Perawatan kaki kaki Mobil Daihatsu Xenia

Posted on Maret 20, 2017. Filed under: Car, Indonesian | Tag:, , , , , |

Akhirnya Mobil bekas Daihatsu Xenia Xi 1300cc 2010 vvti pun perlu perawatan yg tidak seharusnya atau lebih / kurang normal.

perawatan yg saya lakukan disini adalah usaha pencegahan bukan perbaikan, karena kalau perbaikan saya tidak memiliki skillnya.

image

Foto saat banjir 28Feb2017

Karena sudah termasuk golongan
Motuba atau mobil tua bangka (sudah lebih dari 5 tahun umurnya).
image

Mungkin body luarnya masih keliatan bagus (mengkilap, mulus, dll)

Namun belum tentu dengan bagian bawah terutama kaki-kakinya. Biasanya karena faktor usia maka kemungkinan penyakit/problem yg akan muncul yaitu :
image

1. Chasis yg terbuat dari bahan logam besi akan berkarat, apalagi jika sering melibas genangan air kotor, atau yg lebih parah terendam banjir.

Karat/korosi bisa disebabkan karena faktor cuaca yaitu kelembaban udara tinggi ( >50%) bisa dicek dengan alat hygrometer maka udara banyak mengandung uap air. Jika tinggal di daerah pesisir pantai maka lebih parah udaranya lebih banyak mengandung uap air garam. Selain itu air hujan juga mengandung asam yg pasti akan mengikis cat & besi menyebabkan karat.

Yg lebih parah jika didiamkan maka karat akan menyebar seperti kanker dan semakin dalam memakan besi,  maka besi pun akan keropos dan jika terkena benturan pasti akan langsung hancur/patah.

Usaha yg saya lakukan adalah mengamplas karat / korosi yg masih sedikit / halus / relatif belum terlalu dalam, jika karat sudah dalam alias memakan 50% lebih besinya percuma diamplas atau dicat coating karena sudah pasti akan hancur juga. Mau tidak mau harus ganti baru 1 bagian parts tersebut.

image

2. Karet boot penutup balljoint, tierod, dll. Akan mulai robek karena getas/keras akibatnya gemuk/pelumas yg ada di dalamnya akan habis, paling mudah dilihat yaitu akan ada debu/pasir menempel di karet tersebut maka sudah pasti gemuknya bocor. Karena gemuk / oli bersifat menangkap kotoran.
Maka lama kelamaan besi akan saling bergesek dan akhirnya aus/patah. Lalu parts pun rusak & ganti baru dengan membayar biaya beli baru & jasa pasang montir.

image

Tampak chasiss kaki2 sudah mulai berkarat dimakan usia & cuaca

Lalu di waktu luang/liburan pun saya melakukannya sendiri atau bahasa kerennya D.I.Y (do it yourself)

image

Kenapa saya tidak ke bengkel saja ? Mungkin karena alasan beberapa alasan yg cukup subyektif.

Jika ke bengkel maka kerugiannya :
1. Biaya cukup mahal. Antikarat full chassis bawah + plus pintu  total rp. 1.9 juta di bengkel resmi ADM (Astra Daihatsu Motor)

image

2. Tidak bisa sesuai keinginan kita, misal tebal tipisnya antikarat yg disemprotkan, pasti kita maunya setebal/sebanyak mungkin kan? Sementara mereka pasti sudah punya standar operation procedure mengenai jumlah pemakaian bahan.

Keuntungannya jika diservis di bengkel resmi :
1. Tenaga tidak terlalu terkuras habis sehingga badan pun tidak perlu sampai sakit ngilu, nyeri, pegal, dll.

2. Waktu pun tidak terbuang semua 1 harian, karena mekanik bengkel pasti sudah cukup pengalaman & ahli.
Sehingga bisa melakukan hal2 lain yg lebih berguna.

3. Kualitas hasilnya pasti akan lebih baik karena dilakukan dengan mesin hidrolik & bahan antikarat yg sesuai dengan harga yg kita bayar.

4. Hitung2 sedikit beramal & memberi pemasukan ke bengkel resmi yg memang tarifnya pasti lebih mahal daripada bengkel umum.

image

Jika DIY alias otodidak melakukan servis sendiri akhirnya menjadi montir dadakan ga jelas..

Berbekal artikel di internet tentang cara memeriksa & memperbaiki kondisi kaki2 mobil xenia/avanza & juga kemajuan teknologi gadget hp sehingga menjadi lebih mudah bagi saya untuk mencobanya sendiri.

Keuntungannya jika melakukan sendiri yaitu:
1. Lebih irit uang, hanya perlu beli cat minyak/besi warha hitam, amplas kasar& halus, thinner, gemuk, silicon spray, dll. Dan juga sarapan, energi, fisik yg prima.

2. Ada rasa puas jika sudah selesai & berhasil melakukannya meski ada pengorbanannya juga.

3. Tidak perlu antre / pakai nomor giliran asal ada niat tekad kemauan bisa melakukannya kapan pun dan juga harus ada tempat yg datar untuk mendongrak.

Namun adapun kekurangannya jika melakukannya sendiri yaitu :

1. Tenaga, waktu, karena umumnya kita berprofesi sebagai bukan montir sehingga tidak terbiasa dengan kegiatan seperti ini.
Terbukti setelah selesai melakukannya badan saya terasa pegal2 & nyeri2 semua terutama di bagian pinggang & leher.

Karena keterbatasan alat yaitu dongkrak hidrolik akibatnya kita harus ngolong2 untuk melihat keadaan kaki-kaki mobil. Untungnya mobil avanza xenia termasuk yg penggerak roda belakang dan juga cukup tinggi sehingga saat di dongkrak abis ada ruang yg cukup untuk masuk ke kolongny, beda dengan mobil sedan / city car yg rendah.

2. Resiko kotor & tercemar bahan kimia, karena kegiatan seperti montir yaitu melumasi & mengecat akan berhubungan dengan bahan kimia seperti thinner, oli, debu, cat, amplas serbuk besi, dll. Hal ini bisa dicegah dengan menggunakan sarung tangan, masker, kacamata, dll.

image

Akhirnya saya puas juga meskipun di sisi lain badan saya terasa pegal2 & nyeri2 seperti digebukin.

image

image
Bagian gardan belakang yg sebelum di cat tampak korosi, setelah dicat tampak mengkilat seperti baru 🙂

Hasilnya sy berharap semoga lebih awet & kuat dalam menahan karat.

Namun itu semua kembali ke pilihan kita sendiri, jika punya uang cukup & tidak ingin rumit / ingin praktis maka hanya perlu reservasi + duduk manis 7 santai sambil ngopi/maen hp pake free wifi, tinggal bayar & dapat garansi pula.

Atau jika ingin nekat jadi montir dadakan dengan resiko sakit ngilu pegal seluruh badan dengan hasil yg belum tentu sebagus kerjaan bengkel resmi namun irit biaya.

Trim’s sudah mampir & membaca semoga bermanfaat 🙂

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: