Membentuk otot sekaligus membakar lemak

Posted on September 26, 2018. Filed under: Fitness & Gym |

Membentuk otot itu gampang / susah? Jawabannya relatif, tergantung masing2 orang, ada yg sangat mudah, ada juga yg susah setengah mati..

Kalau saya sendiri, mengaku susah, kenapa? Karena pola makan masih tidak dijaga, kadang masih suka makan goreng2an, mie instafood,

Juga karena faktor umur, saat ini saya sudah berusia 37 tahun, pasti akan lebih susaah, lambat dibanding dengan yg masih umur 27 tahunan. Dimana kadar hormon testosteron mulai terus menurun.

Ditambah lagi faktor pekerjaan, dimana saya adalah pekerja kantoran back office (lebih spesifiknya IT Programmer) sehingga lebih banyak duduk, kurang pakai fisik/otot/tenaga. Lebih banyak pakai otak, otomatis kalori lebih sedikit terbakar.

Jadi dibutuhkan usaha, biaya, waktu, niat, semangat EXTRA/LEBIH.

Lalu apa yg saya lakukan? Berikut sedikit tips simple
1. 1- 2 jam sebelum gym sekitar jam 4-5 sore, makan sedikit, agar tidak lemes, supaya ada tenaga. Jika perut kosong, maka ada resiko perut kembung/masuk angin.!
2. Minum kopi pahit hitam tanpa gula 1 jam sebelum latihan, agar menaikan denyut jantung, menaikan tensi darah sedikit, membuat lebih berkeringat, membakar kalori, menambah tenaga, menambah konsentrasi.

Juga jangan minum kopi saat perut kosong, karena cafein bersifat asam. Jadi berbahaya bagi lambung.
3. Naik motor, membakar kalori lebih banyak, dibanding naik mobil. Karena kalori terbakar, maka otomatis dibutuhkan tambahan makanan.

4. Latihan beban secukupnya, jangan terlalu dipaksakan, jika sudah berkeringat saat sampai tempat Gym, tidak perlu cardio, tapi peregangan harus tetap dilakukan.

Jika lemak sedikit maka akan lebih cepat kelihatan otot2nya atau urat2 nya.

Makin banyak otot maka makin cepat dan banyak lemak terbakar.

Cara membentuk otot salah 1 nya yaitu dengan cara membakar lemak, meskipun tidak secara langsung.

Cara membakar lemak :

1. Diet, atau mengurangi jumlah asupan kalori, lemak yg dimakan/diminum.

2. Sering berolahraga, atau banyak melakukan aktivitas fisik seperti jogging/lari pagi, berjalan, dll.

3. Banyak, sering makan buah, sayur, mengurangi makan makanan & minuman sampah/junk food seperti

snack, kerupuk, kentang goreng, mie instant, vodka, bir,

daging babi, lemak , gajih, gorengan, makanan yg digoreng.

Umumnya segala jenis makanan olahan,

minuman ringan adalah sumber lemak trans/jahat karena digoreng, menggunakan mentega/hydrogenated fat.

tinggi sodium/garam,

pengawet (sodium benzoat, citric acid, nitrate), dll.

Makanan olahan seperti sosis, mie instan, kornet, makanan kalengan,

4. Makan makanan dan minum minuman yg sehat & rendah kalori & gula, seperti

teh hijau,

oatmeal,

susu low fat hi calcium,

air putih,

susu kedelai, jeruk nipis, lemon, apel, nanas, anggur, melon, pepaya, bubur kacang hijau, brokoli, bayam, jamur, tempe, tahu.

5. Melakukan pola hidup sehat seperti, tidak bergadang, tidur minimal 8 jam, minum air putih minimal 3 liter per hari, olahraga rutin.

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: