Membagi Koneksi Internet

Posted on Oktober 7, 2014. Filed under: Indonesian, Jaringan Komputer, Teknologi Informasi |

Selamat sore teman-teman, saat ini saya akan share tentang cara membagi internet khususnya dengan SPEEDY / FirstMedia. meskipun sudah banyak artikel sejenis, namun tidak ada salahnya jika saya mencoba berbagi pengalaman sedikit.

koneksi internet sebenarnya ditujukan untuk 1 perangkat saja, namun berhubung kita sebagai klien tidak mau rugi istilahnya maka internet yg kita sudah langganan kita bagi-bagi deh.

diagram fastnet

syarat :
1. harus langganan internet misalnya Speedy, FirstMedia, dll.
2. pasang router (bisa hardware atau software) namun saat ini router hardware sudah tidak terlalu mahal dibanding jaman dulu.
3. setting sampai beres / berhasil😀

router dijual dengan berbagai merk dan harga serta fitur, semakin mahal umumnya semakin banyak / canggih / modern featurenya misal Dual Band, 300 Mbps, juga Merk terkenal pasti harganya lebih mahal.

di rumah saya menggunakan wireless router Tenda 11N dengan harga yg cukup murah sekitar 215.000 + modem dari FirstMedia.

cara setting :
1. colok kabel LAN dari modem FirstMedia ke komputer terlebih dahulu, pastikan bisa konek ke internet / komputer harus bisa browsing internet menandakan bahwa koneksi sudah aktif.

2. colok kabel LAN dari komputer ke Wireless Router, lalu copy / clone MAC Address di Wireless Router tersebut, settingan tiap-tiap router mungkin berbeda. tujuannya agar router tersebut dianggap sebagai PC kita.

3. pasang kabel LAN dari modem FirstMedia ke port WAN / Internet yang ada di Wireless Router.
4. restart modem FirstMedia dan Wireless Router.
5. coba konek dari Laptop / PC / SmartPhone ke Wireless Router, seharusnya sudah bisa browsing.

Sementara di kantor saya menggunakan hardware yang lebih bagus yaitu modem speedy DLINK DSL-526B + Wireless Router Linksys WRT320N
awal – awal sepertinya tidak ada masalah, namun seiring berjalannya waktu dimana modem + WR (Wireless Router) dinyalakan non-stop pernah sering mengalami sedikit problem apalagi jika ruangan cukup panas/pengap. hal ini berakibat router / modem menjadi hangat & cenderung panas yg akhirnya jadi sering hang / error misal user tidak bisa konek, lambat, dll.
berbagai solusi sudah saya coba misal restart WR, setting bermacam cara, sampai upgrade firmware versi terakhir dari websitenya. namun tetap saja problem tidak selesai.

IMG_20141007_170206

akhirnya saya mencoba mem-flash firmware original dengan Firmware OpenSource yaitu DD-WRT. dimana firmware ini memiliki berbagai kelebihan yaitu :
1. bisa membuat wireless router menjadi WiFi Extender atau Repeater (penguat signal)
2. bisa membuat wireless router menjadi Wireless LAN Card
3. ada fasilitas Bandwidth Management (fitur QoS)
4. banyak settingan yg cukup banyak dibanding firmware standar bawaan pabrik.
namun tidak semua WR bisa diflash dengan DD-WRT, tergantung Merk & type nya, untuk kompatibilitas bisa dilihat di websitenya http://dd-wrt.com
2014-10-09_084025
dan bagi yg tidak mau pusing-pusing setting & belajarin, googling, dll. akan saya berikan Firmwarenya untuk Wireless Router WRT-320N yaitu : dd-wrt

dan yg terpenting adalah file konfigurasi yg sudah saya setting dengan fitur bandwidth management di sini : NVRAMBAK.bin

sekian dan terima kasih sudah membaca tutorial saya:mrgreen:

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: