Memperlambat Proses Penuaan Kulit.

Posted on Januari 9, 2012. Filed under: Health |

Agar Tubuh dan Kulit Selalu Awet Muda.

Pemberian gizi yang tepat, sesuai dengan kebutuhan tubuh dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah timbulnya berbagai penyakit. Kelebihan atau kekurangan zat-zat gizi yang berlangsung dalam kurun yang relative lama akan menyebabkan gangguan kesehatan tubuh. Termasuk terganggunya kesehatan kulit. Kulit akan tampak kusam, terlihat lebih tua, dan keriput.

Untuk mendapatkan kesehatan yang optimal, tubuh memerlukan sumber makanan yang mengandung energy dan zat gizi. Jumlah energy yang dibutuhkan tergantung pada berat badan, usia, jenis kelamin, dan aktivitas.

Secara alamiah proses penuaan selalu terjadi setiap saat. Makin tua usia seseorang, kebutuhan energy per kilo gram berat badan semakin berkurang. Sehingga berat badan akan cenderung meningkat dengan tambahnya usia, badan akan menjadi lebih gemuk. Untuk itu, menambah jumlah aktivitas sangat disarankan untuk dapat menahan laju panambahan berat badan.

Pada usia yang semakin tua, organ tubuh akan mengalami penurunan fungsinya. Penurunan ini dipengaruhi oleh perubahan fungsi hormonal dan berkurangnya kemampuan penggantian jaringan atau sel. Turunnya fungsi organ tersebut akan menyebabkan kulit kekurangan cairan,  wajah tampak tua, pucat, kering,  otot mengendur dan rambut memutih.

Proses penuaan kulit berlangsung pada usia sekitar 30 tahun ke atas. Awalnya penuaan berlangsung sangat lambat, namun dengan bertambahnya usia, penuaan akan semakin cepat. Penuaan kulit ditandai dengan munculnya garis-garis halus permanen disertai menurunnya kekenyalan jaringan kulit. Timbul bercak atau bintik-bintik kecil di wajah berwarna kecoklatan dan andeng-andeng.

Cara Memperlambat Penuaan.

Metoda yang dapat menahan laju penuaan antaranya adalah dengan mempergaruhi proses ikatan silang atau cross linkage, dan mengurangi radikal bebas. Teori ikatan silang menjelaskan bahwa ikatan silang terjadi di dalam molekul atau di antara molekul-molekul.  Proses ikatan silang ini akan mengganggu fungsi normal dari molekul-molekul yang ada di dalam tubuh. Jika ikatan silang terjadi pada molekul DNA atau RNA, maka kemampuan untuk membentuk protein akan terganggu. Pengaruh selanjutnya adalah protein menjadi tidak berfungsi dengan baik. Diketahui bahwa protein sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Radikal bebas merupakan molekul yang sangat reaktif dan terbentuk dalam proses oksidasi di dalam metabolisma asam lemak atau asam amino. Kehadiran Radikal bebas akan menyebabkan rusaknya sel-sel dan terbentuknya radikal bebas baru secara berantai. Secara alami tubuh akan mengendalikan radikal bebas dengan membentuk enzim. Jika enzim yang tersedia tidak mencukupi, maka kerusakan sel akan mudah terjadi.

Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Dan Kulit.

Melakukan olahraga rutin dan mengatur pola makan merupakan metoda yang  cukup efektif dan mudah untuk mengahambat proses penuaan dini. Jarang berolahraga dapat menyebabkan turunnya fungsi organ tubuh terutama jantung dan paru-paru. Dengan melakukan olah raga  akan meningkatkan fungsi organ tubuh, termasuk jantung. Sehingga aliran darah akan lancar, nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh akan terdistribusi dengan baik, termasuk ke bagian kulit, regenerasi sel dan jaringan kulit akan berjalan dengan baik. Sel kulit yang mati akan segera tergantikan dan kulit akan mendapat suplai nutrisi dan cairan dengan cukup, kulit akan tampak sehat dan tidak kering.

Pilih Bahan Makanan Agar Kulit Awet Muda.

Mengkonsumsi makanan yang memilki sumber antioksidan dapat menahan atau menghambat ikatan silang dan serangan radikal bebas. Vitamin C dan E merupakan vitamin mengandung antioksidan yang dapat menghambat proses ikatan silang dan menanggulangi pengaruh buruk radikal bebas. Makanan yang mengandung Vitamin C misalnya buah sirsak, jeruk, dan sebagian besar sayur-sayuran seperti bayam dan brokoli. Sedangkan umber vitamin E dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan seperti, biji-bijian, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Baca artikel lain tentang  kesehatan kulit dan wajah, Klik Judul Di Bawah

1. Fungsi Kulit Bagi Kesehatan Tubuh.

2. Vitamin Untuk Kesehatan Kulit.

3. Penyebab Kulit Keriput.

4. Pengarh Sinar Ultraviolet Pada Kesehatan Kulit.

3 Tanggapan to “Memperlambat Proses Penuaan Kulit.”

RSS Feed for Willy Kk Blog – My Heart Voices Comments RSS Feed


Komentar ditutup.

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: