Servis jupiter mx sendiri

Posted on Juli 29, 2018. Filed under: Motor, Oprek |

motor udah 1 tahun kurang dikit ga diganti2 oli, ga servis rutin. Odometer sudah 4.000 km lebih. Akhirnya daripada ditunda lagi, saya memutuskan untuk menservis sendiri. Kenapa ga ke bengkel ? Karena penasaran ingin tahu seberapa susah, lelah nya jika mandiri. Jika ke bengkel biaya servis mx sekitar 50 ribu an. Belum termasuk oli sekitar 50ribu, tips, parkir, dll. Bisa habis diatas 100ribu.

Servis rutin, ganti oli 1tahun lalu

KM sudah 33,410. Berarti sudah 3787 km.

Karena saya dulu pernah servis/tune up mobil xenia, avanza sendiri dan berhasil. Maka saya pikir ah ini cuma motor bebek saja, pasti lebih mudah & cepat.

Servis ringan sendiri, meliputi : pembersihan karburator, saringan udara, busi, carbon clean dan ganti oli saja.

Ada banyak video tutorial di youtube.

Saya pikir mudah tinggal kendurin baut, sekrup lalu cabut si karbu. Ternyata ga semudah itu. Kenyataannya untuk bisa melepas sang karbu maka harus melepas dahulu box filter udara, dan untuk bisa melepas box filter udara maka harus lepas Jok. Otomatis lepas aki juga

Tebeng kiri, kanan pun dilepas, punggung atas dilepas semua.

img_20180728_1038367431911184347498786.jpg

karburator tipe vakum , jangan sampai ada yg robek / lepas

img_20180728_1035262834118018363097253.jpg

Kondisi karbu sebelum dibersihkan, tidak terlalu kotor memang, tapi ada endapan sedikit.

 

img_20180728_1216579050099895658809177.jpg

Busi nampak cukup kotor setelah 11 bulanan, dengan pemakaian bensin yg gonta ganti (kadang premium, kadang pertalite)

Setelah karbu bersih, banyak komponen2 kecil seperti pengait selang, damper, yg sempat lupa dipasang, akhirnya bongkar lagi.

Ternyata selang2 yg nempel ke box filter cukup sulit untuk dipasang setelah karbu terpasang, jadi mau gamau harus lepas body samping kiri belakang.

Kondisi oli setelah 11 bulan, 3787 km 

Tapi kenyataannya di luar dugaan saya, karena sangat memakan waktu, tenaga. Kali ini total 1,5 hari baru selesai. Karena saya baru kali ini servis motor sesusah, serumit ini (karena bolak balik bingung cara bongkarnya)

nampak ada asap putih sedikit, setelah diservis & ganti oli, carbon clean, mungkin sedang dibakar karbonnya.

Kesimpulannya:

1. Cukup sulit, memakan waktu, tenaga yg tidak sedikit.

2. Motor New Jupiter MX cukup rumit, banyak sekrup, baut nya. letak parts juga saling berdekatan sehingga terkesan sumpek, agak sulit melepas parts2 yg rutin perlu di servis. Jadi dibutuhkan ketelitian, kesabaran, skill/pengalaman khusus agar cepat kerjanya.

3. oli saat diganti perlu dibersihkan juga filternya, dimana ada 2 filter, 1 dibawah tap baut pembuangan oli, dan 1 lagi di blok mesin kanan (yg ini tipe kertas jadi tidak bisa dibersihkan, jika sudah kotor maka harus diganti)

4. jika tidak ingin capek, repot mendingan diservis ke bengkel saja. tapi sebaiknya bengkel resmi karena jika bengkel umum kadang2 suka teledor, baut2 suka pada hilang, ga benar pasangnya, repot.

 

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: