Honda Verza

Posted on Maret 30, 2014. Filed under: Motor | Tag: |

akhirnya rencana ganti motor buat si adik pun dilakukan, New Jupiter MX akan dijual ke saya dan beliau pun otomatis membutuhkan motor baru. rupanya dia ingin motor yg tidak bikin pegal bahu/pundak. sehingga pilihan mau tidak mau harus menggunakan kembali motor sport lelaki.

berhubung adik saya uangnya juga pas-pas an dan akhirnya memilih Honda Verza 150. wah saya kaget, kenapa kok malah pilih itu ? ya memang semua sesuai selera masing-masing. berhubung uang dia juga tidak terlalu banyak juga, jadi tidak mungkin kalau mau beli Vixion / CB 150 R.

Honda Verza sudah memiliki teknologi lebih maju yaitu sudah Injection PGM-FI step 4 Closed Loop, pastinya akan lebih irit dan responsive.

http://panel.mustangcorps.com/admin/fl/upload/files/verza-tangerang1(1).jpg
Speedometer tanggung amat, ga ada rpm nya, mirip kayak xcd bajaj, tapi masih mendingan ada jarumnya, bedanya ada tulisan pgm-fi nya jadi berkesan canggih.

image

image

image

Mesin bolehlah ga parah2 amat, udah pake banyak sensor

image

image

image

image

image

model pun berkesan bukan motor jadul lampu mirip sekali dengan CB150, blok mesin tampaknya sudah banyak perbedaan tidak sama dengan GL-PRO dulu , crankcase mirip dengan CB-150SF, hanya silinder, head yg beda karena masih mengandalkan pendinginan udara alias Air Cooler.

namun kalo sy disuruh milih, mending New Thunder 125 karena lebih murah dan juga lebih old fashioned style, buat sy motor sport naked itu lampunya harus bulatt ! Titik…
sisa uang sebesar 2 jutaan bisa buat ditabung/ buat modif misal ganti ban tubeless, pasang rear disc. Brake, ganti setang fatbar, pasang box, dll.

New thunder 125 memang mesinnya masih tipe lama,namun sudah ada penambahan engine balancer, mesin jadi lebih halus, getaran berkurang. Juga ada indikator gigi persenelengnya, speedometer + rpm meter tipe analog ciri khas motor sport murni dan cuma motor ini saja yg ada fitur seperti ini.

Tutup tangki pun sudah ada pengaman seperti di vixion sehinnga air tidak akan rembes ke dalam.

Kekurangan dari new thunder 125 yaitu mesin agak kurang besar ccnya sehingga mungkin powernya agak kecil, masih karburator, layanan purna jual mungkin masih belum ‘sebagus’ honda astra.

image
image

Velg 18 inchi kokoh dan kuat
image

image

image

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( None so far )

YAMAHA JUPITER MX VS HONDA SUPRA X 125

Posted on Maret 24, 2014. Filed under: Jupiter MX / T135 / Spark, Motor, Yamaha | Tag: |

Sungguh menarik artikel ini, jujur sy setelah membaca dan merenungkan jadi terkesima. Akhirnya pun sy selaku pemilik dan sekaligus rider supra mulai merasakan fakta ini.

Akhirnya SUPRA x 125 pun dijual dan puji Tuhan sy dikasih promo spesial dari adik sy supaya membeli motor new jupiter mx dia thn 2013 dengan harga hanya 10 jt saja. Sementara harga pasaran masih sekitar IDR 14 jutaan.

Kenapa sy jual supra sy?

1. Motor sudah cukup berumur yaitu 7 th lebih pemakaian dan jarak tempuh sudah cukup besar KM 61300 ++ sudah gitu cukup banyak problemnya mulai Dari shock belakang yg sudah mati, juga shock depan sptnya ikut2an Malah 😦

2. Sudah banyak problem / penyakitnya.. Terutama di mesin yg sudah berbunyi aneh + berisik, setelah sy bw ke bengkel ketauan kalo setang piston sudah aus, dll. Dan total2 biaya perbaikan bisa >1 jt.
Belum lagi kalo bengkelnya jelek / kurang bagus dan belum tentu keawetannya sampe kapan..

3. Segi power n akselerasi kalah jauh dibanding mx, meski sudah dimodif seperti apapun percuma, meski sy memang belum modif mesin karena pun percuma yg ada malah akan mensiksa mesin.

4. Durabilitas/keawetan mesin
Bukan berarti sy vonis kalo honda supra itu mesinnya jelek..namun mungkin dengan kondisi jalanan yg ‘selalu’ macet asumsinya, maka mesin2 berteknologi lama terutama yg cuma berharap dengan pendinginan udara maupun oi cooler pun, sy rasa akan tersiksa mesinnya jika saat sedang bermacet riaΒ  dan panas. Akibatnya pasti komponen mesin akan cepat aus dan akhirnya harus turun.

5. MX memiliki banyak fitur, teknologi, keunggulan mutlak yg tidak dimiliki di sx(supra x) sy rasa semuanya yg cukup melek motor pasti sudah tau.

Dll.

Kesimpulan :

1. Motor yg sudah berumur / tua apalagi jika perawatan jelek maka akan lebih sering problem.

2. SUPRA hanyalah motor biasa, sampai kapanpun tidak akan pernah bisa mengalahkan MX. terutama dalam hal power dan akselerasi.

3. Supra lebih irit konsumsi bensinnya daripada MX(karena Cc lebih kecil). sehingga cocok untuk orang yg tidak terlalu memusingkan masalah power terutama yg ingin irit.

4. Durabilitas mesin MX lebih kuat & lama daripada supra (karena penggunaan teknologi+fitur canggih tersebut)

5. Teknologi MX lebih canggih daripada SUPRA sehingga asumsi sy Yamaha Motor Indonesia sampai saat ini masih menang melawan AHM(Astra Honda Motor).

6. SpeedoMeter supra lebih canggih karena sudah DIGITAL daripada MX yg masih ANALOG (pakai kabel), sehingga tidak akan pernah putus itu kabel speedo.
Meski sebetulnya hal ini bukan merupakan masalah besar.

7. batok kepala SUPRA lebih cepat retak / pecah. hal ini sudah sy alami entah mungkin karena disainnya yg kurang presisi / sekrup yg digunakan kurang pas.

8. MX lebih berat bobotnya daripada SUPRA.

9. Aki MX lebih besar (5 Ampere) daripada Aki SUPRA (3.5 Ampere)

10. getaran MX lebih sedikit daripada SUPRA, terutama saat kecepatan / RPM tinggi.

11. Supra x 125 menang disain/stripping, feature bagasi saja, mesin masih sama dengan model awal, cuma ditambah injeksi PGM-FI.

12. Mesin motor bekerja jauh lebih keras/berat daripada mesin mobil, sehingga dibutuhkan perawatan yg lebih.

13. Tidak adil jika sx diadu lawan mx (karena sx sudah pasti kalah jauh & telak)
Mungkin karena harga jualnya hampir sama akhirnya Malah diadu..

entah mengapa motor SUPRA saya jadi problem begini.. padahal sy selalu menggunakan oli yg berkualitas bahkan melebih spek pabrikan (pakai oli STP 4T SAE 20w-50 API SL) + servis rutin.

saya sangat berterima kasih / bersyukur masih ada pembeli yg mau membeli motor warisan ortu saya ini.. oleh karena itu saya memberi bonus tambahan cukup banyak & dengan harga yg lumayan murah juga.

bukan maksud sy menjelek-jelekan honda supra, namun sy hanyalah seorang blogger & juga pemakai/pengguna motor ini, sehingga sy hanya ingin mencurahkan isi hati saja..

mohon maaf jika ada yg kurang suka / merasa ditekan, segala caci maki & pujian sy terima dengan senang hati. :mrgreen:

(lebih…)

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 52 so far )

Selamat Jalan Supra 125

Posted on Maret 23, 2014. Filed under: Motor | Tag: |

Maafkan aku ya supra.. bukannya aku tidak sayang pada Mu lagi.. tapi aq tidak tahu harus bagaimana lagi karena keuangan menipis sementara adik sudah mau ganti motor, kebetulan dia nawarin motor nya mau dijual ke aku dengan harga promo spesial dan ortu pun sebagai pemilik Mu sudah mengikhlaskan..

bukannya aq ga sayang padamu namun, ingatkah dulu Kau terkadang minum Pertamax & SHELL dan menggunakan oli spesial + dll. namun mungkin aq harus merelakan kepergianMu..

sepertinya biaya untuk perbaikanMu cukup besar dan juga belum tentu setelah diperbaiki Kau akan kembali sempurna malah hanya akan menyiksaMu terus.. 😦 akhirnya mungkin akan ada orang lain yg bisa merawatMu lebih daripada yg pernah selama ini aku lakukan..

biar bagaimanapun suka duka telah kulalui bersamaMu sejak tahun 2009 ~ sekarang,

Kau telah menemaniKu mengarungi perjalanan Jakarta yg keras macet & panas maupun hujan, juga Tangerang yg gersang dan Cikarang yg cukup jauh..

Aq takut kondisiMu sudah tidak kuat lagi jika nanti akan aq pakai untuk bermacet2 ria di tengah kota jakarta yg kian hari kian parah (macet + panas dll)

Juga kondisi liverMu dan lainnya sudah tidak ok lagi, sehingga harus dicangkok / diganti baru..dan aku takut bengkel + montir disini tidak begitu handal dalam hal perbaikanMu..

image
Akhirnya si kecil pun merasa senang karena sang ayah sudah mendapat motor yg masih sangat layak dengan harga cukup murmer..

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( None so far )

Human and Motorbike Analogy

Posted on Agustus 30, 2011. Filed under: Health, Motor | Tag:, , |

english version
HUMAN FUNCTION / PURPOSE MOTORCYCLE FUNCTION
blood for transmiting/delivering a nutrition,oxygen oil / lubricant lubrication, cooler, cleaning a sludge/deposit waste from combustion
brain center of living/thinking control ecu/cdi brain of ignition process
food source of energy to live bensin/fuel/gasoline ignition raw materials
drink/beverages/water source of energy to live, blood soluble, body’s cooler water radiator/oil cooler engine cooler, heat dissipator
kidney blood cleaner, filtering a blood’s waste oil filter filtering a trash from ignition deposits
liver neutralizing poison, enzyme’s factory fuel filter filter a waste from fuel
stomach/flank change a food into become energy combustion chamber (piston, silinder) processing a fuel become an energy
intestines absorbing a nutrition from stomach to distribute into all bodies crankcase transfomr a heat energy into moving enery
nose, lungs refine an air so it become more clean & fresh air filter, intake manifold idem
heart source of life battery idem , 1st main source of energy
digestion enzyme, spleen, bile enzyme factory to change food into become energy spark plug ignite fuel gasses + air become heat energy
eyes seeing a world around lamp (main, winker, stop) lighting in the dark
hand, arm guiding a way of life handle bar, grip change the driving way
foot, leg walking a life tire, wheel, brake moving, running
duodenum killing a useless bactery living being from a food exhaust muffler, catalytic converter reduce a wasted polutant from combustion residues
mouth to communicate horn giving a sound signal
body defend from wind, sun body parts protect parts from heat, rain, outer world
hinge, joint joining between parts bearing reducing a friction
muscle pulling a 1 parts so it can move chain idem
shoulder, back take a life’s burden seat, chair to sit down

Indonesian Version

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 8 so far )

YangMahal Fiction :D

Posted on Juni 15, 2011. Filed under: FZ150 / Vixion, Motor, Yamaha | Tag: |

entah kenapa tiba2 owe jadi kepengen gaya (jadi kepengen naek ini motor balap) berhubung blom pernah test-drive jadi iseng2 bikin nih dongeng biar tambah ngantuk  ngiler 😳

Tujuan ane bikin ni dongeng artikel ga lain cuma iseng2 berhadiah doang pengen ngebahas kekurangan & kelebihan si Raja Motor Sport 150cc.
n mungkin siapa tau bisa jadi acuan buat kamu2 yg pengen beli ini motor πŸ™‚

ga ada untungnya ngeributin siapa yg jadi juara atau kalah, malah rugi buang2 waktu, tenaga, pikiran.. yg untung malah si ATPM penjual motornya jadi cekakak cekikik ngebaca motornya dikagumi / diOmongin 😳


Yg namanya iklan pasti selalu menggoda dengan berbagai macam kelebihan, sisi buruknya ga diungkapin πŸ˜†
Yamaha V-Ixion (made in Indon) yg aslinya di luaran sana lahir dengan nama FZ-15oi adalah anak kembar tapi bukan siam dari produk platinum YZFR150i yg pure motor balap/racing.. alias versi paket hematnya gitu loh.

kenapa ane sebut Pixy motor balap ? krn. memang lumayan kenceng, high-tech, modelnya half semi racing. Bicara soal motor keren emang ga ada abisnya.. tiap ATPM mengklaim dagangannya yg paling manteps πŸ˜†

Dalam hal ini oe ngebahas Raja Motor Sport kelas 150cc yaitu Fiction yg pas awal nongol sekitar Th’2007 klo gasalah berharga Rp. 17 Jutaan. tapi liat sekarang harganya udah ngelonjak ga karuan ( 21Jt) broowh 😯 n sptnya masih jadi primadona motorsport 150cc. hal ini merupakan suatu bukti bahwa Fiction sangat ‘laku’..

makanya AHM ngeluarin New CBR 150 buat ngehajar si Fiction tapi mnurut ane sih beda harganya lumayan jauh (asal pixy ga naek terus harganya πŸ˜† , jadi buat orang yg punya duit 20jt an & pengen naek motorsport high-tech tetep akan milih pixy πŸ˜†

klo menurut ane sendiri kemantepan pixy yaitu :

1. High Tech Motorcycle. yup betull s/d saat ini fiction adlh motor sport berteknologi tercanggih yg diproduksi CKD.Β  Injection -> otomatis musti pake minimal PreetAmatt klo mau awet. Teknologi DiASil, Forged Piston, dll. Mana ada Pabrikan berani ngasih garansi mesin s/d 50rb KM ?? AHM aja standar 30rb KM πŸ˜†

2. Cool Engine, penggunaan Radiator / Water Cooler akan membuat Mesin ga gampang overheat terutama pas macet2an ga perlu cemas mikirin mesin bakal jebol krn. kepanasan selama air full.
Ngapain juga pake motor keren(mending murah, klo mahal?) tapi begitu dihajar macet2an parah, mesinnya cepet OverHeat akhirnya lama2 cepet jebol πŸ˜†

3. Model Sport, penggunaan Chassis DeltaBox murni dipake di motor2 Racing semisal CBR, NSR, KRR.

4.Β  KENCENG!! & IRIT BBM (bukan berarti irit duit), knp ane bilang IRIT?? tentu krn. pake injection sehingga pengkabutan gas uap bensin akan sempurna. sementara karbu ga akan bisa bikin kabut gas sehingga kurang sempurna..Β  KENCENG ?? yoi brothh liat aja motor2 balap mana ada yg masih pake Karburator πŸ˜†
asal jago tuningnya pasti injection bisa lebih dahsyat ketimbang karbu..
MAU MOTOR KENCENG TAPI GA IRIT ALIAS BOROSS ? BUanyakk broth.. beli aje Kwak Ninja, Onta NSR, Erex King dijamin KENCENG Larinya tapi sekaligus juga kenceng minumnya πŸ˜†

5. kelistrikan advanced. Regulator udah 3 Phase spt Thunder, Ninja, dll. wajar lah kan pake Injection + TCI (Transistorized Controlled Ignition) klo sampe listrik tekor bisa cepet jebol ECU nya 😯

tapi ane juga nemuin beberapa kelemahan si Pixy diantaranya :
1. Ban Standar Originalnya kecil jadi berkesan tanggung kurang gahar alias CungkRink πŸ˜† n sptnya masih non-tubeless
Fairing juga nanggung banget cuma dikasih 1/2Β  jadi berkesan 1/2 telanjang atao ‘semi‘ (maklum lah pengiritan ala YMKI / YangMahal Kentut IndonΒ  Kurang Ideal ) πŸ˜† πŸ˜†

2. GearBox standar tanggung banget masih 5 (maklum versi paket hemat ‘Murah’ an dari R15) πŸ˜†
3. kabar burung terkini ada yg apes kena kasus Komstir jebol/oblak.. aneh harusnya klo mesinnya canggih luarannya kudunya juga canggih.. apa mungkin krn. efisiensi/pengiritan dari YMKI supaya naekin margin keuntungan yah πŸ˜†

4. Matreee!! yoi broth..ibarat Cewe motor cantik, otomatis biaya perawatannya juga lebih. minimal kudu ke bengkel resmi klo mau ‘diservis’in πŸ˜† pan mereka punya alat special tools katanya πŸ˜†Β  n yg pasti Cewe motor yg 1 ini maunya minum susu BBM(Bahan Bakar Mahal) minimal PreetAmat. bisa ajah ente paksain cekokin PreMinum tapi bisa2 ntar gamau ditunggangin lagi πŸ˜†

Terima kasih buat pembaca Budimang utk sekedar nonton berkunjung :mrgreen:
segala pujian, saran, kritik, caci maki komentar ane terima dengan lapang dada.. silahkan dibakar dinikmati dongengan ane πŸ˜†

kesimpulan ane : motor ini memiliki banyak fitur teknologi maju yg bertujuan utk.meningkatkan nilai dari sebuah motor.. jadi klo punya nih motor bisa dibilang lebih gaya, superior, keren ketimbang yg lain.. Fiction bukanlah motor sempurna, ternyata masih ada beberapa kekurangan ‘kecil’

BONUS :

siapakah si mbak yg gaya ini ?.. jangan lupa pake helm ya πŸ™‚

_____________________________________________________________________________________________________

Yamaha berhasil membuktikan lewat peluncuran F-iction V-Ixion. Motor sport baru yang mengusung mesin 150 cc 4-tak 4 klep dan sistem suplai bahan bakar secara elektronik injeksi. Wuih… pantas kalau sekarang jadi Semakin Di Depan.

Namanya sudah pasti V-ixion. Ini sesuai janji Bambang Asmarabudi, General Manager Promotion dan Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI). Dia bicara setahun lalu, katanya Yamaha akan merilis motor injeksi syarat teknologi dengan banderol terjangkau.

Ini tentu bikin pusing pesaing bermain di sport 150 cc yang betah dengan teknologi lama.

Nah, pasti penasaran kan teknologi yang diusung V-ixion. Tapi, bocorannya bukan dari pihak YMKI. Mereka belum berani buka mulut. Berarti yang baca tulisan ini dapat liputan eksklusif.

AR0702120002_01_1

Mesin Bore Up

Secara konstruksi dan tampilan, sekilas seperti mesin bebek Yamaha Jupiter MX 135LC. Tapi, ini versi bore up. Berpendingin air dengan kapasitas silinder bersih 149,7 cc didapat dari diameter x stroke yaitu 57 x 58,7 mm. Sama dengan pembesaran diameter silinder.

Beda dikit sama MX yang 135 cc didapat dari diameter x stroke yaitu 54 x 58,7 cc. Tapi bedanya mesin V-ixion dengan injeksi bensin. Wajar jika power V-ixion 14,89 dk. Sedang MX hanya 11,33 dk.

Tentu kapasitas silinder bengkak diikuti komponen pendukung. Seperti volume oli mesin yang di MX hanya 1.000 (800 cc jika ganti) kini jadi 1,15 liter (1.000 cc jika ganti). Air pendingin juga lebih banyak 10 cc.

AR0702120002_03_3Β Β  AR0702120002_02_2

Electronic Fuel Injection

Yamaha tepat membidik pasar. Teknologi injeksi bensin yang belum familiar diterapkan pada motor sport yang sasarannya kalangan menengah ke atas. Jadi, nggak salah tembak gituuuu.KLIK – Detail

Disuplai trottle body dari Mikuni tipe SE AC28-I. Cukup besar memang. Sama dengan diameter venturi 28 mm. Karbu Jupiter MX cuma berventuri 22 mm. Tapi, pihak Yamaha menjamin bakal lebih terkontrol dan irit. Katanya juga, pas untuk lalu lintas perkotaan yang padat. Perawatan murah serta mudah.

AR0702120002_04_4

4 KLEP DAN PENDINGIN AIR

Sama seperti Jupiter MX, dilengkapi 4 klep namun noken as atau kem hanya satu. Kelebihannya sedikit gesekkan. Lebih murah, efisien juga mudah dimodifikasi.

Juga menggunakan pendingin air. Ini dikarenakan mengusung mesin kompresi tinggi. Dari spek terlihat rasio kompresi 10,4 : 1. Pendingin air mampu meredam panas dari kompresi. Selin itu, tenaga maksimal, irit bensin dan suhu tetap stabil.

DIASIL SILINDER

Ini juga sama dengan teknologi MX. Silinder tanpa liner dari bahan aluminium alloy dan silicon melalui proses cetak. Meski tidak bisa oversize namun lebih keras atau tidak mudah uas. Makanya Yamaha memberi garansi 5 tahun atau 50.000 km.

PISTON FORGED

Ini juga sama seperti teknologi di MX. Menggunakan piston dengan sistem tempa atau cetak langsung jadi. Sangat kuat dan daya tahan tinggi. Makanya garansi 5 tahun atau 50.000 km.

AKI MF

Ini termasuk baru di produk Yamaha. Sebelumnya, aki di motor produksi Yamaha selalu menggunakan tipe basah. Nah, sekarang di V-ixion sudah pakai tipe kering alias MF (Maintenance Free) yan bebasa perawatan.

AR0702120002_05_5

Download Brosur Full Size Image : Vixion 2011

Spesifikasi* :Β Β 

MESIN:

Tipe Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC

Susunan Silinder Forward – Inclined Single Cylinder

Volume Silinder 149.80 cc

Diameter x Langkah 57.0 mm x 58.7 mm

Perbandingan Kompresi 10.40 : 1

Tenaga Maksimum 11.10 kW @8500 rpm

Torsi Maksimum 13.10 Nm @7500 rpm

Sistem Pelumasan Wet Sump / Pelumasan Basah

Kapasitas Oli Mesin 1.15 Liter

Kapasitas Air Pendingin Tangki Recovery 0.4 Liter Total 0.79 Liter

Kapasitas Tangki Bensin 12.0 Liter

Throttle body MIKUNI SE AC28-1

Putaran Langsam Mesin 1400 Β± 100 rpm

Saringan Udara Dry Element

Sistem Starter Electric Starter and Kick Starter

Kopling Wet, Multiple-Disc

Tipe Transmisi Constant Mesh 5-Speed/ Mechanical

RANGKA:

Tipe Rangka Delta Box Frame / Pressed Backbone

Suspensi Depan Telescopic Fork

Suspensi Belakang Swingarm (Link Suspension)

Rem Depan Single Disc Brake 245.0x 4.0 mm

Rem Belakang Drum Brake (Leading, Trailing) 130.0mm

Ban Depan 2.75 – 17 41P

Ban Belakang 90/90 – 17M/C 49P

Ukuran Rantai 428, Jumlah mata rantai 120

KELISTRIKAN:

Lampu Depan 12V, 35W / 35.0W x 1

Lampu Sein Depan 12V, 10.0W x 2

Lampu Belakang 12V, 5.0W x 1

Lampu Rem 12V, 5.0W / 21.0W x 1

Lampu Sein Belakang 12V, 10.0W x 2

Battery 3.5 A

Busi / SparkPlug NGK CR8E

DENSO U 24 ESR-N

Sistem Pengapian DC – CDI [Full

Transistor]

Sekring 20 A

DIMENSI:

P x L x T 2000 mm x 705 mm x 1035 mm

Tinggi Tempat Duduk 790 mm

Jarak Sumbu Roda 1282 mm

Jarak Terendah ke Tanah 167 mm

Berat Kosong 114.0 kg

*sumber :Β http://vixion-indonesia.com/index.php?app=page&cat=6&id=94

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 21 so far )

mesin tersendat-sendat

Posted on Februari 19, 2011. Filed under: Motor | Tag: |

mesin supra x 125 tersendat-sendat. bingung padahal baru servis karbu sendiri.. ternyata businya yg masalah. gejala : pas digas pelan motor seperti mau mati tapi klo di gas kenceng ga masalah. stater pertama kali pun susah idup. akhirnya pas busi diganti baru ( ND U20 FS ) problem tersebut sembuh heheh 😳

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 2 so far )

Relay

Posted on Februari 10, 2011. Filed under: Motor | Tag: |

Benda satu ini paling banyak di pake dimobil2 sekarang..
Kegunaan utamanya adalah meningkat kan efisiensi elektris pada sebuah rangkaian kabel. Bingung ? he..he…
Contoh : Device yang mau di hidupkan : electric Fan..anda ingin dia hidup jika ac hidup…nah..cara paling gampangnya nyuntik dari kabel kompresor ac kan..tetapi kabel dari kompresor ac itu sudah terbebani oleh daya yang digunakan oleh kompresor itu sendiri….apa bila dibebani lagi oleh electric fan..ditakutkan akan overload….maka dapat digunakan relay..sehingga load yang di ambil dari kabel kompresor sangat kecil karena hanya digunakan untuk menyalakan relay. (0,5 ampere) …nah sedangkan beban untuk menghidupkan electric fan ditanggung oleh Relay tersebut…

Cara kerja relay sangat sederhana sehingga sangat sulit untuk di deskripsikan secara kata kata wkwkw….
Disini kita akan bahas relay pada umumnya…
Relay Segi (contoh : Hella, Bosch dll)
relay terdiri dari 2 terminal trigger, 1 terminal input dan 1 terminal output.

Terminal trigger : yaitu terminal yang akan mengaktifkan relay..seperti alat electronic lainya relay akan aktif apabila di aliri arus + dan arus -. Nah pada contoh relaya yang kita gunakan terminal trigger ini adalah 85 dan 86.
Terminal input : yaitu terminal tempat kita memberikan masukan..pada contoh adalah terminal 30
Terminal output : yaitu tempat keluarnya output….pada contoh adalah terminal 87

Penjelasan Gambar :

Terminal trigger pertama2 dihubungkan dengan arus plus (85) ..kemudian melalui saklar terminal 86 di berikan arus -, seketika setelah saklar di aktifkan ..maka relay akan aktif..kok bisa ?????
Sebenarnya terminal 85 dan 86 (terminal trigger) itu adalah ujung dari kumparan yang melilit pada sebuah inti besi..sesuai dengan hukum fisika apa gitu gue lupa…jika sebuah inti besi dililitkan kumparan dan pada kumparan tersebut dialiri arus listrik maka inti besi tersebut akan menghasilkan medan magnet…..
nah demikian juga yang terjadi disini..inti besi menghasilkan medan magnet (ditandai dengan warna ungu ) …seketika setelah kumparan dialiri arus …kemudian medan magnet yang terjadi di inti besi menarik bridge (warna hijau) yang terbuat dari logam.(biasanya besi)….

Nah ketika bridge ini tertarik maka terminal 30 dan 87 akan tersambung….sesuai dengan namanya bridge itu menghubungkan jurang antara 30 dan 87.
Saat ini lah dikatakan RELAY AKTIF

Saat relay aktif tinggal kita yang menggunakan jalan yang sudah tidak terpisah oleh jurang tadi untuk menghantarkan sesuatu…dari terminal input (30) ke terminal output (87)…..jika sudah aktif begini apapun bisa di hantarkan dari 30 ke 87…contoh jika kita kasih arus + di 30 maka di 87 akan keluar arus + atau sebaliknya ….
sebagai contoh extreme jika kita kasih terminal 30 air maka di 87 akan keluar air…..he..he..contoh saja ..tapi kan gak mungkin air mengalir dalam logam padat….

Nah demikian penjelasan singkat…
mudah2an dapat dimengerti…..

Contoh aplikasi Relay : Relay Klakson

pada kendaraan dengan kabel klakson hanya satu..diman ground langsung di ambil dari body kendaraan…

jika tombol klakson di pencet maka dari kabel original mobil akan menghasilkan arus +, arus – sudah stand by maka seketika itu juga arus + dari 30 akan di teruskan ke klakson melalui terminal 87….

Dan masih banyak lagi contoh kegunaan relay…sangat sangat bermanfaat jika kita mengetahui dasar dari cara kerja relay..sehingga kita dapat dengan mudah mengaplikasikannya pada kebutuhan kita…

Contoh aplikasi : Interlaced Relay

Ini salah satu contoh aplikasi Relay yang lumayan ribet..he.he……
Fungsi : Digunakan sebagai teknik mengamankan mobil…jadi mobil kita gak akan bisa di start kalau kita belum menyalakan lampu dim sekali….atau menginjak rem sekali…….(pilih salah satu mekanismenya bisa dim atau rem)

Ini menggunakan 3buah Relay…
Relay pertama digunakan untuk menerima trigger dari lampu dim/ rem..dan mempertahankan signal sekali tersebut sebagai trigger bagi relay yang lain..

Relay kedua digunakan untuk starter.hanya akan aktif jika dan hanya jika relay pertama dan relay ke tiga aktif. (syarat relay pertama aktif dilakukan sekali dim atau sekali injak rem yang dilakukan setelah kunci kontak ada pada posisi ON/IG)

Relay ketiga digunakan untuk membalikan polarity dari output Kunci kontak starter dari + menjadi -. Kemudian mengirimkannya ke relay kedua.

Ada pertanyaan ? bingung ? posting disini…
Ada yang salah tolong dikoreksi ya….
Ada yang lebih sederhana tolong dikasihtau ya……

Relay kaki 5

Dari gambar diatas terlihat bahwa relay ini pada dasarnya sama dengan relay kaki 4 hanya saja memiliki kelebihan..pada terminal ke lima (yang di tengah dengan nama 87a) Relay ini disebut juga sebagai relay pemutus…
contoh :

Pada relay ini lampu yang terletak pada terminal 87a akan nyala ketika relay pada posisi off…sebaliknya lampu akan mati ketika relay on (terminal 87a normally closed).

kalau relay kaki 5 dengan terminal ditengahnya tidak ada huruf “a”nya (87) berarti ini sama saja dengan Relay kaki 4 biasa hanya saja outputnya sudah di cabangkan duluan…jadi bisa menyalakan dua aksesoris sekaligus. Thanks πŸ™‚

Solid-state relay

Solid state relay, which has no moving parts


25 A or 40 A solid state contactors

A solid state relay (SSR) is a solid state electronic component that provides a similar function to an electromechanical relay but does not have any moving components, increasing long-term reliability. With early SSR’s, the tradeoff came from the fact that every transistor has a small voltage drop across it. This voltage drop limited the amount of current a given SSR could handle. As transistors improved, higher current SSR’s, able to handle 100 to 1,200 Amperes, have become commercially available. Compared to electromagnetic relays, they may be falsely triggered by transients.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 2 so far )

Facial eh FaceLift dikit ;)

Posted on Januari 29, 2011. Filed under: Motor | Tag: |

sebelumnya tunggangan/semplakan owe kan kayak gini

sekarang jadi begini

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 2 so far )

Atasi Motor Mogok Pasca Terendam Banjir

Posted on Januari 19, 2011. Filed under: Motor | Tag: |



gbr.1

gbr.2

gbr.3

OTOMOTIFNET – Banjir yang mulai menyerang belakangan ini banyak bikin keok sepeda motor yang coba-coba menerjangnya. Nah, kalau sudah apes begitu, biasanya peran bengkel paling diincar. Sebab masih banyak motormania yang bingung kala mengahadapi situasi seperti ini (motor mogok terendam banjir). Alasan lain, gak bawa kunci-kunci tambahan.

“Mana bisa tools standar bawan motor menangani mesin mogok karena kerendam air?” pesimis Irawan, salah satu pembesut Honda Supra X 125 yang beberapa waktu lalu kedapatan jadi korban mogok akibat banjir di daerah Kelapa Gading, Jakut. Trus gimana dong kalau lokasi kejadian jauh dari bengkel?

Eit siapa bilang? “Selama air atau lumpur enggak masuk ke dalam mesin, tools standar yang dibekali pabrik masih bisa kok dipakai untuk menghidupkan mesin kembali,” bilang Endro Sutarno, technical service training instructor PT Astra Honda Motor (AHM). Biasanya, lanjut Endro, permasalahan ada di sektor pengapian. Yakni busi dan cop busi kemasukan air, dan itu cukup diatasi dengan melepas busi pakai kunci busi bawaan motor (gbr.1). Lalu bersihkan dan keringkan busi serta cop businya dari air.

Lantas bagaimana bila karburator sampai kemasukan air juga? Tenang ae (aja), tools standar masih bisa mengatasinya juga kok. Malah sebenarnya hanya 2 buah tools yang berperan. Yakni kunci busi dan obeng bolak-balik alias bisa min, bisa plus (gbr.2). “Nah, kalau karburator sampai masuk air, berarti selain mesti buang bensin yang ada di mangkuk karbu, filter udara juga wajib dibersihkan. Dan untuk melakukan itu cuma perlu obeng kembang dan min,” jelas Endro. Asalkan baut bodi (untuk motor jenis bebek) belum pernah diganti pakai jenis lain ya.

Dengan obeng kembang, sebelumnya tanggalkan cover sayap dulu. Kemudian masih dengan tools yang sama lepas tutup boks filternya (gbr.3) untuk membersihkan bagian dalam boks filter serta saringannya. Setelah yakin sudah bersih, lanjut dengan membuang bensin yang bercampur air dalam mangkuk karburator. Tak perlu sampai menanggalkan karburatornya kok. Cukup mengendurkan baut pembuangan bensin yang ada di bawah mangkuk karbu pakai obeng min (-) atau plus (+) bila bautnya model kembang.

Jika sudah, kencangkan lagi baut pembuangan tersebut dan pasang lagi tutup boks filter. Oh iya, bila filter udara (terutama jenis elemen) susah untuk dikeringkan, sebaiknya jangan dipasang dulu pada tempatnya. Lalu sebelum memasang busi, sela kick starter beberapa kali (kontak dalam posisi OFF) untuk membuang sisa bensin dalam ruang bakar yang mungkin bercampur air. Setelan itu baru deh pasang businya dan coba hidupkan mesinnya. Grunggg… Berhasil kan?

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( None so far )

Servis Sendiri

Posted on Januari 19, 2011. Filed under: Motor | Tag: |

Klo diperhatiin service rutin motor di bengkel rata2 cuma bongkar, bersihin karbu, bersihin busi, bersihin filter udara..mentok2 paling setel celap klep/katup

akhirnya ow iseng2 servis sendiri aja motor supra x 125. setelah dicek ternyata baut spuyer agak cacat/gompal, tapi masih bisa diputer. wah ini pasti karena kerjaan montir bengkel yg ngejar target / buru2 jadi baut nya pada slek/aus.


sepertinya montir musti dibilangin supaya kerjanya lebih halus sehingga jeroan mesin lebih awet..  😦

coba mana ada bengkel yg mau nge-bersihin jeroan kayak gini yaa ? 😳

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 6 so far )

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: