkan masalah.

Untuk Wanita dan Pria

Susu kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon, yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker payudara. Pada wanita, susu kedelai dapat juga berkontribusi terhadap kanker endometrium. Masalah lain yang potensial adalah ketidaksuburan. Susu kedelai dapat menyebabkan penyimpangan dalam saluran reproduksi, penyimpangan yang pada akhirnya dapat menghambat kemampuan untuk memiliki anak. Laki-laki dapat secara negatif dipengaruhi oleh tingginya tingkat Phytoestrogen dalam susu kedelai. Phytoestrogen dapat menurunkan testosteron, dan kadar testosteron rendah dapat menyebabkan peningkatan risiko osteoporosis dan penyakit kardiovaskuler, penurunan dorongan seksual, kelelahan, kelemahan otot dan pertambahan berat badan. Susu kedelai juga dapat mempengaruhi produksi sperma.

Untuk Anak

Gangguan belajar termasuk disleksia dan gangguan dalam memperhatikan telah dikaitkan dengan mineral yang disebut mangan, yang hadir dalam susu kedelai di tingkat yang jauh lebih tinggi dibandingkan ASI atau susu sapi. Susu kedelai juga dapat mempengaruhi pankreas, sehingga menimbulkan masalah pertumbuhan. Estrogen dalam susu kedelai bisa berbahaya bagi bayi, dan phytoestrogen dapat menyebabkan pubertas dini pada remaja. Selain itu, orang yang menderita asma, radang paru-paru yang mempengaruhi sekitar tujuh juta anak-anak, rentan terhadap sakit kronis yang disebabkan ketika inhibitor enzim protein dalam susu kedelai menghalangi aktivitas enzim yang membantu pencernaan protein.

Untuk Semua

Mengkonsumsi susu kedelai dapat mengakibatkan berbagai masalah lain seperti pilek, jerawat parah, masalah perut, kelelahan, demam, eksim dan hidung tersumbat. Asam fitat dalam susu kedelai dapat menurunkan penyerapan beberapa vitamin dan mineral, dan isoflavon dapat menyebabkan kanker seperti kanker tiroid dan leukemia. Susu kedelai mengandung kadar tinggi dari aluminium, yang dapat membebani ginjal dan sistem saraf, memperlambat denyut nadi dan menyebabkan pusing dan mual. Shock anafilaksis dan kesulitan menelan bisa terjadi pada kasus yang jarang terjadi. Susu kedelai juga dapat mempengaruhi siklus tidur.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

4 Tanggapan to “Efek Samping Susu Kedelai”

RSS Feed for Willy Kk Blog – My Heart Voices Comments RSS Feed

penelitian yg menyebutkan efek negatif kedelai sangat merugikan si peminum sepertinya masih sebatas penelitian yg tidak diakui,..liat dulu kedelai apa yg di konsumsi apa ada rekayasa genetik? sudah organik kah? standart mutu? atau melewati HACCP ( hazard analysis critical control point ), ..mungkin bahan yg di ambil sampel tidak di sebutkan dr sumbernya..

wew… darimana tuh sumbernyaa??? koq kynya meragukan bgt tuh kebenarannya… setau sy sih susu kedele mlh bgz buat kesehatan..
kl kasih berita jgn cuma asal”an donk… sebutkan sumbernya… jgn jd penyebar berita yg tdk bs dipertanggung jawabkan…🙂

lha kalau yang ini malah bikin takut minum susu kedelai karena efeknya seolah2 lebih membahayakan dari akohol.. penelitian yang tidak ada kejelasannya yang membuat bingung..

sy baru mulai minum susu kedelai karena banyak manfaatnya,tapi memang seburuk itu efek sampingnya??kalo boleh taw sumbernya dr mana sih?


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: