Kuras Radiator berkarat

Posted on Oktober 9, 2018. Filed under: Mobil, Oprek |

Radiator adalah salah 1 komponen mesin dari sistim pendingin mobil.

Sistim pendinginan sendiri memiliki banyak komponen/parts, diantaranya Radiator, thermostat, selang2, reservoir, kipas pendingin, sensor suhu, water jacket(saluran air di mesin), dll.

Radiator sendiri berfungsi untuk membuang panas mesin, dengan air panas yg masuk ke selang2 dan kisi2 radiator, ditiup dengan angin dari kipas pendingin, sehingga air menjadi lebih adem suhunya.

Mengapa perlu dikuras ? Karena kotorannya. Apalagi jika sudah sekian lama, dan diperparah jika air radiator hanya menggunakan air keran/sumur/ledeng, dll.

0125564karat2780x390

Maka akan timbul korosi/karat , ditandai dengan air radiator yg berwarna kecoklatan/kekuningan, juga di tutup radiator ada plak karat.

Karat, kotoran yg lama2 sudah banyak, menumpuk akan beresiko menyumbat pompa air, saluran, dll.

Pemalang-20150305-01033

Akibatnya mesin akan overheat, karena sistim pendinginan bermasalah.

Akibat mesin overheat sudah pasti sangat menyeramkan, jeroan mesin seperti piston, klep, blok silinder akan jebol, dan harus overhaul yg memakan biaya besar, waktu, stress, susah kemana2..

Kebanyakan para wanita hanya bisa memakai mobil tanpa mengerti cara perawatannya

jadi solusinya yaitu harus dikuras tuntas sampai bersih. Tidak bersih 100% juga tidak masalah, tapi jika lebih bersih maka akan lebih baik.

caranya cukup mudah, namun butuh kesabaran, waktu, tenaga, dan yg terpenting adalah air.

Yg terpenting saat mengurasnya harus dilakukan saat mesin panas atau hangat, karena kotoran akan lebih mudah keluar. Namun jika mesin sangat panas, maka perlu berhati2 karena tekanan airnya pasti tinggi.

1. buka baut pembuangan / drain plug yg berada di paling bawah radiator.

images

2. Lalu buka katup bleeder radiator, biasanya berada dekat dengan box filter udara, terutama di mobil Avanza Xenia.

3. Buka tutup radiator. Maka air akan mengucur deras sampai habis dari bawah. Jika mesin sangat panas, maka buka secara perlahan2 sampai uap air panasnya habis, ditandai tidak ada tekanan uapnya, maka bisa langsung dibuka total tutupnya.

4. Tampung seperlunya saja air buangan, hanya untuk mengecek warna air dan kekotoran air.

5. Lalu setelah air habis, maka isi dengan air keran, sampai luber, keluar air dari bleeder valve. Lakukan terus sampai air buangan berwarna jernih/bening. Cara ini hanya membersihkan di seputar radiator saja , karena air tidak berputar ke water jacket.

6. Lakukan juga sambil menyalakan mesin, agar air bersirkulasi ke water jacket dan seluruh saluran airnya.

7. Sebelum menyalakan mesin, sebaiknya masukan zat pembersih kotoran/karat agar lebih mudah membuang sampah tersebut. Apalagi jika karat sudah cukup parah/banyak, maka harus pakai zat pembersih.

Zat tersebut yaitu berupa barang jadi bernama radiator flush, merk MASTER,

Yg harga per botolnya sekitar 30 ribu dan hanya berisi sekitar 300mL saja. Jadi sepertinya kurang banyak, harus pakai berapa botol agar bisa bersih ?

Namun disini saya lebih menggunakan bahan mentah karena lebih murah jadi bisa lebih banyak dan puas saat mengurasnya, juga bisa dipakai untuk beberapa kali kuras.

Bahan mentah tersebut mulai dari Sabun rinso cair, Coca Cola, Citrun.

Sabun rinso mengandung campuran soda api, detergen, pemutih, dll. Cukup baik dalam membuang kotoran.

Coca Cola atau Sprite / Fanta, dkk. Berisi gas Co2, natrium bikarbonat, Citric Acid/asam sitrat, cukup baik dalam melarutkan karat, kotoran. Namun mengandung gula, pewarna, dll. Yg kurang begitu diperlukan oleh logam.

Citroen, nah ini yg saya pakai, karena hanya mengandung asam sitrat yg cukup baik dalam melarutkan karat, kotoran, dll.

Sitrun merupakan asam lemah jadi tidak terlalu keras terhadap logam. Juga tidak ada substansi lain yg tidak dibutuhkan oleh mesin.

Sebenarnya ada 1 bahan lagi yaitu Lye/Caustic Soda/Soda Api, cuma karena sifatnya sangat korosif maka saya tidak berani. Karena lye adalah basa kuat yg bersifat panas dan melarutkan dengan cepat apapun yg ditemui.

Setelah memakai citrun maka air buangan yg tadinya sudah jernih hanya dikuras dengan air biasa, lalu tiba2 coklat kembali, dan berbau besi. Tanda bahwa karat mulai rontok dan larut.

Lalu dilanjutkan sekitar 3-5 x kuras sampai airnya benar2 bersih.

Jika sudah bersih maka jangan lupa agar memakai cairan Radiator Coolant, agar di kemudian hari, airnya tidak berkarat lagi.

Banyak merk, warna, serta harga, tinggal dipilih sesuai selera saja, fungsinya sama semua.

Setelah dikuras, 1minggu kemudian, saya pun mengurasnya lagi dan hasilnya cukup memuaskan karena airnya tidak terlalu coklat (tidak mengandung karat) malah agak kemerahan karena pengaruh sisa2 Radiator coolant.

Kesimpulan :

Radiator yg berkarat mungkin tidak terlalu berbahaya asalkan lekas dikuras bersih, jika tidak maka akan semakin parah dan banyak karatnya, maka suatu saat akan menyumbat jalur sirkulasi air, pompa, dll, maka mesin akan overheat dan selesai.

Penyebab karat pada radiatot yaitu karena air yg kotor, tidak memakai coolant. Akibatnya logam2 akan teroksidasi oleh air.

Juga sepertinya jika mobil jarang dipakai, atau dibiarkan berhari2, berminggu2 tanpa dipanaskan.

Jika karat sudah bersih, maka menggunakan air pam masih dimungkinkan, karena masih lebih bersih dibanding air tanah/ledeng/sumur.

Mungkin sekian dulu artikel tips kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua, mohon maaf jika ada salah kata dan terima kasih banyak sudah mampir, membaca blog saya, koment, apalagi like.

Salam damai sejahtera dan sukses selalu 😊

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: