Pantura vs Pansel

Posted on Agustus 16, 2018. Filed under: Liburan |

Ok, berhubung udah mau liburan, kali ini saya akan menulis tentang obyek wisata murah meriah yaitu Piknik ke pantai. Dibilang murah juga relatif sih, karena semua tergantung budget di dompet. Cuma kalau ke gunung biasanya lebih sulit jalannya karena menanjak jadi mungkin lebih melelahkan jadi lebih mahal begitu kali ya ? Heheh 🙂

Enaknya piknik ke pantai antara lain : bisa makan seafood murah dan enak, biasanya ukuran nya lebih besar dan lebih segar, karena banyak stok melimpah, langsung ambil dari laut. Jadi puas, diba’ nding makan di daerah kota besar.

Cocok buat yg tidak kuat hawa dingin, karena di pantai hawanya lebih panas

Bisa mengoleksi benda2 laut secara gratis, misal batu koral, kerang, dll. Syukur2 bisa dapat mutiara. Bisa sebagai pengisi dekorasi akuarium.

Ok, bedanya pantura dan pansel yaitu lokasinya, pantura ya berada di utara sedang pansel di selatan, gitu aja titik, kok pusing ? Heheh. Becanda lah sis bro. Namanya juga iseng2 nge blog alias gratisan ga ada yg bayar..

Pantura, ciri khasnya: ada hutan mini mangrove yaitu pohon bakau, tempat habitat kadal, biawak, kalau beruntung ketemu komodo tapi biasanya udah langka dan buaya bersemayam.

Karena airnya payau (campuran asin, dan tawar). Coba aja perhatikan tiap kali ke pantai indah kapuk, indramayu, dkk. Pasti banyak kadal2 nya dari yg kecil sampai besar 😀

Lalu, hawanya, umumnya lebih panas alias gerah daripada di Pansel. Kenapa ? Ya mungkin karena tidak ada Gunung jadi angin nya gak sejuk.

Ombaknya lebih tenang, ya karena pantainya tidak langsung ketemu dengan samudra, coba bedain dengan pantai selatan misal pelabuhan ratu, pangandaran, dll. Ombaknya super besar, karena ombaknya kecil maka anginnya juga lebih sedikit

Ikannya ada bandeng, mujaer, dll. Ya karena ikan bandeng kan ikan air payau, dll.

Lautnya lebih dangkal, coba saja snorkeling, diving, dll. Umumnya lebih banyaj dilakukan di pantura misal pulau tidung, bunaken, dll. Kalau pansel ga ada yg berani nyelam sepertinya.

Jalurnya / jalan aksesnya datar2 saja, mudah dicapai karena tidak melewati gunung, lembah, dll. Jadi kurang menantang, dll.

Lalu bedanya dengan Pansel ? Kebalikannya.

Hawanya lebih sejuk, karena banyak gunung2, hutan2 dengan pohon2 tinggi. Jadinya lebih besar anginnya.

Ombak cukup besar, apalagi jika mulai malam

Ada bukit2, gunung2 di belakangnya sehingga memberikan angin sejuk

Batu2 karang yg cukup besar dan banyak ciri khas pantai selatan

Pantai Citepus Pelabuhan Ratu

Ombak cukup besar, liar, bahaya. Karena langsung berbatasan dengan Samudra Hindia, terutama di Pelabuhan Ratu, banyak menelan korban, karena bentuk pantainya yg seperti mangkok jadi dasar lautnya cukup dalam, dan bersifat menarik ke dasar.

Coba saja lihat di google maps, semakin gelap warna birunya artinya semakin dalam lautnya.

Ikan2nya biasanya ikan laut semua dan lebih sehat, besar, segar, bersih. Karena biasanya di pantura agak lebih jorok, kotor, banyak limbah pabrik, sampah, dll, jadi ikan2, kerang, dll. Lebih kotor.

Ada mitos2, legenda2, keramat. Misalnya Nyi Roro Kidul, Nyi Blorong, dll. Sehingga menimbulkan kesan mistik, jadi agak seram.

Hotel Inna Samudra Beach kamar 308, kamar keramat

Kadang2 menimbulkan Tsunami kecil, apalagi jika musim hujan, ada gempa maka lebih berpotensi terjadi ombak besar.

Jalan aksesnya agak sulit, menantang, terutama saat ke pelabuhan ratu, jalannya berkelok2 naik turun, sehingga perlu extra waspada.

Pantai selatan cukup banyak. Yg terkenal misal Sawarna, Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Jayanti, Santolo, Cipatujah, Pangandaran, Cilacap, dll.

Batu Karangnya besar2, bisa jadi spot fotografi.

Kurang bisa dipakai untuk berenang, menyelam apalagi, dll. Ya karena faktor geografi (kedalaman laut, ombak besar, angin, dll) juga faktor mistis tersebut.

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: