Mobil Bekas Daihatsu Xenia

Posted on Desember 30, 2016. Filed under: Car, Life | Tag:, |

Setelah Suzuki Splash dijual, saya sempat merasa tidak ingin naik mobil lagi karena lalu lintas di jakarta yang selalu macet terutama saat jam sibuk (berangkat & pulang kerja). Namun di 1 sisi keinginan terus menghantui pikiran karena sudah merasakan nikmat, aman, nyamannya naik mobil (asumsi tidak macet & tidak banjir)

akhirnya berhubung sering pinjam mobil kantor punya teman yaitu Toyota Avanza 2014 dan merasakan plus minusnya , saya pilih Daihatsu Xenia. kenapa ?

1. sama-sama 1 pabrik yaitu ASTRA, mesin pun sebenarnya buatan Daihatsu
2. harga lebih murah dibanding Avanza.
3. lebih banyak Fiturnya misal Tape Digital, Velg Racing, dll.

biar bagaimanapun hasil penjualan Splash masih kurang untuk dapat menebus Xenia dengan Tahun sama. Sehingga budget pun harus ditambah.

Harga baru Great New Xenia 2016 pun sangat mahal & tidak terjangkau, bayangkan tipe terendahnya saja yaitu D MT 1000cc sudah berkisar diantara 156 juta rupiah (OTR).

akhirnya saya pun berburu mobil bekas via online trading semisal OLX, Carmudi, mobil123, dll.

sudah beberapa orang yg saya hubungi namun ada kendala misalnya saat saya telepon penjualnya, tidak diangkat atau hanya Whatsapp saja. akhirnya saya tinggalkan orang2 model begini.

saya pun sempat pesimis dengan mobil bekas karena namanya mobil bekas umumnya sudah dipoles bagian luarnya saja sehingga tampak bagus, apalagi kita sebagai pembeli tentunya ingin mendapatkan mobil sebagus mungkin dengan harga semurah-murahnya, sementara penjual pun ingin melepas mobil dagangannya dengan harga setinggi-tingginya dan secepat mungkin supaya tidak buang waktu.

sesuai hukum ekonomi, barang bagus biasanya berharga tinggi dan jumlahnya sedikit.demikian pula halnya dengan mobil bekas yg berada di showroom, semakin bagus showroomnya maka harga mobilnya pun akan semakin mahal sebanding dengan kualitas barangnya.

saya sempat hunting ke daerah MGK (Mega Glodok Kemayoran) dan jumlah stok Xenia lama (dibawah 2012) sudah sangat sedikit, lebih banyak stok Avanzanya.

akhirnya setelah minggu pertama sia-sia, tiba2 adik saya memberikan channel / kenalannya sebagai penumpang GRABCAR. saya pun sempat menyambangin lapaknya, namun yg saya temui hanyalah sebuah Xenia tanpa plat nomor yg sedang dipoles.. tanpa pernah terpikir sebelumnya bahwa saya akan memiliki mobil tersebut.

dengan langkah putus asa & lelah saya pun berniat pulang, karena bos pemilik lapak tersebut tidak ada & hanya dilayani oleh tukang poles mobil saja. akhirnya tiba2 saat mau pulang sang Bos pun WhatsApp dan sedikit memohon agar melihat dulu Xenia yg dimaksud. Akhirnya daripada menyesal pulang saya pikir ya sudahlah iseng2 lihat dulu.

ternyata memang benar Xenia yg dimaksud adalah yg sedang dipoles itu. Pertemuan  pertama kali saya  hanya melihat sekilas saja, saya pikir wah ini mobil sudah lama juga (KM sudah 79,700) tapi sepintas masih mulus & lengkap juga fitur2nya.

Pertemuan #2 : saya mulai penasaran dengan kondisi mesinnya, lalu saya mulai tes 1 per 1 sedetail mungkin, untungnya mesinnya tidak berasap putih ataupun hitam & kering (tidak ada kebocoran oli/cairan apapun)

namun saya tidak langsung deal beli jadi, karena saya masih ada option di showroom lain. yaitu di SUNTER BOS (Bursa Otomotif Sunter) dengan Xenia 2011 silver.
harga yg ditawarkan cukup tinggi yaitu Rp. 99 Juta

Plus :
1. Kabin yg Wangi Harum.
2. Velg Racing besar 15″
3. tape Double Din (TV, DVD, dll)
4. Parking Camera
5. sensor parkir 4 titik

Minus :
1. tidak ada bumper belakang
2. mika lampu depan sudah butek sehingga pasti jadi kurang terang. (kalau ganti cukup mahal harganya)
3. velg racing & ban lebar akan memperlambat akselerasi & membebani kaki2.
4.suara mesin agak kasar & belum pernah tes drive.
5. tape Double DIN akan menarik perhatian orang iseng (maling) apalagi mobil akan saya parkir di tempat yg jauh dari rumah.

nego 95 jt pun dikasih..
secara penampilan lebih ok yg ini. namun karena hari minggu tidak buka & akhirnya saya tidak jadi beli, disamping itu saya kurang membutuhkan kemewahan seperti tape Double DIN, camera parkir, kabin yg harum, lagipula secara teknis velg racing besar akan membebani sektor kaki2 dan tidak nyaman.

minggu ketiga pun saya berniat tes drive ke#2 & lebih detail.
untungnya sang penjual yaitu Ko Andi orangnya sangat sabar & ramah, friendly. tidak jutek/sombong seperti kebanyakan pedagang mobil.

bisa jadi saya adalah calon pembeli yg sangat cerewet & menyebalkan karena sudah menawar terus , 2x melihat, menyeleksi bagian dalam mobil (termasuk mesin, dll) mencoba mobil dengan sepuas2nya namun masih dalam batas2 kewajaran. masih belum jadi beli juga. padahal Ko Andi sudah minta DP namun kita pelit ga kasih & dia tetap sabar tidak marah.

akhirnya saya pun tidak menemukan keanehan / kekurangan apapun yg begitu parah dari mobil ini, sehingga saya pun tidak memiliki alasan lagi untuk tidak membeli mobil ini..

PLUS :
1. mesin halus, tidak pincang, kering tidak bocor, bersih terawat.

2. ada foglamp, bumper depan & belakang, sarung jok kulit, spoiler, electric mirror, power window with auto open/close, list chrome.
3. AC dingin & kencang.

4. sensor-sensor mesin masih berfungsi semua & tidak ada gejala problem

sebelum mesin dinyalakan, standby Acc, sensor harus nyala artinya normal

setelah mesin nyala, maka semua semua sensor harus mati artinya normal

MINUS :
1. Radio Tape standard belum ada USB slot, jadi agak sulit jika ingin colok flashdisk meski masih bisa diakalin pakai kabel audio 2 way.  Speaker standar pun hanya 2 buah depan kiri & kanan saja, dan sepertinya sudah rusak 1.

2. mobil sudah berumur 6 tahun sehingga KM sudah cukup tinggi karena pemakaian tapi tidak masalah asalkan dirawat.

3. kabin agak bau mungkin karena sering ditiduri oleh tukang/orang lain.

4. setelah dicoba di jalan lurus, mobil agak berbelok ke kiri/kanan dengan sendirinya menandakan ada yg kurang beres dengan sektor roda depan/kemudi. akhirnya saya pun melakukan spooring dengan biaya 125,000 dan ditemukan adanya kesalahan pengukuran.

lalu seperti biasa jika sudah membeli mobil bekas maka selanjutnya adalah biaya perbaikan & servis besar/ringan tergantung kondisi dompet & mobil.

saya pun melakukan servis tune-up standar + ganti oli, setelah dicek montir ternyata kopling masih bagus & hanya di setel ulang biar pas saja, rem pun masih pakem.

KESIMPULAN & TIPS :
1. beli mobil bekas itu untung-untungan karena kita tidak akan pernah tahu problem apa yg akan terjadi selanjutnya.

2. lebih baik teliti & capek di awal daripada menyesal kemudian hari yaitu cek mobil impian anda sedetail mungkin & buat daftar prioritas.

3. pilih mobil dengan HARGA yg sebanding dengan FITUR & KUALITAS yg diberikan.

4. pilih penjual yg ramah / murah hati, tidak pelit, sabar sehingga kita pun bisa puas mengoperasi sang mobil.

5. semuanya kembali kepada masing2 kita, seleranya mau seperti apa, karena namanya barang bekas pasti akan banyak diperbaiki/servis karena pemakaian & umur.info lebih lanjut jika anda ingin tahu siapa dealer/pedagang xenia yg saya maksud bisa klik link ini
(jangan lupa jika ditanya tahu info nomernya darimana, tolong jawab dari saya ya 🙂
Terima kasih banyak atas partisipasinya & ditunggu kritik & sarannya 🙂

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

