new jupiter mx

Posted on Maret 28, 2014. Filed under: Jupiter MX / T135 / Spark, Motor, Yamaha |

Menurut sy, mx adalah motor bebek terbaik  dengan banyak kelebihan (hingga saat ini tulisan dibuat)
terbaik disini menurut saya : kenyamanan (minim getaran), keawetan (jarang problem meski digenjot habis2an), dll.
image

1. Dalam kondisi standarnya lawan satria fu dalam soal power, akselerasi jelas pasti kalah.

2. Soal kenyamanan, getaran & durabilitas mesin jauh mengalahkan satria fu, apalagi motor lain yg masih hanya berteknologi kuno.
image

Satria FU hanya menang di power & akselerasi sisanya menang mx. Karena mesin FU yg 150cc dohc 6speed pasti powernya gedee tapi udah pasti boros bensin, apalagi saat dibetot gasnya pasti ngucur deras tuh, trus klo ga buat kenceng2an trus ngapain beli fu ??😆

Fu sekilas bentuknya rada mirip motor2 drag race yg pake stang jepit, posisi riding nunduk, dll. Cocok buat nyalip2in motor2 yg sok belaga kenceng/ngebut misal bebek2 liar kampungan norax juga motor batangan yg ga terlalu ‘keren’😆
Fu lebih adil jika diadu melawan tvs tormax yg sama2 150cc. Atau juga honda cb150 sf, or cbr 150 lama.

Mx adalah motor yg cukup rumit karena sudah mirip mobil(mobil tua karena masih belum pake injection kecuai yg di thailand sana) sehingga butuh perhatian n ongkos yg lebih, karena ada radiator otomatis harus rutin ganti coolant, klo udah bocor itu air masuk ke mesin, wah siap2 keluar duit banyak..

3. Motor bebek/cub yg masih memakai aki 5 ampere dan sekarang sudah tipe MF. Beda motor motor sejenisnya malah dikurangi cuma 3.5 ampere saja. Bahkan sang kakak Vixion pun sama cuma 3.5 ampere.
image

4. New jupiter mx sudah disempurnakan mesinnya(katanya) sehingga lebih bagus sedikit dibanding mx lama.
Vixion sendiri mesinnya adalah mesin mx karena vixion dilaunch setelah mx yaitu th 2007 sedangkan mx th 2005, tapi beda crankcase & jauh lebih rumit.

5. Suaranya yg khas terutama jika masih pakai knalpot standar
image

6. Tampilan muka bagai burung elang dari depan, beda dengan vixion yg bagai burung parkit😆 (tapi hanya tampang doang) sisanya yaa tetap unggul vixion dong😀

Berikut sepertinya jeroan kelistrikan mx

1619882_20130619125344 1619882_20130619125353 1619882_20130619125518

Terlihat bahwa kiprok/regulator masih model lama. Kebetulan saya punya regulator DC tiger. Dan bisa diaplikasikan tidak perlu bongkar spul kata suhu hokiedokie.
JupiterMX135_details

sebenarnya oe pengennya sih Vixion lama karena lebih sporty & lampu pun sudah DC, tapi berhubung sudah ga dijual lagi (palingan stok sisa abisin) dan lagi harganya jauh mahal banget.

VIXION sendiri adalah JUPITER MX yg diupgrade, sehingga memiliki banyak kelebihan dibanding MX dan sesuai dengan harganya yg lebih mahal.

berikut adalah kelebihan VIXION dibanding MX
1. rasa berkendara lebih keren / sporty karena naik motor sport
2. jarak lebih tinggi dari tanah sehingga lebih aman saat banjir
3. sudah INJECTION, nah ini yg menjadi faktor utama sehingga mesin lebih irit & powerfull , memudahkan / mempercepat saat servis rutin karena tidak perlu bongkar karburator.
4. ada RPM meter sehingga lebih sporty keren
5. power & akselerasi lebih besar
6. mesin lebih halus / minim getaran karena sudah memakai Engine Balancer sementara MX tidak.
7. lebih sedikit body part, sehingga saat membongkar pun lebih mudah
8. lebih gampang saat mau bersihin mesin , ganti busi tidak perlu bongkar body parts
9. bisa pakai ban besar terutama untuk depan
10. khusus Vixion lama, kelistrikan sudah DC FULL WAVE 3 Phase, mau pasang HID tinggal tancep, aki tidak akan pernah tekor karena spull sudah 3 fasa.
namun untuk NVL / New Vixion Lightning, kiproknya model baru yaitu sistim Cut-Off, jadi nyalanya masih terang redup😆

ga adil jika MX tidak punya kelebihan dibanding Vixion,
1. MX adalah motor bebek tipe CUB, sehingga tidak pakai kopling manual, tangan kiri tidak akan pegal capek saat macet.

2. volume radiator MX = vixion namun MX mesinnya lebih kecil, panas pun harusnya lebih sedikit.

3. Harga pun lebih murah jauh (beda 6 jutaan)
4. Karena belum injection maka tidak perlu takut pakai bensin premium, karena tidak akan tersumbat. Sementara klo injeksi agak harus lebih telaten perawatannya.

5. Mengurangi keausan kampas kopling karena bukan manual, tidak mungkin mati mesin saat salah kopling, mengurangi kemungkinan gigi rontok karena salah oper gigi.

Diatas belum termasuk banyak kelebihan mx dibanding motor2 bebek sejenisnya..misal diasil cylinder, forged piston, cooling sensation, monoshock, dll.

Saya berharap semoga yamaha indo menjual part injection seperti di thailand sana.jadi mx bisa lebih canggih.🙂
image
image

Herannya kenapa yamaha indo masih produksi motor yg ga pake diasil, forged piston, dll seperti byson, dll. Mungkin supaya lebih bervariasi dan tergantung market share.
image

Saat ini sy masih merasa bangga karena motor sy adalah yg ‘terbaik’ diantara motor bebek selevelnya😳 entah kapan mungkin akan ada motor bebek yg bisa mengalahkan kecanggihan new jupiter mx ini. Semoga saja tidak akan pernah ada sehingga sy akan selalu senang😀

akhirnya keluar juga MX KING & MX 150 yg jauh lebih KERENN daripada MX, otomatis harga jual MX bekas pun jatuh/hancur😮

Saran sy yg rada ngawur : jangan beli MX karena Boros bbm, parts nya mahal, bahaya terlalu kenceng, ga ada bagasi, berat motornya, makin banyak nanti MX gentayangan di jalan kan jadi #terlalumainstream alias pasaran ga seru😀

beli lah MX KING / MX150 akan jauh lebih gaya & keren & kencang daripada MX biasa😳

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

11 Tanggapan to “new jupiter mx”

RSS Feed for Willy Kk Blog – My Heart Voices Comments RSS Feed

Mx menang keren doang, fungsi motor nya hilang,orang cerdas juga mikir make mx.gak bisa buat nenteng belanja’an semacam kardus,dll.bagasi,tanki kecil,buka busi susah,belum injeksi.biaya perawatan mahal. Awet sih awet,tapi sekali jebol,bikin jantungan ongkos bongkar mesinnya.

ooh yaa.. Harga bekasnya pun hancur.motor itu bukan buat gaya,tapi buat antar anak,pergi kerja,bawa belanja’an.itulah fungsi motor bebek.kalo mau gaya pake superbike dong.entar lagi bensin mau 10 ribu/liter.bisa mampus kalo kebanyakan gaya.kalo jajan masih minta ortu sih gak masalah.sa’at ini saya masih gen honda seri C injeksi di luncurkan.irit banget kan.gaya mah gak penting.wong motor bebek aja.

iye sapa yg bilang gaya, gw kan cuma nge-review doang.😀

semua harga motor seken ancur.. apalagi C70 ga ada yg mau beli dikasih pun ga ada yg mau kali😀

itu menurut u, klo gw sih motor yg penting awet, ga peduli biaya perawatan mahal tapi sebanding sama kenyamanannya😀

hahaha..ini blog katrok sih..yang dibahas juga motor katrok!

sialan loe, dasar orang katrok😆

orang katrok pakenya juga motor katrok, idupnya katrok, semuanya katrok😀

Tak masalah kTro juga gan.yang penting ada kmaun

Gan minta kontaknya dong .saya mau tanya tentang kiprok fullwave nya.


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: