FZ150 / Vixion

Best Motorsport

Posted on Agustus 29, 2014. Filed under: FZ150 / Vixion, Motor, Yamaha |

Ga perduli yamaha udah ngeluarin NVL(new vixion lightning), NVAdvanced, NVxxx,  R15 keq, R25 kek, R berapa keq, bagi owe MOTOR SPORT NO.1  hanyalah Vixion a.k.a FZ150i 1st Generation. 😮

image

Apalagi yg warna biru, waduwhh bener2 keren..

Kenapa ?
1. Design / model Motor bergaya classic old-fashioned japanese style, dengan lampu bulat berkesan classic, ga aneh2 seperti Motor2 baru jaman sekarang..

2. Kelistrikan full~wave dc 3phase, open loop injection, gampang di-modif / diupgrade powernya.

3. Deltabox framenya warna silver

4. Velgnya padat, ga ada bolong2nya ga seperti model baru..

5. Tinggal dipasangin rear disc brake, ban naikin 1 step, wah mantepp abisss 😥

Hanya 1 kata , PERFECT !!! 😥

Please deh Yamaha, produksi lagi yg ini, pasti langsung sy beli 😳

(tapi berhubung saya sudah punya motor New Jupiter MX , yg merupakan cikal bakal Vixion, secara mesin memang mirip, hanya saja tipenya bebek / CUB.
lalu kalau dijual pun harganya jatuh, akhirnya saya menerima keadaan dan tetap bersyukur & akan merawat motor ini dengan sebaik-baiknya 🙂

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 1 so far )

YangMahal Fiction :D

Posted on Juni 15, 2011. Filed under: FZ150 / Vixion, Motor, Yamaha | Tag: |

entah kenapa tiba2 owe jadi kepengen gaya (jadi kepengen naek ini motor balap) berhubung blom pernah test-drive jadi iseng2 bikin nih dongeng biar tambah ngantuk  ngiler 😳

Tujuan ane bikin ni dongeng artikel ga lain cuma iseng2 berhadiah doang pengen ngebahas kekurangan & kelebihan si Raja Motor Sport 150cc.
n mungkin siapa tau bisa jadi acuan buat kamu2 yg pengen beli ini motor 🙂

ga ada untungnya ngeributin siapa yg jadi juara atau kalah, malah rugi buang2 waktu, tenaga, pikiran.. yg untung malah si ATPM penjual motornya jadi cekakak cekikik ngebaca motornya dikagumi / diOmongin 😳


Yg namanya iklan pasti selalu menggoda dengan berbagai macam kelebihan, sisi buruknya ga diungkapin 😆
Yamaha V-Ixion (made in Indon) yg aslinya di luaran sana lahir dengan nama FZ-15oi adalah anak kembar tapi bukan siam dari produk platinum YZFR150i yg pure motor balap/racing.. alias versi paket hematnya gitu loh.

kenapa ane sebut Pixy motor balap ? krn. memang lumayan kenceng, high-tech, modelnya half semi racing. Bicara soal motor keren emang ga ada abisnya.. tiap ATPM mengklaim dagangannya yg paling manteps 😆

Dalam hal ini oe ngebahas Raja Motor Sport kelas 150cc yaitu Fiction yg pas awal nongol sekitar Th’2007 klo gasalah berharga Rp. 17 Jutaan. tapi liat sekarang harganya udah ngelonjak ga karuan ( 21Jt) broowh 😯 n sptnya masih jadi primadona motorsport 150cc. hal ini merupakan suatu bukti bahwa Fiction sangat ‘laku’..

makanya AHM ngeluarin New CBR 150 buat ngehajar si Fiction tapi mnurut ane sih beda harganya lumayan jauh (asal pixy ga naek terus harganya 😆 , jadi buat orang yg punya duit 20jt an & pengen naek motorsport high-tech tetep akan milih pixy 😆

klo menurut ane sendiri kemantepan pixy yaitu :

1. High Tech Motorcycle. yup betull s/d saat ini fiction adlh motor sport berteknologi tercanggih yg diproduksi CKD.  Injection -> otomatis musti pake minimal PreetAmatt klo mau awet. Teknologi DiASil, Forged Piston, dll. Mana ada Pabrikan berani ngasih garansi mesin s/d 50rb KM ?? AHM aja standar 30rb KM 😆

2. Cool Engine, penggunaan Radiator / Water Cooler akan membuat Mesin ga gampang overheat terutama pas macet2an ga perlu cemas mikirin mesin bakal jebol krn. kepanasan selama air full.
Ngapain juga pake motor keren(mending murah, klo mahal?) tapi begitu dihajar macet2an parah, mesinnya cepet OverHeat akhirnya lama2 cepet jebol 😆

3. Model Sport, penggunaan Chassis DeltaBox murni dipake di motor2 Racing semisal CBR, NSR, KRR.

4.  KENCENG!! & IRIT BBM (bukan berarti irit duit), knp ane bilang IRIT?? tentu krn. pake injection sehingga pengkabutan gas uap bensin akan sempurna. sementara karbu ga akan bisa bikin kabut gas sehingga kurang sempurna..  KENCENG ?? yoi brothh liat aja motor2 balap mana ada yg masih pake Karburator 😆
asal jago tuningnya pasti injection bisa lebih dahsyat ketimbang karbu..
MAU MOTOR KENCENG TAPI GA IRIT ALIAS BOROSS ? BUanyakk broth.. beli aje Kwak Ninja, Onta NSR, Erex King dijamin KENCENG Larinya tapi sekaligus juga kenceng minumnya 😆

5. kelistrikan advanced. Regulator udah 3 Phase spt Thunder, Ninja, dll. wajar lah kan pake Injection + TCI (Transistorized Controlled Ignition) klo sampe listrik tekor bisa cepet jebol ECU nya 😯

tapi ane juga nemuin beberapa kelemahan si Pixy diantaranya :
1. Ban Standar Originalnya kecil jadi berkesan tanggung kurang gahar alias CungkRink 😆 n sptnya masih non-tubeless
Fairing juga nanggung banget cuma dikasih 1/2  jadi berkesan 1/2 telanjang atao ‘semi‘ (maklum lah pengiritan ala YMKI / YangMahal Kentut Indon  Kurang Ideal ) 😆 😆

2. GearBox standar tanggung banget masih 5 (maklum versi paket hemat ‘Murah’ an dari R15) 😆
3. kabar burung terkini ada yg apes kena kasus Komstir jebol/oblak.. aneh harusnya klo mesinnya canggih luarannya kudunya juga canggih.. apa mungkin krn. efisiensi/pengiritan dari YMKI supaya naekin margin keuntungan yah 😆

4. Matreee!! yoi broth..ibarat Cewe motor cantik, otomatis biaya perawatannya juga lebih. minimal kudu ke bengkel resmi klo mau ‘diservis’in 😆 pan mereka punya alat special tools katanya 😆  n yg pasti Cewe motor yg 1 ini maunya minum susu BBM(Bahan Bakar Mahal) minimal PreetAmat. bisa ajah ente paksain cekokin PreMinum tapi bisa2 ntar gamau ditunggangin lagi 😆

Terima kasih buat pembaca Budimang utk sekedar nonton berkunjung :mrgreen:
segala pujian, saran, kritik, caci maki komentar ane terima dengan lapang dada.. silahkan dibakar dinikmati dongengan ane 😆

kesimpulan ane : motor ini memiliki banyak fitur teknologi maju yg bertujuan utk.meningkatkan nilai dari sebuah motor.. jadi klo punya nih motor bisa dibilang lebih gaya, superior, keren ketimbang yg lain.. Fiction bukanlah motor sempurna, ternyata masih ada beberapa kekurangan ‘kecil’

BONUS :

siapakah si mbak yg gaya ini ?.. jangan lupa pake helm ya 🙂

_____________________________________________________________________________________________________

Yamaha berhasil membuktikan lewat peluncuran F-iction V-Ixion. Motor sport baru yang mengusung mesin 150 cc 4-tak 4 klep dan sistem suplai bahan bakar secara elektronik injeksi. Wuih… pantas kalau sekarang jadi Semakin Di Depan.

Namanya sudah pasti V-ixion. Ini sesuai janji Bambang Asmarabudi, General Manager Promotion dan Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI). Dia bicara setahun lalu, katanya Yamaha akan merilis motor injeksi syarat teknologi dengan banderol terjangkau.

Ini tentu bikin pusing pesaing bermain di sport 150 cc yang betah dengan teknologi lama.

Nah, pasti penasaran kan teknologi yang diusung V-ixion. Tapi, bocorannya bukan dari pihak YMKI. Mereka belum berani buka mulut. Berarti yang baca tulisan ini dapat liputan eksklusif.

AR0702120002_01_1

Mesin Bore Up

Secara konstruksi dan tampilan, sekilas seperti mesin bebek Yamaha Jupiter MX 135LC. Tapi, ini versi bore up. Berpendingin air dengan kapasitas silinder bersih 149,7 cc didapat dari diameter x stroke yaitu 57 x 58,7 mm. Sama dengan pembesaran diameter silinder.

Beda dikit sama MX yang 135 cc didapat dari diameter x stroke yaitu 54 x 58,7 cc. Tapi bedanya mesin V-ixion dengan injeksi bensin. Wajar jika power V-ixion 14,89 dk. Sedang MX hanya 11,33 dk.

Tentu kapasitas silinder bengkak diikuti komponen pendukung. Seperti volume oli mesin yang di MX hanya 1.000 (800 cc jika ganti) kini jadi 1,15 liter (1.000 cc jika ganti). Air pendingin juga lebih banyak 10 cc.

AR0702120002_03_3   AR0702120002_02_2

Electronic Fuel Injection

Yamaha tepat membidik pasar. Teknologi injeksi bensin yang belum familiar diterapkan pada motor sport yang sasarannya kalangan menengah ke atas. Jadi, nggak salah tembak gituuuu.KLIK – Detail

Disuplai trottle body dari Mikuni tipe SE AC28-I. Cukup besar memang. Sama dengan diameter venturi 28 mm. Karbu Jupiter MX cuma berventuri 22 mm. Tapi, pihak Yamaha menjamin bakal lebih terkontrol dan irit. Katanya juga, pas untuk lalu lintas perkotaan yang padat. Perawatan murah serta mudah.

AR0702120002_04_4

4 KLEP DAN PENDINGIN AIR

Sama seperti Jupiter MX, dilengkapi 4 klep namun noken as atau kem hanya satu. Kelebihannya sedikit gesekkan. Lebih murah, efisien juga mudah dimodifikasi.

Juga menggunakan pendingin air. Ini dikarenakan mengusung mesin kompresi tinggi. Dari spek terlihat rasio kompresi 10,4 : 1. Pendingin air mampu meredam panas dari kompresi. Selin itu, tenaga maksimal, irit bensin dan suhu tetap stabil.

DIASIL SILINDER

Ini juga sama dengan teknologi MX. Silinder tanpa liner dari bahan aluminium alloy dan silicon melalui proses cetak. Meski tidak bisa oversize namun lebih keras atau tidak mudah uas. Makanya Yamaha memberi garansi 5 tahun atau 50.000 km.

PISTON FORGED

Ini juga sama seperti teknologi di MX. Menggunakan piston dengan sistem tempa atau cetak langsung jadi. Sangat kuat dan daya tahan tinggi. Makanya garansi 5 tahun atau 50.000 km.

AKI MF

Ini termasuk baru di produk Yamaha. Sebelumnya, aki di motor produksi Yamaha selalu menggunakan tipe basah. Nah, sekarang di V-ixion sudah pakai tipe kering alias MF (Maintenance Free) yan bebasa perawatan.

AR0702120002_05_5

Download Brosur Full Size Image : Vixion 2011

Spesifikasi* :  

MESIN:

Tipe Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC

Susunan Silinder Forward – Inclined Single Cylinder

Volume Silinder 149.80 cc

Diameter x Langkah 57.0 mm x 58.7 mm

Perbandingan Kompresi 10.40 : 1

Tenaga Maksimum 11.10 kW @8500 rpm

Torsi Maksimum 13.10 Nm @7500 rpm

Sistem Pelumasan Wet Sump / Pelumasan Basah

Kapasitas Oli Mesin 1.15 Liter

Kapasitas Air Pendingin Tangki Recovery 0.4 Liter Total 0.79 Liter

Kapasitas Tangki Bensin 12.0 Liter

Throttle body MIKUNI SE AC28-1

Putaran Langsam Mesin 1400 ± 100 rpm

Saringan Udara Dry Element

Sistem Starter Electric Starter and Kick Starter

Kopling Wet, Multiple-Disc

Tipe Transmisi Constant Mesh 5-Speed/ Mechanical

RANGKA:

Tipe Rangka Delta Box Frame / Pressed Backbone

Suspensi Depan Telescopic Fork

Suspensi Belakang Swingarm (Link Suspension)

Rem Depan Single Disc Brake 245.0x 4.0 mm

Rem Belakang Drum Brake (Leading, Trailing) 130.0mm

Ban Depan 2.75 – 17 41P

Ban Belakang 90/90 – 17M/C 49P

Ukuran Rantai 428, Jumlah mata rantai 120

KELISTRIKAN:

Lampu Depan 12V, 35W / 35.0W x 1

Lampu Sein Depan 12V, 10.0W x 2

Lampu Belakang 12V, 5.0W x 1

Lampu Rem 12V, 5.0W / 21.0W x 1

Lampu Sein Belakang 12V, 10.0W x 2

Battery 3.5 A

Busi / SparkPlug NGK CR8E

DENSO U 24 ESR-N

Sistem Pengapian DC – CDI [Full

Transistor]

Sekring 20 A

DIMENSI:

P x L x T 2000 mm x 705 mm x 1035 mm

Tinggi Tempat Duduk 790 mm

Jarak Sumbu Roda 1282 mm

Jarak Terendah ke Tanah 167 mm

Berat Kosong 114.0 kg

*sumber : http://vixion-indonesia.com/index.php?app=page&cat=6&id=94

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 21 so far )

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: