Wuling Confero

Posted on Mei 16, 2018. Filed under: Mobil |

pabrikan baru masuk ke indonesia asal RRT yg udah pasti negara komunis, ya dia adalah Wuling yg merupakan pabrik otomotif gabungan antara wuling dengan GM (General Motors) bawaan negara kapitalis Amerika dengan SAIC germany

cr-avanza-vs-confero2865

tujuannya langsung gak main2, ingin menghancurkan dominasi(penjajahan) penjualan (monopoli) pabrikan jepang (imperialis kapitalis) nomor 1 di indonesia yaitu Astra Toyota Daihatsu, yg sukses besar dalam menjual produk andalannya yaitu mobil MPV Avanza Xenia.

GM Wuling SAIC (SGMW), sudah (baru) memiliki pabrik perakitan yg cukup besar di daerah cikarang, dan mungkin akan terus berekspansi dengan memperbanyak dealer2 +bengkel2 resminya di seluruh indonesia.

bicara soal produk Made in China, maka orang2 umumnya akan langsung berimage produk jelek seperti jaman saya kecil dahulu, mainan anak bocah yg made in RRC pasti gampang rusak, sementara yg Made in Taiwan malah lebih bagus/kuat. padahal China sendiri terbagi menjadi 2 yaitu Mainland China atau PRC (People’s Republic of China) dan China Formosa atau Taiwan. sementara mainan Made In Japan biasanya sangat mahal namun kuat/awet.

Namun itulah China yg dahulu, China sekarang sepertinya sudah lebih maju & modern. terbukti dari banyaknya produk IT / Telecomunication sekarang Otomotif diproduksi disana. mulai dari Motherboard, Graphic Card, Memory, Smartphone Apple pun juga karena apa ? biaya produksi murah, sumber daya alam, manusia berlimpah. bahkan industri kosmetik, farmasi, fashion dll. juga lebih murah jauh.

jika dilihat dari mobil yg lagi nge trend saat ini yaitu Confero, maka sangat mirip dengan HP Xiaomi yg dijual dengan harga cukup murah dengan fitur2 dan spesifikasi diatas standar. jika ibarat nya HP maka mobil ToyoDai = Sony XPeria, Wuling = Xiaomi

Sony= HP brand keren, harga mahal, spesifikasi dibatasi, jaminan purna jual bagus, banyak spare part ? entahlah karena saya belum pernah memakai produk SONY Xperia / VAIO yg harganya sangat mahal.

Xiaomi = HP china import black market (tidak ada pabrik di indonesia, tidak bayar pajak), harga MURAH, spesifikasi tinggi, kualitas ok, jaminan purna jual sedikit, counter/distributornya masih sedikit, karena dijual secara ONLINE, spare part ? entah, hp xiaomi saya belum pernah rusak soalnya 😀

lalu soal mobil. memang saat ini mengendarai mobil Toyota Daihatsu sudah sangat umum dan biasa, salah 1 mobil operational kantor saya adalah Toyota Avanza All New 2014.

daya tahan ? soal durabilitas saya kira tergantung perawatan dan cara menyetirnya. namun selama saya mengemudi Avanza, sering kali saya cukup kasar dengan gas pol, lalu rem mendadak, hajar jalan rusak saat ngebut, saat turunan di puncak saya malah injek kopling sehingga hanya mengandalkan REM saja.
pernah saat bawa penumpang full 7 orang, ngebut di jalan rusak, gabruk2an

so far so good, tidak ada gejala patah as, sokbreker jebol.

mobil china ? saya belum pernah coba, sehingga belum tahu gimana rasanya.. namun motor china dulu pernah coba menungganginya hanya sekali. rasanya biasa saja mirip seperti motor bebek honda.

86f85630-6418-47fe-97cb-4446ae5987de

Wuling Confero yg jika di China sana bernama Wuling Hongguang,
Confero bisa dibilang mobil MPV murni (penggerak roda belakang / RWD) yg memiliki segudang feature2 dan keunggulan yg tidak dimiliki oleh pesaingnya yaitu Avanza Xenia

keunggulan tersebut yaitu spesifikasinya dan feature2 yg cukup banyak misal follow me home, alarm pintar, Tire pressure monitoring system, dll. Namun feature2 tersebut ada banyak yg dihilangkan tergantung Tipe / Variannya.

yg paling berasa bedanya yaitu Rear Disc Brake dimana hal ini memberi kesan tambahan bahwa mobil ini merupakan mobil kencang ! namun sayangnya fitur ini hanya ada di tipe tertinggi yaitu Confero S 1.5L, otomatis pengereman akan semakin baik dengan ada Rem Cakram.

mengenai Mesin, maka sepertinya Confero menggunakan mesin PTEC D-VVT entah masih single atau sudah Dual VVT ? sementara Avanza Xenia sudah menggunakan mesin tipe baru yaitu 2NR-FE yg sudah Dual VVT-i. sehingga saya berpikir kalau mesin masih lebih baru dan tentunya lebih bagus Avanza Xenia.

jika Wuling ingin menang dari Astra maka setidaknya harus :
1. mempermurah harga jual spare parts & biaya servisnya. seperti parts Avanza Xenia yg banyak KW nya.

2. memperbanyak dealer & authorized service center nya
3. meningkatkan kualitas karyawannya (montir, marketing, dkk)

bisakah ? dengan harga jual OTR mobil yg sangat murah tersebut ? berarti keuntungan yg diperoleh jadi semakin sedikit sementara harus ini itu..

alasan Confero dijual dengan harga dibawah Avanza Xenia ? mungkin karena :
1. masih baru, sehingga ingin melihat respon pasar gemuk ini, jadi kalau dijual harga sama bisa ada kemungkinan kurang laku.

2. sebagai magnet pasar, orang akan berpikir 2x jika harga sama.

3. Image brand china, harganya harus murmer.

4. mungkin ada subsidi / bantuan modal yg kuat dari Pemerintah RRC meski ini hanya dugaan saja.

seperti yg kita tahu bahwa hukum ekonomi berkata, ada uang ada barang, kualitas berbanding lurus dengan harga.

jika permintaan banyak, produksi sedikit, maka harga akan naik.

hanya waktu yg berlalu yg akan membuktikan, apakah China akan sukses dengan Wulingnya kali ini seperti sudah sukses dengan Xiaomi & LENOVO nya, atau akan gagal lagi seperti zaman motor china dahulu.

hmm, sekedar berhayal / mimpi di siang bolong, jika saya tiba2 punya uang segitu 130jt an dan disuruh pilih mana confero or avanza xenia ? mungkin saya akan berpikir panjang dulu..

beli mobil harga ratusan juta bukan barang murah kecuali bagi orang super kaya banyak duit. beli mobil bukan utk dipake sebentar spt. handphone jika bosen jual lagi. beli mobil kudu diservis rutin, ganti spareparts, ada biaya rutin per bulan.

juga kena pajak tahunan dan 5 tahunan. beli mobil bukan untuk investasi malah divestasi karena harus dirawat dan harganya akan terus menyusut seiring berjalannya waktu.

secara fitur & keunggulan, confero menang jauh, namun soal daya tahan, kemudahan, keiritan, keborosan uang, dll. masih perlu dibuktikan banyak pemakai.

jika ingin mobil baru dengan fitur lengkap, harga lebih murah, mungkin bisa mencoba meminang Confero. jika hanya membutuhkan mobil standar operational, yg tidak butuh fitur banyak, dll. tetap setia dengan AvXen.

jadi kesimpulannya ? ya ga ada lah, orang cuma menghayal wkwk 😂

artikel ini saya buat hanya sekedar iseng saja, tidak ada maksud merendahkan/membanggakan suatu produk, dan tidak didukung data2 yg valid jadi hanya berasal dari copy paste artikel dari internet .

sekian dan terima kasih 😊

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: