Cuci Sendiri AC Samsung

Posted on Agustus 22, 2018. Filed under: Oprek |

Hari ini 22 Agustus 2018, Mumpung Hari libur dan juga AC udah 6 bulan lebih ga di cuci2 alesannya males. Padahal harusnya 3 bulan sekali dicuci. Mungkin harga ongkos jasa cuci nya juga udah naik.

AC beli dari 14 mei 2014, dan dipasang 24 mei 2014, berarti umurnya sudah sekitar 4 tahunan lebih. Hmm tidak terlalu muda tapi belum tua juga sih.

AC sebaiknya dirawat, karena jika malas, maka akan merugikan kesehatan, kenyamanan, keuangan juga. Karena jika AC bersih, sejuk maka kualitas tidur pun akan menjadi lebih baik, pulas, dan esok harinya tubuh akan menjadi lebih segar dan sehat.

Apalagi sekarang ini harga beli AC baru 0.5PK sudah semakin mahal, apalagi jika mereknya terkrnal.

maka akan lebih baik jika ac bekas dirawat dengan setelaten mungkin

Dan karena ada yg jual online, peralatan, perlengkapan cuci AC, maka berbekal hari libur, semangat, tenaga, tutorial di youtube, saya pun nekat melakukannya sendiri, dengan tujuan coba2 dan ingin tahu.

AC Samsung 0.5PK AR05HCFST tipe triangle, ternyata agak sulit dibuka, karena berbeda dengan ac split model umumnya.

Peralatan yg dibutuhkan : plastik cuci ac seharga 25rb, cairan pembersih evaporator (optional boleh juga tidak pakai). Sprayer utk semprot. Kuas. Lap. Dkk.

Bersifat basa, agak perih kalo kena kulit, merontokan debu di evaporator lebih cepat, juga mematikan kuman2

Sabun wangi, misalnya shampo mobil, dll. Optional juga sih.

Obeng plus ukuran sedang, kuas, selang air, sprayer, air bertekanan.

Mengapa saya tidak pakai pompa bertekanan seperti yg dipakai para tukang cuci AC pada umumnya ?

Ya karena harganya cukup mahal, dan kebetulan air di rumah saya pakai Air PAM dan punya tekanan cukup lumayan sehingga bisa naik ke lantai 3 rumah.

Bersyukur, kalau air tanah belum tentu bisa, tergantung kuat pompa airnya.

Pertama, lepaskan dulu kabel steker listriknya, lalu lepaskan tutup ac beserta filternya.

Indoor case samsung AC

Lalu pasang plastik penadah air cuci ac

Tak ada tangga meja pun jadi

Lalu dengan susah payah, talang air pun berhasil saya lepas dan bersihkan. Jika panggil tukang cuci ac, sepertinya bagian ini tidak akan dibersihkan, karena cukup rumit dan menyita waktu dan tenaga.

Mengapa talang air perlu dibersihkan ? Karena disitulah tempat lumut menempel dan terutama bakteri, kuman, virus yg berkembangbiak di lumut tersebut.

Apalagi jika air susah menetes pertanda ac bocor, ternyata jika talang air penuh lumut, akan mengakibatkan pembuangan air tidak lancar dan akhirnya airnya ngumbyang dan luber.

Masih hoki kalau air limbahannya gak kena komponen elektronik yg berdekatan di sampingnya. Kalau sampai kena maka pasti akan korsleting dan selesai sudah acnya pasti rusak..

Setelah saya rasa cukup bersih unit indoornya, maka selanjutnya adalah pencucian unit outdoor.

Unit outdoor terdiri dari kompressor, kondensor, kipas, dll. Kondensor berfungsi membuang panas ruangan dibantu oleh kipas.

Kompressor bertugas memompa freon dari unit outdoor ke unit indoor, lalu gas freon tersebut melalui evaporator akan disemprot angin dari kipas indoor maka terciptalah hawa dingin.

Kotoran sampah hasil cucian indoor, banyak lumut dkk

Hawa panas dari ruangan disedot melalui kipas indoor yg sama untuk disaring melalui filter udara agar saat masuk ke evaporator lebih bersih dan udara bersih tersebut meniup pipa dingin yg didalamnya ada gas freon yg sudah terhubung dengan kisi2 evaporator.

Lalu air pembuangan terjadi karena udara panas ruangan didinginkan oleh freon maka terjadilah kondensasi atau pengembunan dan airnya akan menetes.

Maka dari itu lama kelamaan gas freon akan berkurang ditandai dengan kurang dinginnya AC. Namun jika ada kebocoran gas freon maka jika sudah diisi hanya sebentar saja akan panas kembali, karena gas freonnya bocor.

Hal ini ditandai dengan adanya bunga es di evaporator indoor, seperti di dalam freezer pertanda ada kebocoran halus di pipa freon maka solusinya harus ditambal dengan las khusus ac yaitu las pipa tembaga.

Ternyata penyebab bunga es di evaporator bukan hanya kebocoran pipa freon, namun bisa juga karena freon kurang, indoor kotor akibatnya hawa dingin tidak lekas keluar dari ac.

http://www.gatekno.net/penyebab-ac-keluar-bunga-es/

Jadi sebenarnya Ac itu bukan ventilasi, karena udara di dalam ruangan hanya terus berputar putar saja, paling ada udara dari luar kamar yg terhisap sedikit.

Maka dari itu kurang sehat terlalu lama di ruangan ber AC apalagi jika ac nya sudah kotor karena jarang dibersihkan seperti di perkantoran.

Unit outdoor ac samsung berbodi plastik tebal, sehingga lebih jarang berkarat

Lalu saya pun tidak puas hanya menyemprotkan air saja, saya buka bodi outdoornya, dan ternyata sangat kotor.

Kalau mau lebih bersih maka sebaiknya lepas bodi outdoor dan bersihkan

Dan setelah bersih pasang kembali body outdoor agar supaya cicak, dkk tidak iseng masuk dan mengacau.

Kira2 sekitar setengah jam atau lebih, suka2 kamu aja. 🙂

Setelah puas mencuci unit indoor, maka jangan langsung dipasang, tapi saya mengeringkan dahulu dengan kipas angin agar lebih yakin kering, takutnya ada masih ada air yg nempel di elektronik, bahaya.

Dan setelah semuanya kering dan terpasang dengan rapi dan benar, dengan besar hati dan besar pengharapan jiwa maka saya pun menancapkan steker listrik dan tiit tanda sensor2 berfungsi dengan baik.

Akhirnya usaha saya pun tidak sia-sia dan membuahkan hasil yg baik. AC 4 tahun lebih, terasa seperti beli baru lagi. 🙂

Dan hasilnya luar biasa ac terasa lebih dingin, lebih bersih, sehat dan tidak berbau aneh lagi. Suara outdoor dan indoor pun terdengar lebih senyap.

Kesimpulan:

1. Jika ada kemauan maka ada jalan.

2. Cuci ac sendiri terasa cukup melelahkan dan menghabiskan tenaga, air, waktu 1 harian, kurang efektif, efisien bagi orang yg banyak kegiatan. Karena saya hanya bermodalkan peralatan, perlengkapan seadanya saja. Jadi mungkin hasilnya tidak secepat tukang cuci ac yg sudah terlatih, profesional, memakai alat2 canggih.

3. Lebih praktis dan ekonomis jika memakai jasa tukang cuci ac saja, hanya keluar uang 60rb sudah beres dalam hitungan jam.

Semoga artikel saya kali ini berguna, tidak ada maksud mendiskreditkan tukang cuci ac, ini hanyalah kegiatan swadaya atau seorang diri saja. Bahasa kerennya D.I.Y do it yourself.

Akhir kata mohon maaf jika ada kata2 yg salah atau kekurangan, salam damai sejahtera dan sukses selalu, Terima kasih

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: