YAMAHA JUPITER MX VS HONDA SUPRA X 125

Posted on Maret 24, 2014. Filed under: Jupiter MX / T135 / Spark, Motor, Yamaha | Tag: |

Sungguh menarik artikel ini, jujur sy setelah membaca dan merenungkan jadi terkesima. Akhirnya pun sy selaku pemilik dan sekaligus rider supra mulai merasakan fakta ini.

Akhirnya SUPRA x 125 pun dijual dan puji Tuhan sy dikasih promo spesial dari adik sy supaya membeli motor new jupiter mx dia thn 2013 dengan harga hanya 10 jt saja. Sementara harga pasaran masih sekitar IDR 14 jutaan.

Kenapa sy jual supra sy?

1. Motor sudah cukup berumur yaitu 7 th lebih pemakaian dan jarak tempuh sudah cukup besar KM 61300 ++ sudah gitu cukup banyak problemnya mulai Dari shock belakang yg sudah mati, juga shock depan sptnya ikut2an Malah😦

2. Sudah banyak problem / penyakitnya.. Terutama di mesin yg sudah berbunyi aneh + berisik, setelah sy bw ke bengkel ketauan kalo setang piston sudah aus, dll. Dan total2 biaya perbaikan bisa >1 jt.
Belum lagi kalo bengkelnya jelek / kurang bagus dan belum tentu keawetannya sampe kapan..

3. Segi power n akselerasi kalah jauh dibanding mx, meski sudah dimodif seperti apapun percuma, meski sy memang belum modif mesin karena pun percuma yg ada malah akan mensiksa mesin.

4. Durabilitas/keawetan mesin
Bukan berarti sy vonis kalo honda supra itu mesinnya jelek..namun mungkin dengan kondisi jalanan yg ‘selalu’ macet asumsinya, maka mesin2 berteknologi lama terutama yg cuma berharap dengan pendinginan udara maupun oi cooler pun, sy rasa akan tersiksa mesinnya jika saat sedang bermacet ria  dan panas. Akibatnya pasti komponen mesin akan cepat aus dan akhirnya harus turun.

5. MX memiliki banyak fitur, teknologi, keunggulan mutlak yg tidak dimiliki di sx(supra x) sy rasa semuanya yg cukup melek motor pasti sudah tau.

Dll.

Kesimpulan :

1. Motor yg sudah berumur / tua apalagi jika perawatan jelek maka akan lebih sering problem.

2. SUPRA hanyalah motor biasa, sampai kapanpun tidak akan pernah bisa mengalahkan MX. terutama dalam hal power dan akselerasi.

3. Supra lebih irit konsumsi bensinnya daripada MX(karena Cc lebih kecil). sehingga cocok untuk orang yg tidak terlalu memusingkan masalah power terutama yg ingin irit.

4. Durabilitas mesin MX lebih kuat & lama daripada supra (karena penggunaan teknologi+fitur canggih tersebut)

5. Teknologi MX lebih canggih daripada SUPRA sehingga asumsi sy Yamaha Motor Indonesia sampai saat ini masih menang melawan AHM(Astra Honda Motor).

6. SpeedoMeter supra lebih canggih karena sudah DIGITAL daripada MX yg masih ANALOG (pakai kabel), sehingga tidak akan pernah putus itu kabel speedo.
Meski sebetulnya hal ini bukan merupakan masalah besar.

7. batok kepala SUPRA lebih cepat retak / pecah. hal ini sudah sy alami entah mungkin karena disainnya yg kurang presisi / sekrup yg digunakan kurang pas.

8. MX lebih berat bobotnya daripada SUPRA.

9. Aki MX lebih besar (5 Ampere) daripada Aki SUPRA (3.5 Ampere)

10. getaran MX lebih sedikit daripada SUPRA, terutama saat kecepatan / RPM tinggi.

11. Supra x 125 menang disain/stripping, feature bagasi saja, mesin masih sama dengan model awal, cuma ditambah injeksi PGM-FI.

12. Mesin motor bekerja jauh lebih keras/berat daripada mesin mobil, sehingga dibutuhkan perawatan yg lebih.

13. Tidak adil jika sx diadu lawan mx (karena sx sudah pasti kalah jauh & telak)
Mungkin karena harga jualnya hampir sama akhirnya Malah diadu..

entah mengapa motor SUPRA saya jadi problem begini.. padahal sy selalu menggunakan oli yg berkualitas bahkan melebih spek pabrikan (pakai oli STP 4T SAE 20w-50 API SL) + servis rutin.

saya sangat berterima kasih / bersyukur masih ada pembeli yg mau membeli motor warisan ortu saya ini.. oleh karena itu saya memberi bonus tambahan cukup banyak & dengan harga yg lumayan murah juga.

bukan maksud sy menjelek-jelekan honda supra, namun sy hanyalah seorang blogger & juga pemakai/pengguna motor ini, sehingga sy hanya ingin mencurahkan isi hati saja..

mohon maaf jika ada yg kurang suka / merasa ditekan, segala caci maki & pujian sy terima dengan senang hati.:mrgreen:

Artikel asli dari http://supra125holic.blogspot.com

Tabloid Otomotif Edisi 33:XV memuat “Test Ride Yamaha Jupiter MX135LC.” Di sana dijelaskan keunggulan & sedikit kelemahan MX. Tidak lupa disertai tabel hasil pengukuran performa MX. Yang menarik adalah 2 halaman di belakangnya yang memuat artikel berjudul: “Tes Honda Supra X 125 vs PGM-FI, Bagaikan Bumi & Langit.” Artikel ini mengulas perbandingan performa antara Supra X 125R (tampilan full racing) dengan Supra X 125 PGM-FI (injeksi). Lengkap dengan tabel performa keduanya.

Mengapa aku mengatakan “menarik”? Yap, karena aku lebih cenderung membandingkan Jupie MX dengan Supra PGM-FI. Berikut adalah data head-to-head ke-2nya.

Tampak bahwa jika Supra X 125R langsung dibandingkan dengan MX, maka bebek mahal Honda ini jelas diasapi MX yg harganya lebih murah. Dengan keluarnya MX, tampak Honda bagai kebakaran jenggot. Dan akhirnya Honda mendongkrak pamornya dengan mengeluarkan Supra X 125 PGM-FI walau dengan wajah lebih culun dari pada versi R. Mungkin agar harganya tidak terlalu mahal? Yg jelas harganya saja sudah lebih mahal 1,5 juta dari pada versi karburator.

Wah, berarti harganya lebih mahal 2 jutaan lebih dari pada Jupie MX dong? Tapi apakah performa bisa mengungguli MX? Ternyata tetap “diasapi” oleh MX. Walau pun demikian, PGM-FI & R tetap lebih irit dari pada MX.

Sekedar simulasi, jika harga terpaut 2 juta, Anda akan pilih mana? Motor keren dengan kinerja tinggi atau motor culun yg irit tetapi muahaaal harganya? Catatan: dengan 2 juta rupiah Anda dpt membeli bensin 200 kali dengan asumsi setiap kali isi Rp. 10.000 (aku kalau isi bensin biasanya cuma segitu). Kalau sebulan kurang lebih 10 kali isi bensin, berarti dengan duit segitu bisa untuk mengisi bensin 20 bulan. Astaga!!! Hampir 2 tahun (kurang 4 bulan).

Akhirnya, dengan berat hati, aku mengatakan bahwa Yamaha Jupiter MX amat-sangat lebih murah dengan selisih harga yg jika dikonversi dalam bentuk bensin, Anda akan mendapatkan keuntungan isi bensin 20 bulan. Tidak salah & tidak menyesal sedikit pun aku membeli Yamaha Jupiter MX.

(sumber : Tabloid Otomotif Edisi 33:XV)

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

48 Tanggapan to “YAMAHA JUPITER MX VS HONDA SUPRA X 125”

RSS Feed for Willy Kk Blog – My Heart Voices Comments RSS Feed

#Mantab
I Like That

#Joss

mx kalah star ! + booross + keliatan motor orang kampung+ kemurahan bgt + busi didlaem + susah buat bongkar* mesin dan segala ribet mau buka mesin + gak ada bagasi + tanknya kecil +

🙂 ga ada yg sempurna brot.. MX itu dibuat sebagai model motor balap sirkuit, jadi wajar kalo ga ada bagasinya,

http://global.yamaha-motor.com/news/2005/0920/t135_ir.html

keliatan motor orang kampung -> ente kali yg orang kampung ya ? atw ente ngiler pengen MX tapi ga mampu ?😆 peace

boros ? ga juga tuh, relatip sih, bukan masalah buat gw, beda dikit ga ngaruh, daripada irit2 tapi mesinnya cupu (ga ada power, tarikannya loyo)

tanknya kecil ? 4 liter bos, masih ngalahin supra x yg cuma 3.7 liter😆

susah buat bongkar ? emang, ngapain gw bongkar2 mesin MX yg jauh lebih rumit daripada supra x ?

maaf sebelumnya, sebenarnya tujuan artikel ini buat apa yaa ?? . . .

hayo tebak.. masa gitu aja gatau… haiyah..
1.sy cuma mau membuktikan kalo secara overall Jupiter MX / T135 MENANG MUTLAK kalo diadu sama Supra X125. (toh sudah ada & banyak blog2 lainnya yg serupa)

2.blog ini adalah blog pribadi sy, jadi kalo isinya SANGAT SUBYEKTIF menurut sisi pemikiran saya, lalu kenapa ? masalah buat anda ?

3.sekalian review berdasar pengalaman pribadi, jadi kalo ada yg mau beli motor seharga 16-17 jutaan (saat ini). bisa tau plus minus nya motor yg mau dibeli.

4.ada sedikit faktor menjelek2an produk A & membanggakan produk Y (meski sy tidak ada hubungannya dengan ATPM manapun), memangnya kenapa ? toh internet kan bebas & free

5.ada faktor iseng2 mencurahkan isi hati & mengisi waktu luang dengan latihan menulis artikel internet (nge-blog)

Wah Mx lawan supra 125 ya ? cc nya sudah beda gan…tp saya suka artikelnya…penulis berusaha mengungkapkan pengalamannya dengan jujur…bravo !!
Nitip gan…suzuki luncurkan varian Satria terbaru >> http://dealermotorsuzuki.com/suzuki-akhirnya-keluarkan-varian-terbaru-satria-2014-black-fire-2-dealer-motor-suzuki/dealer-motor-suzuki-jakarta#more-1371

Thx admin

yups, namanya juga cuma pemakai sekaligus COPAS artikel dari dari koran & blog2 di-internet,,😀 lagian harganya sama jadi diadu deh (dulu sih)

jangan bnyak cakap,, yok balap sama supra x125 saya ,,, capek uda melawan motor gede,, putus semua,,, Apalagi MX yg CC kecil,, Saya asapi motor anda semua ….

kesian dong motor loe udah ngebul ya..😛

Yang koment di atas ane
jadi stres tuh…
Soalnya doi udah terlanjur
beli supra x. (kecewa)

Huahahahaha..
Langsung dijual aja gan.

yeapp bentoel sekalee😀

Bro, MX ga kuat buat lari kenceng. Udah gw tes 250km selisihnya 1jam. Jauh lebih cepat SUpra x 125. Maklum memang desaign Honda motor ringan jadi pastinya lebih cepat. Masalah ketahanan jelas HONDA. MX BOBROK ga kuat lari. Masih bagusan Jupiter Z nya wkwkwkw…

Jujur gw nyesel punya MX, CC doank digedein, tapi isinya kopong. Mo gimana isa lari sampe 120km/jam. Berat gitu. Klo akselerasi emang MX jagonya, tapi sama sodaranya Jupiter Z bedanya tipis banget. Ga sesuai dengan yang sok “CC”nya gedean. Hahaha… Gw lebih prefer dengan Jupiter Z drpd MX bobrok. Itu motor MX untuk didesain buat yang suka “tarik gas rem tarik gas rem”. Lu bisa bandingin Supra x 125 R dan Supra X 125 D ga? Gw jamin ga isa. Makanya klo pemula jangan buat keputusan. Sebaiknya bertanya dulu. CC bukan patokan Bro. Sama seperti M1 dengan Honda Fireblade. FireBlade lebih kecil 100Cc tapi kenapa bisa lebih kencang top speednya? Hehehe…

yth, teman2 sekalian, Top Speed standar MX memang mentok kenapa ? karena CDI aslinya di-limiter supaya demi keamanan terutama si ridermya😀

klo mau gampang liat top speed MX , ganti aja pake CDI yg unlimiter, gausah yg mahal2 & keren2 macem BRT, Rextor, dkk. cukup yg no limit aja misal merk KC, Varro, dll. pasti RPM bakal ngeloss, tinggal tunggu terbang aja😀

masa sich, paling udah sampe segitu trus overheat/ngempos mesinnya, siap2 ke bengkel deh😀

Mx 4speed, topspeed 120 km/h suara mesin nya berisik, supra x gw bawa di pasupati bandung tembus 120 km/h itu pun berdua, boncengan.
Mx 5speed paling nambah topspeed dikit.
Tergantung siapa yang bawa
kaya fu vs mx ajaa

kalau gw sih mending jupi z
Akselerasi mantap
cuman kurang top speed

Hehe.. Yg buat artikel ababil [abg labil] yg hobi ngebut n gak peduli lingkungan🙂

Sok banget, tanding ama FU brani?

ama FU sih takut deh,,😳

lagian ga demen ngebut oe😳 .. ente kali FU ers😀

0m,mw tu cpt panas.trbkti dtmbh radiator..cc jg bda jauh,gear jg jauh.klo untk drag cocok tp untk jarak jauh gembos..supra y lumayan,irit n t0p speEdnya smpe 120/h punya sy tp.sbaiknya ente sesuaikn dlu bru nulis bl0g,cBa mx ente nglawan ft.pa mampu?

emang,, tapi kan awet mesinnya, ga ky supri bentar2 ganti jeroan😀

ane udah 5 tahun pakai motor supra x125 kilometer sampe balik nol lagi tapi mesin gak ada masalah. toh kalo motor speednya kenceng juga mau di test dimana wong jkt kota macet.

Mx emang kenceng tapi boros parah abizzz ! Mending pake supra aj lumayan knceng . Kasian tuh pakpresiden kalo motor lu mx

kesian nape ? ga ada hubungannya bos😀 emg pak pres naek motor

menurut saya lebih unggul Supra 125R.

yups, selera orang beda2😀

menurut saya lebih unggul Supra 125R.
sya puas pakai motor SX125R

ya bersyukur lah krn. ga perlu buang2 duit buat beli mtr baru.🙂

Apa pun koment anda ttg supra..tetep saya sayang supra ..karena itu hasil keringat sendiri merantau kesana sini..klo cuma warisan enak dong…hehe just kidd. ..ok mmg mantap body mx kokoh gimana yaa antepp…neg wong jowo omong..mmg beda dengan supra yang enteng dan kreteg kreteg bunyi batok nya .tp secara accelerasi..saya pikir motor sama sama standard punya ku. .klo pas temu di jalan gk kalah tuh ma mx .meski cc nya gede an mx ..bagi ku klo mx aku masih mau lawan tp klo satria fu ..mmg supra ku angkat tangan. .supra 125 R ku aku jarang service cuma oli enduro racing aja dpt 1500 ganti baru.

yups motor kudu disayang brot, kecuali udah nyusahin😀

ane tambahin bro..

si jupe mx klo panas bnget mesinnya.. larinya justru agk lemot.. (bisa diakali dgn radiator vixi atau ce be)
tpi klo si supra x.. makin panas mesinnya.. makin ngebut bro.. (entah knapa.. tpi memang bener bro)

jupe mx pentingkan performa (cocok buat anak muda)
supra x pentingkan fungsionalitas (cocok untuk anak muda atau orang tua)

saran ane klo supra x 125 ente bisa gampang ngalahin jupe mx, satria fu, bahkan tiger sekalipun

beli n pasang mesin d*yton* 150cc, tenaga 21hp.. dijamin ketinggal smua tuh motor😀

makin panas makin ngebut dari mane ? teori darimane tuh😀

Kau tuh kelewat bego!!! Lagi kau ngebandingin 2005 sama 2013. Dasar tolol
Gw rider supra. 4 mx kebut2an sama gw gak ada yang menang. Trims

eh tolol.. lu aja yg gak bisa make HSX.. gue mah ngerasain hal yg sama (mesin makin panas, makin ngacir) dri HSX 125 fi 2014 …

motor gue HSX 125 fi 2014 mesin std

pas mesin masih dingin.. gue malah kalah aksel sm supra fit -_-
namun pas mesin udh panas.. jupe mx mah kalang kabut ngejar gue.. malah jupe mxnya ngeden duluan.. ngakak bener😄
mesin yg panasnya udh smpe ke kaki malah tambah ngacir.. sempet adu betot ama cs1.. tpi akhirnya gue yg kalah krna cs1 menang putaran atas…

spek
-oli msx 15w-40 (oli truk gitu lho)
-gear set diturunin jdi 37.. aksel turun tpi top speed nambah (dri 110kmh jdi 130kmh)
-knalpot ah*rs silent series jupe mx (dibubut lagi utk ngesuain pipa knalpotnya)
-ban depan belakang pke ukuran (80/80 dan 90/80)

dan minumnya slalu pertamax😀

udh gitu aja:mrgreen:

Mantep coyy

Mx banciiiii

FBS ngamukk, kaburr😀

BAKAR PRETT😀

u yg tolol brot😀

@tokek drag, LOE ORANG BEGO TERTOLOL di DUNIA yg pernah nulis di BLOG gw ! pasti loe ga pernah menang pas balapan lawan MX kan :p

@JOSSH, LOE ORANG BEGO TERTOLOL di DUNIA yg pernah nulis di BLOG gw ! u bisanya cuma MIMPI doang, KESIAN BANGET loe😛

aneh nya kecepatan suprax 125 gw blom pernah kalah debgan mesin berkecepatan 135 cc kebawah.. heee hee ternyata honda makin lama makin kencang ,, ciuuuss

smp saat ini iya (new cb150 menang vs NVL), tapi ini kan cuma ngebahas MX vs Supra.😀

Ya, sebenernya si pilihan orang beda-beda ada yang suka yamaha ada yang suka honda. Mungkin utk saat ini Yamaha menang untuk versi bebek 125-135cc nya tapi siapa yang tau, si supra x kalo diganti gir belakang menjadi 14-37 mungkin naik akselerasi walaupun turun di top speed itu memang seharusnya begitu, karena si supra x ini msh menggunakan 14-35 yang cocok untuk top speed tapi bwt akselerasi loyo abis. Orang yang sering nanjak aja ganti gir set nya honda gl yang dlu baru bsa nanjak. Trus kalo pemakaian bensin itu relatif sebenernya. Tergantung yang bawa kalo bisa dibilang, kalo suka geber geber supra aja bisa sampe 40km/l trus kalo dibawa nya kalem pasti 60an km/l juga bisa nyampe. Jadi itu ya terserah si mungkin saya belum coba pake yamaha mx 135 makanya saya msh belum bisa membandingkan performa keduanya. Dan terakhir, motor seharusnya di rating dari fun to drive bukan hanya performa, Handling juga harus diukur dan apalagi enak untuk dikendarai dalam kota bahkan luar kota, Jadi sejenak dlu dari saya.

jupiter MX nya mau di coba sama supra X saya,, jupiter anda 135 cc, tapi supra saya sudah 200 cc, dan pakai kopling tangan , ,apa MX anda mampu lawan supra X saya.

Aduuhhh lucu yah, adu argumentasi kgk ad abisnya dr jaman baheula… *Ikut nyimak sambil senyum2 ah

Sya rider jupiter mx 135 lc 2006
top speed mtor yg udh gua capai 140kpj
gua udh ajak duel mtor supra dan hasil ga ada mtor supra all varian yg bsa ngungulin mtor gua
bgi rider supra or revo all varian yg mau sparing sm mtor gua di tunggu
capek tiap hari ngasepin F*ck trus

Supra x125 D karbu tahun 2008 udah 202 cc dibulatkan jadi 200 cc, noh cbr aja gua asepin walau 6 speed, itupun masih pakek pertamax ron 92


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

