Otot

Posted on Januari 25, 2019. Filed under: Fitness & Gym |

Otot manusia umumnya terbagi atas 3 jenis yaitu otot polos, otot lurik (rangka) dan otot jantung.

60f922a2cee75

Otot polos
berada didinding organ internal manusia seperti pembuluh darah, saluran pencernaan, kandung kemih atau rahim.

Otot lurik/motorik / rangka.
otot lurik hampir secara eksklusif melekat pada kerangka dan membentuk sebagian besar jaringan otot tubuh.

Otot Jantung
Otot jantung ini hanya terdapat pada jantung. Strukturnya sama seperti otot lurik, gelap terang secara berselang-seling dan terdapat percabangan sel.

Kerja otot jantung tidak bisa dikendalikan oleh kemauan kita, tetapi bekerja sesuai dengan gerak jantung. Jadi otot jantung menurut bentuknya seperti otot lurik dan dari proses kerjanya seperti otot polos, oleh karena itu disebut juga otot spesial.

Otot itu ibarat balon, ban, dll. Jika tidak dipakai atau didiamkan saja, tidak diisi, seiring berjalannnya waktu maka ada kemungkinan tekanannya berkurang atau volumenya mengecil.

Bedanya dengan balon ya,itu bahwa otot itu jaringan yg hidup, dapat meregenerasi/memperbaiki diri sendiri.

Asalkan dilatih dengan benar dan rutin/teratur maka otot akan menjadi semakin kuat, tebal/besar, lentur. Sehingga dapat menjadi kekuatan untuk menopang tubuh, melindungi tulang, persendian, organ dalam tubuh..

Cara membangun otot

1. Pemanasan/peregangan

Sebelum dilatih/dibangun maka perlu dilakukan pemanasan dulu agar tidak kaget. Jika otot kaget maka akan beresiko cedera lebih parah / lama. Istilahnya ketarik.

2. Latihan inti

Untuk membesarkan, maka perlu mengangkat beban berat dengan repetisi/perulangan sedikit. Sementara untuk mengencangkan / menguatkan, perlu mengangkat beban sedang/ringan dengan repetisi banyak.

3. Pemulihan

Setelah dipakai/dilatih, biasanya otot akan terasa sakit/nyeri. Maka diperlukan waktu, nutrisi, gizi untuk memulihkan sekaligus membangun otot yg cedera, rusak, luka tersebut.

Waktu: yaitu saat beristirahat, terutama tidur malam, minimal 8 jam atau lebih tergantung usia, ras, beratnya latihan.

Gizi: protein terutama dibutuhkan untuk pemulihan, pembangunan otot yg cedera/luka.

Protein akan diubah menjadi asam amino baru akan diserap oleh tubuh khususnya otot.

Lemak, dibutuhkan juga sebagai pelumas sendi, bahan bakar selain karbo.

Karbohidrat, istilahnya karbo dibutuhkan terutama sebagai bahan bakar/energi instant namun kotor, juga untuk memicu pelepasan insulin (hormon anabolik) agar terjadi perbaikan / regenerasi sel-sel otot.

Oleh karena itu setelah memakan karbo umumnya tubuh lebih bertenaga sesaat, namun jika tidak dilakukan kegiatan/aktivitas fisik, maka akan terasa mengantuk/lemas, karena kadar gula darah yg naik/tinggi.

Karbohidrat terdiri dari 3 jenis.

Glukosa
karbohidrat paling simple/sederhana, sumber dari nasi,tepung, sagu, jagung, dll.
paling mudah dicerna dan sangat disukai tubuh karena sangat mudah diubah menjadi energi, yaitu Glikogen (gula otot).
namun glukosa akan langsung menaikan kadar gula darah maka dari itu Hormon Insulin akan dikeluarkan supaya gula darah kembali normal, dan sebagai hasil residunya adalah lemak tubuh yaitu LDL akan dibentuk.

Fruktosa
yaitu gula alami yg berasal dari buah-buahan yg manis misal Apel, Durian, Mangga, Kurma, Anggur, Nangka, Nanas, Melon, dll.
Namun ada juga Fruktosa Sintetis (dibuat di pabrik) seperti Pemanis buatan atau Sirup Maple , Sirup Agave, HFCS (High Fructose Corn Syrup). gula buatan ini jauh lebih berbahaya dampaknya.
Fruktosa tidak akan secara langsung menaikan kadar gula darah, namun bahayanya fruktosa hanya bisa dipecah di hati/LIVER dan hasilnya adalah berupa lemak LDL.

Sukrosa
yaitu Gula kompleks yg terdiri dari Glukosa dan Fruktosa.
misal terdapat di gula dapur, gula merah, gula aren, gula biang, pemanis, mengandung kalori kurang tinggi namun nikmat karena rasa manisnya.

Jadi saat otot terluka karena dilatih/dipakai bekerja maka agar otot sembuh, berkembang tentunya diperlukan juga hormon insulin (sebagai hormon anabolik/penyerapan) dan tentunya protein (asam amino) sebagai nutrisi utama pembangun.
Dan juga diperlukan HGH (Human Growth Hormon) atau hormon pertumbuhan yg diproduksi saat tidur malam, juga perlunya Hormon Testosteron (diproduksi alami)

Make a Comment

Tinggalkan komentar

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...