New Jupiter MX 2013 vs Old Vixion Gen 1-2

Posted on Agustus 11, 2018. Filed under: Motor |

Berhubung teman kantor beli vixion bekas, dimana bikin saya iri, akhirnya saya pun mulai membuat perbandingan antara motor saya saat ini yaitu New Jupiter MX 2013 dengan motornya yaitu Old Vixion 2010

Memang sudah pasti beda kelas/levelnya. Dimana Vixion bertipe motor sport tulen yaitu dengan kopling manual, tangki bensin diatas. Sementara Jupiter MX bertipe motor bebek semi sport. Mengapa semi sport ? Karena MX saya tidak memakai kopling manual jadi masih pakai kopling ganda semi otomatis sehingga jumlah persnelengnya hanya 4 buah saja.

Is the best, pretty, classic old fashioned style japanese motorcycle, with perfect combination between classic design with high technologies features

Yamaha FZ 150i 1st Generation model blue color. Is the best, pretty, classic old fashioned style japanese motorcycle, with perfect combination between classic retro design and high technologies features

New T135 model 2013, with semi automatic gearbox. easy riding, cheap cost motorbike.

Yg menjadi kesamaan atau kemiripan antara Jupiter MX dengan Vixion lama yaitu :

1. Sama2 dibuat di pabrik Yamaha Motor Indonesia jadi merupakan Produk Yamaha.

2. garansi mesin 3 tahun, ada sticker simbol garansinya

3. Mesin berteknologi sama, yaitu 4valve SOHC, Liquid Cooled, dengan DiASil cylinder, Forged Piston.

Dimana barang ini yg menjadi kartu AS produk ini karena sudah terbukti sangat kuat/awet jika dirawat dengan benar.

Jika motor lainnya meski sudah dirawat dengan benar (ganti oli, servis rutin, dll) tetap saja ada kemungkinan besar sudah berapa puluh ribu kilometer maka cylinder akan minta dioversize karena faktor termakan usia jadi akan mengalami keausan alias overhaul mesin,

maka mesin Diasil tidak akan pernah bisa dioverhaul, maka solusinya yaitu diganti baru 1 set.

4. Letak mesin tegak agak miring sedikit namun bukan tidur. Jadi lebih aman/yakin saat menerjang banjir/genangan air yg agak tinggi, karena posisi busi dan saringan udara ada diatas jadi tidak resiko kena air.

5. Berpendingin Radiator dengan Cairan, jadi lebih tenang saat dipaksa bermacet2an, menempuh perjalanan jauh, dimana mesin dipaksa bekerja nonstop terus menerus, membawa beban berat, cuaca panas terik. Dengan adanya radiator maka panas mesin dapat lebih cepat terbuang, dan oli pun lebih awet(tidak cepat mengental, menghitam, habis)

Perbedaannya :

1. Beda tipe, vixion motor sport sejati, sementara Jupiter MX motor bebek yg dipasangin kopling tangan jadi sok bergaya sport, tapi tetap saja kodratnya seperti bebek.

2. Power, vixion lebih powerfull karena bermesin 150cc Fuel Injection jadi proses penyemprotan bahan bakar lebih tepat, presisi, halus, homogen, dll.

3. Akselerasi, Vixion lebih cepat karena bergigi 5 jadi tiap2 gigi bisa lebih besar gear ratio nya. Juga kopling nya lebih advanced.

4. Efisiensi/keiritan. Jelas Vixion lebih irit BBM, karena sudah injeksi, sementara MX masih memakai karburator dimana pasti akan lebih boros bbm.

5. Kenyamanan/Handling, Vixion lebih nyaman saat dipakai kencang, jalan jauh misal keluar kota/touring.

Sementara MX lebih nyaman saat bermacet ria karena tidak pakai kopling manual. Sehingga tidak akan membuat tangan kiri pegal, dan mengurangi resiko salah kopling maka mesin akan mati, atau gear rontok, kopling cepat habis.

Memang begitulah resiko kopling manual, namun bagi yang sudah biasa/handal maka akan terasa lebih mantap karena tarikan bisa lebih gahar.

6. Keamanan, Vixion lama, masih menggunakan mata kunci standar, belum ada pengamannya sehingga perlu dipasang kunci tambahan, mengganti anak kunci dengan yg model variasi. Sementara New MX sudah dilengkapi pengaman.

7. Kelistrikan, Vixion sudah menggunakan sistim Full Wave DC 3 Phase, sehingga upgrade kelistrikan bisa dilakukan dengan mudah dan tidak akan membuat aki tekor.

Sementara kelistrikan MX masih bertipe AC Half Wave seperti motor bebek kuno pada umumnya maka nyala lampu akan terang redup mengikuti putaran mesin, dan akan membuat lampu cepat putus, aki cepat rusak karena pengisian listrik tidak stabil, sehingga jika mau modifikasi/upgrade kelistrikan maka harus diubah ke DC FullWave dahulu.

Jika sudah diubah menjadi DC FullWave maka, aki akan menjadi lebih awet, nyala lampu akan selalu stabil terang (tergantung aki, kiprok juga), tenaga akan bertambah sedikit karena pembakaran lebih baik, karena percikan api busi akan lebih besar, tebal dan stabil. Juga memudahkan pemasangan variasi lampu misal menggunakan LED, HID, dll.

8. Harga, jauh lebih mahal vixion, dan harga jual kembalinya juga lebih tinggi.

9. Maintenance, lebih mahal Vixion sedikit karena bermesin injection, juga kapasitas oli lebih banyak yaitu 1 liter, sementara MX hanya karburator cukup mudah dibersihkan, dan oli hanya 800mL.

10. Handling, MX dengan setang bawaannya tidak bisa diganti jadi bagi rider bertubuh tinggi agak merasa pegal karena setang terlalu ke bawah seperti motor Vespa kuno. Sementara Vixion, setangnya bisa diganti2 sesuai selera.

Kesimpulannya : untuk motor harian yg lebih banyak digunakan di dalam kota yg sering macet, maka jupiter mx lebih nyaman karena tidak memakai kopling manual, juga harga jauh lebih murah, sementara mesinnya agak mirip vixion dengan downsize kapasitas sedikit saja jadi mesin akan jauh lebih awet dan bertenaga. Dan perawatan lebih mudah & murah, memakai bensin bertimbal seperti Premium tidak masalah.

Sementara Vixion lebih bergaya sporty, macho, jantan, kencang, powerfull, lebih nikmat saat dibawa kencang seperti saat touring/jalan jauh. Dll.

Semua kembali ke selera kita masing2, dan juga faktor keuangan, dll. Ada yg punya motor hanya sekedar bisa jalan saja, yg penting irit, murah. tidak perlu kencang, keren, gaya, dll.

Atau sebaliknya ada juga yg hobi motor, jadi makin keren, mahal, kencang motor maka nilai gengsi/harga dirinya akan makin naik.

Bagi saya sendiri, tentunya juga ingin naik kelas, ke motor sport, cuma hanya saja motor jika dijual maka harganya akan turun jauh dibanding saat membelinya, bisa hampir 50% depresiasi/penyusutan nilai jualnya,

jadi sayang daripada dijual maka belum tentu bisa mendapatkan motor dengan kualitas yg sama, apalgi jika motor beli dari baru, dan tidak ada masalah yg parah.

Seperti kata pepatah, Bersiaplah menyesal setelah membeli dan atau menjual barang,

karena manusia selalu merasa menyesal/kurang bersyukur/tidak pernah merasa puas

dan penyesalan selalu datang di akhir kemudian.

Karena segala sesuatu yg ada di Bumi ini tidak abadi,

Terima kasih 🙂

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: