BBM Naik

Posted on Maret 26, 2012. Filed under: Motor | Tag: |

  BBM (bahan bakar murah minyak) dari tahun ke tahun selalu naik harganya.. kenapa ? karena semakin banyaknya populasi manusia di bumi ini terutama jakarta yg membutuhkan transportasi pribadi otomatis semakin banyak kendaraan pribadi yg diproduksi & dijual ke khalayak umum..

kenaikan harga BBMi (bahan bakar murah miskin => preMinum & solar) khususnya memang menimbulkan pro & kontra, tapi paling banyak kontranya alias yg ga setuju 😯
kenapa ? berikut adalah analisa objektip subjektip ngawur ane 😳

kerugiannya :
1. kemungkinan besar akan dibarengi dengan kenaikan harga2 lainnya terutama sembako, PLN, PAM, dll. 😥

2. kemungkinan akan ada DEMONSTRASI dari orang2 yg kurang/ ga ada kerjaan alesannya sih membela kepentingan rakyat ‘miskin’ 😡 padahal intinya sih pengen nge-rusuh / ngejarah 😡

3. kemungkinan besar akan ada antrian panjang di SPBU semalam sebelum harga BBM dinaikan -> otomatis akan menambah parah kemacetan karena biasanya orang2 pada turun kejalan mao ngantri bensin 😯

4. kemungkinan tingkat kejahatan akan meningkat karena orang pada stress harga2 pada mahal sementara gaji / pemasukan belum tentu naik 😡

5.kemungkinan kemacetan akan bertambah parah karena setiap orang akan lebih membeli motor yg lebih irit & murah ketimbang mobil. 😆

6. kemungkinan korupsi akan semakin banyak & parah karena orang2 pada nyari duit tambahan (terutama orang2 yg ‘berkuasa’ karena ingin memperkaya diri sendiri) 😥

KEUNTUNGAN :
1. kemungkinan sebagian rakyat akan mengurangi pemakaian kendaraan pribadi (mobil) dan beralih ke transportasi umum yg menurut opini kebanyakan orang masih tidak kurang nyaman. 😯
2. kemungkinan kemacetan akan sedikit berkurang karena alasan nomer 1 diatas. juga karena orang mungkin akan berpikir 2x sebelum membeli mobil dan akhirnya lebih memilih motor yg lebih irit konsumsi bensinnya. 😆
3. kemungkinan polusi udara akan sedikit berkurang karena pemakaian kendaraan pribadi (mobil) akan relatip berkurang 😆
4. kemungkinan produk2 pengirit BBM akan mulai diincar / laku, sehingga kemungkinan akan membuka peluang bisnis baru. 😆
5. kemungkinan orang akan lebih merawat mesin kendaraannya supaya tetap awet & prima :mrgreen:
6. kemungkinan mesin2 2 tak akan ditinggalkan sehingga kemungkinan akan mengurangi polusi udara & suara 😆
7. kemungkinan kendaraan2 bermesin KENCANG / Power Besar akan kurang diminati karena umumnya boros bensin. 😆
8. kemungkinan lebih banyak pemerintah / ilmuwan akan mengembangkan BBM alternatip yg ramah lingkungan. 😆
9. kemungkinan harga kendaraan bekas akan turun. 😀
10.kemungkinan teknologi mesin kendaraan akan semakin canggih/berkembang utk. melakukan penghematan BBM. 😀
11. kemungkinan orang2 akan lebih perlahan dalam berkendara sehingga mengurangi tingkat kecelakaan akibat kecepatan 😆

kata penguasa(pemerintah) tujuannya sih karena subsidi APBN utk BBM sudah terlalu besar..? tapi emang ada benernya juga sih.. orang di negara2 lain saja rata2 Bensin ga ada yg di subsidi kecuali mungkin di negara arab/timteng sana mungkin minyak gratis kalii yah 😆

soalnya kalo harga preMinum ga naek maka yg paling diuntungin adalah para pemilik mboil2 pribadi terutama yg termasuk kategori ‘mewah’ (relatip khan) rata2 meski mesinnya udah canggih & disarankan menggunakan bensin tanpa timbal alias prettAMaatt atw SHELL tapi kebanyakan masih pengen ngisi preMinum kenapa ? ya soalnya beda harganya lumayan jauh sisbrottt ampe 100% !! 😯

lalu apa definisi kendaraan khususnya mobil mewah ? sekalilagi relatip menurut pribadi masing2.. tapi kalo menurut ane sendiri sih, kendaraan mewah itu :

1. minimal udah pake fuel injection sehingga sebenernya klo dipaksain ngisi preminum akibatnya seharusnya injectornya jadi cepet rusak karena preminum itu sebenernya bensinnya rada kotor banyak pasirnya..

so berhati2 lah para BOS2 (pemilik mboil yg pake supir) ente kasih budget buat ngisi pretAmat/shell eh taunya dicekokin/dicampur preminum.. emang sih mboil masih bisa jalan koq tapi mungkin powernya kurang maksimal & pasti injectornya cepet kotor 😆

harapan ane sih setelah BBMi naek, maka semoga korupsi dikurangin lahh.. soalnya BBM ga naek aja korupsi masih banyak apalagi udah dinaekin ? n semoga kualitas preMinum dibagusin dikit bukannya malah dikurangin alias dioplos 😆

juga semoga pemerintah lebih mengupayakan Bahan bakar alternatif yg lebih ramah lingkungan misal biogas, BioEthanol, ViGas, hybrid technology, kendaraan listrik, dll.  sehingga ketergantungan terhadap fosil yg tidak terbarukan semakin berkurang..
 
http://forum.otomotifnet.com/otoforum/showthread.php?8478-Test-Drive-Mobil-Listrik-Dan-Mobil-Hybrid-Karya-LIPI

masalahnya sekarang saja harga converter gas buat mobil masih dirasa cukup ‘mahal’ sehingga orang2 pada males utk menggunakannya.. belum lagi resiko meledaknya, powernya, availabilitas SPBU, dll 😥

segala cacimaki, pujian & saran masukan silahkan dimuntahkan disini, terima kasih atas kunjungannya :mrgreen:

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 1 so far )

komparasi yg adil

Posted on Maret 22, 2012. Filed under: Motor | Tag: |

berhubung kerjaan lagi ga terlalu sibuk alias rada nyantae, akhirnya ane berkesempatan lagi berdongeng ria 😆

awalnya ane rada terkejut sekaligus merasa ga adil dengan iklan bajay yg melakukan komparasi alias perbandingan di websitenya.. sehingga dari hasil analisa ane yg ngasal setulus2nya dari apa yg ada di perut otax ane, ane buatlah perbandingan yg baru..

mungkin ada yg ga suka silahkeun dibakar, dimuntahkan segala & semua cacian, komengntar, saran, inputan & pujian (jika berkenan) 😳

sekali lagi dongengan ini adalah 100% obyektip subyektip jadi relatif tergantung masing2 orang opininya.. dan ga ada maksud negatip apapun yg bertujuan utk menjelek2an suatu brand/merk tertentu 😆

P135LS ->SUPER IRIT BBM, POWER TERBESAR, BerGaya MotorSport, Harga MurMer(lebih murah drpd thunder),
Jupi MX ->Bebex HighTech (sayang masih belum Injeksi), MESIN ‘AWET’ (tergantung perawatan), Racing-LookLike
X125 HelmIn PGM-FI -> Bebex MultiFitur (fungsional, HiTech (khusus yg PGM-FI)  praktis & irit)

klo ane disuruh milih pastinya ane liat dari dompet ane, kebutuhan..

sekali lagi mohon mangap maap kalo ada yg merasa tersanjung tersinggung.. 😆
Terima kasih atas kunjungannya :mrgreen:

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 7 so far )

Engine Overhaul

Posted on Maret 11, 2012. Filed under: Motor | Tag: |

finally my motorbike was having engine replacement, after 48k KM. why ? coz it’s engine already spraying out white smog which indicates that there is some oil combustion.. but it’s just happened when the bike’s engine temperature is quite hot especially when running in high speed ( >40 km/h) or going in long distance 😳

i’m using poor gasoline (named premium here) 😳  why ? coz my engine’s age is quite not young anymore so it’s compression is already reduced..and this is my old engine pics 😯ImageImage

it seems that there’s some crusted sludge remains from combustion, maybe also because of oil leaked
which caused by :

1. inner cylinder (a.k.a boring/liner) scratch so the oil is entering the chamber and burned which make the combustion bad(dirty) and leave the crust
2. some valve seal wear. so the oil is also crusted in the valve and also being burned
3. the piston teflon’s layer is already worn-out so the piston is fiddling the liner
4. the inner cylinder expansion/swelling is too big so the piston is loosing it’s movement finally the compression is decreased
5. there’s some ‘stuffs/things’ that cause the scratch like : sludge, metal dust, etc. which can be caused by using ‘bad’ (usually cheap) lubricant, bad gasoline quality (having many ashes)
6. engine’s ‘high’ (extreme) temperature so the oil is being stressed, blackened n then vapoured (oil’s volume will decreased) -> the metal friction is higher happened. 😥

so the resolution are :
1. replace the piston kit with newer and good ring, liner, etc
2. using ‘good’ lubricants product, gasoline quality.
3. keep engine’s temperature in warm hotter thermal condition.

for indonesian version please click here

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( None so far )

My Plug Condition Again

Posted on Juli 24, 2011. Filed under: Motor | Tag:, |

finally after replace my bike’s plug with the original Type ( Denso U20 FS) and after self-service (cleaning Carburetor & carbon with VeryLube). I have used the Private Non subsidiary Gasoline Fuel let’s called it as SHELL Super with RON 92 with it’s price Rp. 8100 per Litre

then i checked my plug condition & color.. it seems that the color is more clear with less carbon deposit flek on it’s electrode

BONUS : My Friends New Bikes

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 5 so far )

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: