Perbandingan mobil toyota avanza vs honda mobilio

Posted on September 15, 2018. Filed under: Mobil |

Perbandingan disini subyektif dari cara berpikir saya ok? Mungkin tanpa didasari data2 & fakta2 akurat & reliable.

Saya sendiri belum pernah mengendarai mobilio ini, hanya sebatas menonton video review di youtube saja, jadi tidak bisa & tidak boleh terlalu menjudge secara sepihak saja.

sebenarnya tidak bisa dijadikan perbandingan, karena sudah beda jauh, kenapa ? karena Mobilio penggerak roda depan atau FWD, sementara Avanza penggerak roda belakang atau RWD, sehingga karakteristik, Performa, Plus Minus akan jauh berbeda.

Saya juga bingung kenapa banyak dibandingkan, mungkin karena harganya mirip, mengisi pangsa pasar yg sama yaitu segmen Low MPV.

Ok langsung saja to the point, tidak usah basa basi lagi.

Produk keluaran PT. Honda Prospect Motor, dengan ciri khas :

1. Semuanya berpenggerak roda depan, istilahnya FWD, FF. Mengapa Honda tidak memakai penggerak roda belakang ?

Mungkin karena sesuai dengan slogannya yaitu Earth Dreams, artinya berusaha menghemat konsumsi bahan bakar, jadi tidak perlu memakai gardan lagi, yg jelas2 memboroskan bensin.

2. Model rata2 bagus, modern, futuristik, tidak kaku.
3. Mobil Honda memiliki Image mobil canggih/futuristik, kencang, irit.
4. Istilah/jargon teknologi yg dipakai yaitu VTEC, iDSI, VTI-S, G-CON, yg terbaru yaitu Earth Dreams.
5. Harga produk & spareparts umumnya diatas pabrikan Toyota alias lebih mahal.

6. Desain nya modern, lebih mengarah ke segmen anak muda/eksekutif muda.

Sedang produknya secara spesifik yaitu Mobilio

tipe terbaru yaitu RS

Honda Mobilio

ternyata sanggup juga diajak piknik ke daerah pegunungan

Dibuat setelah Avanza, dengan tujuan menyaingi & merebut pangsa pasar & sekaligus mendominasi serta mengalahkan penjualan Avanza. Tentunya setelah mempelajari kekurangan avanza.
dibuat lebih ke arah Kenyamanan, Performa, Prestige.

Kenyamanan berarti nyaman, sekaligus aman. mobilio sudah dilengkapi ABS+EBD, jadi saat mengerem mendadak roda depan tidak akan mengunci jadi masih bisa berbelok.
juga adanya AirBag, Body G-CON yg akan menyerap benturan saat terjadi kecelakaan.

Performa berarti kekuatan, produktivitas, daya tahan. karena bermesin 1,5L SOHC i-VTEC, sudah tidak diragukan lagi Power nya. didukung dengan Transmisi CVT GearLess semakin meningkatkan kemampuan Akselerasinya.

Prestige berarti gengsi, image, kesan, level. jika naik mobil honda serasa beda, rasanya berkesan canggih, futuristik, modern, maju, elegan, tidak kuno, tidak jadul, tidak konservatif.

Kelemahannya:
1. Rata2 bertransmisi otomatis dan Bertipe CVT, dimana memakai steel belt, yg tidak seawet TC (Torque Converter). mengapa ?

hal ini saya dengar sendiri dari bengkel spesialis matic yaitu Wornermatic, katanya jika mobil-mobil bertransmisi CVT memang lebih nyaman, halus, namun jika bermasalah / rewel maka perbaikannya akan cukup mahal, lebih mahal dari TC.

Meski ada juga Mobilio Manual, namun tidak masuk hitungan saya, karena buat apa mobil FWD manual ?? Gak jelas.

2. Ground Clearance lebih rendah ke tanah alias lebih membumi, memang kelebihannya jika dipakai ngebut akan lebih stabil & tidak limbung, namun jika melewati jalan rusak maka siap2 saja akan beresiko mentok ke dek/body.

3. Brio yg di panjangkan belakangnya. ya karena bagian depan Mobilio hampir sama persis alias mirip dengan Brio. dengan kapasitas mesin yg lebih besar.

5. Rata2 mobil honda diwajibkan memakai Bensin tanpa Timbal alias Non Premium, karena lebih peka sensor2 injeksinya dibandingkan mobil Toyota khususnya Avanza.
jika tidak maka power mesin terasa berkurang dan beresiko problem.

6. seperti pada umumnya mobil FWD, yg berarti berpenggerak roda depan, jika menghadapi jalan menanjak dengan beban cukup berat ditambah lagi jalanan licin misal hujan, berbatu, tanah, lumpur, dll, maka akan sangat beresiko selip ban depannya, jadi tidak bisa / tidak kuat menanjak, kecuali bebannya dikurangi, terutama beban di belakang.

7. mobil2 FWD, kaki2 depannya akan lebih cepat rusak, terutama bagian CV (Constant Velocity) Joint nya atau analoginya As Kopelnya RWD.

karena beban mesin ditambah penggerak sangat berat di depan, ditambah penumpang, pengemudi. jika sudah rusak, maka siap2 saja mengganti dengan harga yg tidak murah.

Apalagi jika sering membawa beban berat, kasar dalam mengemudi, sering melewati jalanan rusak seperti di desa, dll.

beda dengan mobil RWD seperti Avanza, dimana kaki2 depannya cukup kuat, karena ringan tidak terbebani penggerak

8. Ban Depan , Suspensi, Engine mounting mobil FWD akan lebih cepat rusak.
https://www.rayapos.com/waspada-part-cepat-rusak-mobil-front-wheel-drive/

Kerja ban depan di mobil FWD sangat berat. Karena saat akselerasi ban depan yang menggerus aspal. Begitu pula saat mengerem. Ditambah lagi saat setir diputar ketika mobil berhenti. Makanya pasti ban depan yang habis duluan.

Pembagian berat mobil FWD lebih banyak ke depan. Sehingga sama seperti ban, suspensi depan lebih dulu aus. Apalagi jika sering menghajar jalanan rusak. Namun, biasanya pabrikan meminimalisirnya dengan membuat suspensi depan lebih keras.

third-dog-bone-engine-mount

Engine Mounting tergolong awet. Tapi untuk mobil FWD tidak. Kenapa? Karena transmisi FWD hampir menyatu dengan mesin. Ini membuat bobot mesin lebih berat. Hasilnya engine mounting jadi korban. Usia pakai engine mounting di mobil FWD hanya sekitar 50-60 ribu KM. Sedangkan mobil lain bisa sampai 100 ribu KM.

Kelebihannya :

1. Karena FWD dan CVT pastinya akan lebih cepat, power & akselerasi jauh lebih besar dibanding Avanza. juga konsumsi bensin akan lebih irit, karena tidak memakai Gardan dan As Kopel.

Karena CVT artinya gearless alias tidak ada batasan gearnya. Sehingga Top Speed nya tidak dibatasi Gear. hingga saat ini transmisi CVT hanya ada di mobil FWD saja, karena kodratnya langsung menyatu dengan as roda.

mungkin akan lebih baik jika mesin CVT dipasang di belakang sehingga seperti mobil-mobil Porsche.

Namun sayangnya, ECU Mobilio dibatasi Limiter, sehingga Top Speed maksimal mentok di 145KM/h. Mungkin karena alasan keamanan.

Solusinya, mungkin dengan memakai Piggyback untuk memanipulasi ECU. Sementara Avanza ECU nya tidak dibatasi, namun mentok di gigi 5 saja.

2. Ruang penumpang baris belakang lebih lega daripada avanza, karena panjang total keseluruhan Mobilio lebih panjang dibanding Avanza.

3. Joknya lebih berkesan sporty seperti mobil balap/sport.

4. Handling lebih stabil apalagi jika menikung sambil ngebut, karena tidak akan ngepot roda belakangnya.

5. Model dan disain bagian belakang bagus, seperti mobil BMW.

6. Lebih aman, karena alarm sudah immobilizer, airbag, ABS, EBD.

Toyota Avanza

Merupakan mobil paling larisnya pabrikan Toyota, setelah era Kijang kotak & kapsul.

Dibuat lebih ke arah mobil keluarga, yg tidak terlalu mengutamakan performa, lebih mengunggulkan fungsionalitas, durabilitas, efisiensi. Pengguna semua umur tapi mayoritas kepala keluarga yg mampu membawa banyak anggota keluarga, maupun barang.

Fungsional karena kuat membawa banyak barang, penumpang, mampu menjelajah ke berbagai medan baik pegunungan, lembah, dll. asalkan medannya tidak terlalu ekstrim.

MPV (multi purpose vehicle) berarti kenderaan banyak fungsi, tujuan, kegunaan.

Namun karena multi jadinya tidak maksimal. Karena kalau dibawa offroad pasti akan menyerah juga.

Hal ini saya alami saat avanza terjebak di kubangan tanah lumpur di daerah bogor, agak sulit keluar karena ban belakang spin/selip.

Karena Avanza RWD, sudah pasti memakai gardan/differential, as kopel, maka power akan terbuang sedikit untuk memutar gardan tersebut, mobil juga lebih berat, sehingga tenaga pasti kalah jika diadu melawan FWD.

Juga ruang kabin ada jendulan, jadi tidak rata. Dan dibawah, disamping kaki ruang depan akan terasa panas jika sudah lama berkendara.

Ada juga suara dengungan dari as kopel saat ngebut di kecepatan tinggi, dan perlunya mengganti oli gardan.

Mobil RWD itu seperti truck atau bus yg lebih cocok sebagai angkutan barang/massal, dimana tidak ada bus/truck yg FWD. Dan teknologi nya masih lama/konvensional.

blue and black truck on road near building and two motorcycles

Photo by Ali Madad on Pexels.com

pexels-photo-1091470.jpeg

Photo by Aldo Picaso on Pexels.com

Mobil RWD itu ibaratnya naik gerobak/becak, karena didorong dari belakang,

Rickshaw_2

sementara mobil FWD ibarat naik kereta kuda, karena ditarik dari depan. Lebih nyaman, aman, kencang yg mana ?

Hmm..

Sementara jika dipakai ngebut kencang, powernya mentok, limbung, kurang stabil. Keamanan kurang, mudah terbalik jika banting stir saat ngebut kencang.

Durabilitas berarti daya tahan, keawetan. seperti mobil RWD pada umumnya, sektor kaki-kaki jauh lebih kuat dibanding mobil FWD, karena kaki depan lebih ringan, bobot kenderaan terdistribusi dengan seimbang ke depan, belakang. berbeda dengan mobil FWD, dimana distribusi berat jauh lebih banyak ke depan. sehingga kaki-kaki depan mobil FWD maupun penggerak roda nya lebih rentan / gampang rusak.

Efisiensi berarti keiritan, baik bahan bakar, biaya servis, komponen/spare parts, nilai jual, pajak tahunan, dll. seperti yg sudah kita ketahui bahwa Bengkel Toyota cukup banyak di seluruh nusantara ini, juga banyak komponen imitasi/kelas duanya.

Jadi kesimpulannya adalah

Honda Mobilio adalah mobil Low MPV, namun lebih kencang , bertenaga , stabil, nyaman, aman dibanding Toyota Avanza.

Avanza adalah mobil Low MPV, yg lebih fungsional, awet, kuat, irit biaya perawatan dibanding Mobilio.

Sebenarnya jika mau totalitas /all in maka mobil RWD itu akan lebih ideal jika bermesin Diesel karena lebih mementingkan kekuatan beban dan bertranmisi manual

Real RWD, Turbo Diesel, Manual. 4×2

sehingga lebih kuat saat menanjak,

sementara Mobil FWD idealnya city car/kei car (mobil kecil), sedan/hatcback, bensin, CVT.

Tinggal dipilih saja, suka yg mana, lalu dibayar entah cash atau ngutang, dan dinikmati sepuas2nya.

Masing2 mobil tentu ada kelebihan, kekurangan, tidak ada yg sempurna selama masih buatan manusia, dan manusia tidak akan pernah puas, selalu saja ada yg dirasa kurang.

Kalau saya sendiri lebih suka dengan produk Toyota Avanza mungkin karena sudah familiar menyetirnya karena banyak dipakai dimana2 misalnya mobil kantor, taxi online, rental, dll.

Tapi mungkin jika sudah mengendarai mobil honda mobilio akan terasa bedanya..

Bagaimana kalau anda ? Lebih suka yg mana ? 🙂

Sekian artikel kurang berguna kali ini, mohon maaf jika ada kekurangan, salah kata, dll. Akhir kata salam damai sejahtera dan suskses selalu, terima kasih sudah mampir & membaca apalagi like blog saya. ☺️

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: