Raja Sepeda Motor bebek

Posted on Agustus 28, 2018. Filed under: Motor |

Sepeda motor pada awalnya dibuat Yaitu semuanya memakai kopling manual alias di tangan sebelah kiri.

Awal mulanya, sepeda motor hanyalah sepeda yg dipasang mesin bakar kecil seperti mesin potong rumput.

Lalu lama kelamaan dipasanglah kopling dan gigi transmisi agar motor bisa melaju dengan lebih cepat menggunakan mesin yg sama. akhirnya lahirlah motor.

images (15)2070799863470925767..jpg

pelopor motor manual

Juga Seperti pada motor vespa generasi awal yg bermesin 2 tak juga memakai kopling manual.

Pada motor vespa generasi lama, gigi persneleng ada ditangan jadi makin lelah kerja tangan kiri

Lalu dibuatlah motor bertipe cub atau bahasa indonesianya bebek. Dengan kopling manual diganti menjadi kopling semi otomatis. Jadi tangan kiri tugasnya menjadi lebih sedikit hanya memegang setang motor dan mengarahkan kemudi saja.

Kopling mesin dipindah ke bagian kruk as atau poros engkol. Istilahnya kopling ganda/sentrifugal.

  

Sementara pola pengoperasian gigi persneleng masih sama dengan tipe sport yaitu di kaki kiri. Namun tidak perlu kopling lagi. Jadi keuntungannya, tangan kiri bisa lebih santai, mengurangi resiko mati mesin karena salah kopling, kampas kopling jadi lebih irit & awet. karena tidak ada sistim 1/2 kopling atau kopling gantung.

Sebenarnya apa fungsi kopling ? Yaitu sebagai pemutus daya mesin agar gigi persneleng dapat berpindah

Disamping itu kopling manual membuat gaya mengemudi menjadi lebih agresif, karena kita bisa sesuka hati memindahkan gigi, di 1 sisi memang akselerasi lebih cepat karena kita bisa memainkan rpm. Makanya rata2 motor kopling pasti speedometernya ada rpm nya atau tachometer.

Tapi di lain sisi, mesin menjadi boros bbm, dan juga mesin lebih cepat panas. Juga karena faktor kelelahan, kopling manual perlu diinjak/ditarik.

Untuk bermacet2 ria, saya rasa kurang pas jika memakai motor/mobil berkopling manual.

Apalagi jika motor bebek yg awalnya sudah dibuat dengan kopling semi otomatis, jika diganti ke manual, maka lama kelamaan akan membuat plat kopling cepat aus dan akhirnya merusak sistim transmisi.

 

 

Kopling set aftermarket, hanya untuk gaya-gaya an saja, malah membuat capek dan gear motor cepat rusak

 

 

Kekurangannya :

umumnya motor bebek bermesin tidur karena banyak dinaiki wanita, juga ruang mesin lebih sedikit/kecil.

 

Dan kapasitas mesin kecil.

Kurang kuat jika dipakai jalan jauh, karena hanya berpendingin udara jadi resiko tinggi overheat akibatnya mesin lebih sering di overhaul. Ciri2nya knalpot mengeluarkan asap putih atau ngebul pertanda oli terbakar.

Lubang knalpot pasti basah oli dan bau sangit seperti terbakar

Lebih beresiko saat menerjang banjir, busi rentan kena air.

Meski demikian masih banyak saja orang yg memaksakan mudik dengan naik sepeda motor bebek, meski sanggup tapi pada akhirnya tidak akan bertahan lama.

Kelebihannya :
harga murah, mudah pengoperasiannya, mudah perawatannya, ada bagasi mini, irit bahan bakar, dll.

Lalu diantara semua kekurangan & kelebihan motor cub, yg manakah yg terbaik ?

Sampai Saat ini menurut saya hanya Jupiter MX 135 yg non kopling saja karena :

 

 

Mesin agak tegak jadi lebih aman saat menerjang banjir.

Berpendingin radiator jadi lebih aman & nyaman, tidak akan overheat asal coolant cukup, bersih.

Karena non kopling sudah pasti tangan tidak akan pegal saat bermacet2 ria.

Memakai rantai untuk menggerakan roda belakang, jadi lebih mudah utk. Disetel dan murah harganya dibanding v-belt pada motor2 matic.

Mesin didepan, jadi lebih cepat membuang panas dibanding mesin matic yg berada di samping, ditambah lagi dengan radiator.

Kekurangannya :

Karena masih memakai rantai jadi resiko kotor kena debu jadi harus rutin dibersihkan, dilumasi.

Kelistrikan standar masih AC halfwave, jadi kurang stabil dan rentan merusak aki, bohlam lampu.

bertransmisi hanya sampai 4 gigi saja, jadi tidak bisa dipacu sampai kecepatan maksimum.

Karena gigi persneleng hanya sampai 4 otomatis rem belakang hanya teromol saja sudah cukup.

Motor sejenis Jupiter MX, hampir tidak ada, yg saya tahu paling2 hanya TVS Tormax saja, itupun bermesin tidur dan ber kapasitas lebih besar, kopling manual, buatan india, dll.

 

 

Dan juga bebek gak jelas atau jadi2an Honda CS-1 dan itu pun bertipe kopling manual.

Seukuran bebek, namun jika dilihat tidak seperti bebek, lebih mirip belalang, tangki bensin diatas. Kan gak jelas.🤣

berkesan kencang, padahal kapasitas mesin hanya 125cc saja, bertipe overbore dan gigi persneleng sudah sampai 5

Jadi MX auto bisa saya bilang sebagai rajanya motor bebek. Kenapa ? Karena sudah memenuhi semua persyaratan sebagai motor bebek murni ditambah berbagai teknologi, fitur, dll.

Sementara MX manual lebih kurang jelas segmentnya, karena bertipe bebek namun dipasang kopling manual, juga masih memakai karburator, tanggung.

Ya sudahlah begitu saja, sekian artikel membosankan ini terima kasih sudah mampir dan membaca, mohon maaf jika ada salah kata, salam sejahtera dan sukses selalu.

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: