Test drive Suzuki Splash 2011 GL MT

Posted on April 11, 2015. Filed under: Car |

20150218_060730

Akhirnya bisa nulis lagi nih setelah berbulan bulan absen.. juga yg katanya mau pindah ke homepage pribadi tapi akhirnya sy putusin buat lanjutin disini aja. karena lebih familiar & gampang heheh

bersyukur ama ni mobil & sang empunya meski cuma minjem tapi banyak plusnya.

Splash adalah varian global dari Suzuki Maruti India, compact city-car yg cukup banyak fiturnya namun bukan termasuk LCGC(a.k.a mobil murmer). awalnya hanya 1 tipe yaitu GL(Manual) namun sekarang2 udah muncul yg tipe AT(Matic).

1200cc DOHC 4valve 4 cylinder, EPS(Electric Power Steering), K12M

karena diimpor mentah2 dari indihe sana, jadi tipe variannya global tidak dirakit disini jadi tidak ada varian2 rendahan macem Ayla , xenia, dll. kalo dirakit disini pasti yg full spek bisa jauh lebih mahal.

PLUS :
1. ada immobilizer (jadi mesin ga akan bisa nyala meski pake kunci palsu atau dijumper kek, selama konci asli ga ditancepin ke slot, yg ada alarm akan meraung kencang).  akibatnya -> AMAN. beda sama avanza xenia sampe yg model terbaru sekarang pun malah makin gampang dijebol caranya : rahasia dong heheh berhubung oe bukan maling.. alias dimaling. makanya disebut mobil favorit maling.
Splash IMG_20140802_075042

2. Sound System mantap, Radio Tape default bawaanya adalah single DIN JVC KD-R416. udah bisa muter MP3, WMA, dkk (selama masih support) kapasitas FlashDisk 16GB masih mampu dibaca lho😀
cuma speakernya rada jelek.. BASS nya ga ada, jadi oe tambahin BAZZOKA alias BASSTUBE a.k.a Active Subwoofer murmer dibanding upgrade system audio. Udah Kenceng banget tendangan BASS nya ampe geter bikin jantungan😀
Splash IMG_20140802_083944
3. Banyak yg bilang Irit ? meski oe masih ragu juga. karena tergantung gaya mengemudi & macet ga nya jalanan.
konsumsi kira2 sekitar 1:15 an. isi full-tank dari 1/2 bar sampe full kudu ditebus 150-170rb an Premium (asumsi masih harga lama yah)

4.Velg Gede & Ban lebar. yups lebih keren daripada mobil LCGC semuanya velgnya imut & bannya sempit.
keuntungannya lebih stabil pas ngebut/jalan kenceng & ngelibas lobang ga gampang rusak bannya.
Velg & Ban sama persis dengan yg dipakai di Ertiga.

5. lampu kabut ada. AC bisa nyemprot ke kaki, banyak setelannya. meski kadang ini fitur ga gitu terlalu berguna juga buat saya.
C360_2015-02-15-16-09-36-552
6. Mesin Full Alumunium 4 Silinder 1200cc. jadi tidak begitu bergetar dibanding mesin 3 cylinder.
panas pun terbuang banyak karena full alumunium tadi.

7. body ga terlalu panjang jadi gampang buat parkir apalagi di Mall.

MINUS (ga adil klo ga ada kekurangannya)
1. kopling standar keras & pendek. YUPS betul sekali.. apalagi jika KM udah agak banyak. kenapa? karena masih pake kabel / tali masih belum pake booster seperti di mobil2 produksi baru macem Ertiga, New Avanza, dll.
solusi : diakalin / dimodif dengan cara dipasang pelat supaya tambah panjang jarak main koplingnya meski kudu nebus 200rb an tapi udahnya bisa lebih enteng

2. gigi 1 susah masuknya. ya gatau kenapa emang bawaannya dari sana sepertinya. solusi : pas pindah/ turun ke gigi1, stop di-netral sebentar baru dorong, kocok kopling sampe masuk.😦

3. power & torgue kecil. ya nasip resiko mobil kecil dan juga karena belum VVT-i  power baru berasa pas di RPM 2500 keatas. dibawah itu berat.
solusi : pasang Voltage Stabilizer. meski udah oe pasang tapi ga begitu ngaruh juga😦

Splash IMG_20140802_100529

4. ga ada rear Wiper. jadi klo Hujan ga begitu bisa liat belakang.
5. body gampang penyok, cat gampang baret & kusam.
6. rendah. yah nasip namanya juga mobil kecil..:(  meski demikian corong udara terletak diatas. namun alternator dibawah.. jadi pikirin lagi deh klo mau nerabas air..
7. karena body ga terlalu panjang alias pendek jadinya bagasi kecil deh.
8. ga dapet sensor parkir, solusi : pasang sendiri murmer cuma 150rb doang udah beres😀
9. aksesories variasi sedikit, nasip karena mobilnya jarang yg pake.
10. made in india alias diimpor mentah2 darisana ga dibuat disini. gatau deh klo sparepartnya susah atau gak. orang belum pernah ganti paling yg rutin2 aja semisal filter udara / AC.
11. bentuknya rada aneh, jadinya sering ditembakin DIM dari belakang😮

Sekian postingan tidak penting bulan ini 😆 trim’s udah jadi pelanggan blog ini.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

4 Tanggapan to “Test drive Suzuki Splash 2011 GL MT”

RSS Feed for Willy Kk Blog – My Heart Voices Comments RSS Feed

Untuk minus no.1 benar koplingnya agak pendek.no. 2 , 3 sama 5 ane gak merasakan gan nyaman2 aja. Sparepartnya banyak yg jual, murah lagi. Bentuknya jg saya suka kalau dah isi spoiler belakang. Selebihnya kekurangan yg ada masih visa di toleransi hehe.. salam ciprat

yups, klo dipakein sayap / rear wing kyknya lebih berkesan sporty alias kenceng (cuma gaya2 doang heheh)😆

love the car broh…kyknya ground clearance nya paling tinggi dibanding city car lain

lumayan, berkat velg & ban Ertiga😳


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: